Model Rumah Idaman dengan Desain Mewah, Sederhana, dan Minimalis

RUMAH IDAMAN – Memiliki rumah idaman adalah sebuah impian semua orang yang hidup di dunia ini. Apalagi bagi orang yang baru menikah dan belum memiliki rumah sendiri. Tentu sebuah rumah idaman adalah impian utamanya. Ngomong-ngomong tentang rumah idaman, sebenarnya rumah idaman itu rumah yang seperti apa? Rumah yang mewah? Atau rumah sederhana? Atau rumah minimalis?

Pertanyaan seperti itu adalah jenis pertanyaan yang tidak memiliki jawaban salah. Kenapa? Perlu diketahui, selera setiap orang itu berbeda-beda. Tentunya dalam menjawab pertanyaan seperti di atas mereka akan menggunakan selera mereka masing-masing. Dan jika jawabannya berbeda-beda kita tidak mungkin bisa menyalahkan jawaban mereka.

Karena mereka tentunya memiliki rumah idaman sendiri-sendiri. Ada yang mengidam-idamkan memiliki rumah yang sederhana tapi nyaman, ada yang mengidamkan rumah mewah ada kolam renangnya, ada juga yang mengidam-idamkan rumah minimalis tapi rapi dan menarik, dan mengidamkan jenis rumah lainnya.

Namun, kecendrungan manusia terhadap trend atau model yang kekinian, bisa memperkecil perbedaan jawaban mereka. Dan di sisi lain, selera ingin berbeda dari yang lain pasti tetap ada. Jadi, kesimpulannya rumah idaman adalah rumah yang diinginkan oleh setiap masing-masing orang. Dan keinginan masing-masing orang biasanya akan mengikuti trend-trend terbaru yang lagi ramai diperbincangkan oleh mayarakat umum.

Sebelum kita melihat contoh-contoh gambar model rumah idaman, sepertinya perlu kami sampaikan terlebih dahulu tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah rumah idaman. Apa saja hal-hal tersebut?

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah Idaman

Model Rumah Idaman
Sumber Gambar

Apabila Anda sudah ada rencana untuk membangun sebuah rumah idaman, sebaiknya Anda pastikan hal-hal berikut ini sudah Anda ketahui dan Anda penuhi. Karena membangun sebuah rumah bukanlah suatu yang mudah dan harus benar-benar teliti dan juga hati-hati, supaya hasilnya tidak mengecewakan. Hal-hal tersebut adalah:

1. Anggaran (Dana)

Dalam membangun sebuah rumah, dana merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi berdirinya sebuah rumah. Tanpa dana/uang, rumah akan tetap menjadi sebuah impian belaka.

Besarnya dana (Budget) yang disiapkan akan mempengaruhi maksimal atau tidaknya sebuah rumah yang dibangun. Jadi, sebaiknya wujud/desain/model rumah yang diidamkan harus benar-benar disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Jangan sampai pembangunan rumah terhenti di tengah jalan karena kekurangan dana. Jadi, hal pertama yang harus diperhatikan adalah budget.

2. Lahan / Lokasi

Hal yang harus diperhatikan setelah budget adalah lahan. Carilah lahan atau lokasi yang tepat untuk membangun sebuah rumah idaman. Hal ini perlu diperhatikan, tanpa lahan rumah tidak akan bisa berdiri.

Lokasi lahan yang tepat juga akan mempengaruhi hasil pembangunan rumah yang diidamkan. Ingin rumah yang mewah tapi lahannya minimalis dan terletak di daerah yang rawan longsor, tentu tidak tepat bukan?

3. Desain Rumah

Ini adalah hal yang sangat penting sebelum membangun rumah. Jika Anda bukan seorang arsitektur, sebaiknya jangan pernah mencoba mendesain rumah sendiri tanpa bimbingan dari ahlinya.

Membangun sebuah rumah bukanlah hal yang bisa di daur ulang dan dirubah-rubah dengan mudah seperti merubah rumah mainan anak-anak. Dalam mendesain rumah sangat memerlukan perhitungan yang tepat dan akurat, baik dari segi ukuran maupun budget.

4. Pelaksana / Kontraktor / Pembuat Bangunan

Pemborong bangunan atau kontraktor merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan sebuah rumah. Tenaga kontraktor/pemborong bangunan yang sudah ahli dan berpengalaman tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan rumah yang dibangun.

Jadi, jika rumah yang akan dibangun merupakan rumah dengan desain rumit dan membutuhkan skill yang terpercaya untuk membangunnya, maka pakailah jasa pembangunan yang terpercaya.

5. Material/Bahan Bagunan

Untuk membangun sebuah rumah yang kokoh, tentu membutuhkan bahan bangunan yang berkualitas. Dalam hal ini, kita perlu mengetahui mana material yang berkualitas dan mana material yang biasa.

Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyak tentang material-material bangunan yang berkualitas. Jangan sampai desain rumah yang sudah bagus tapi materialnya tidak berkualitas. Rumah tidak akan bertahan lama tanpa material yang berkualitas.

6. Waktu Pembangunan

Sebelum membangun rumah, akan lebih baik jika tentukan waktu pembangunan rumah yang tepat. Membangun rumah ketika musim hujan tentu tidak bagus, selain akan mengulur-ulur waktu, dananya pun bisa membengkak.

Bangunlah rumah di waktu yang tepat, dan usahakan targetkan pula waktu pembangunannya. Supaya tidak dimanfaatkan oleh pekerja yang nakal, pekerja yang suka memperlambat pekerjaan. Jadi pengaturan dan penargetan waktu, merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan.

7. IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Jika lokasi pembangunan mengharuskan Anda izin mendirikan bangunan, maka sebagai warga negara yang taat peraturan sebaiknya urus terlebih dahulu izin mendirikan bangunan.

Dasar hukum pengurusan IMB adalah Undang-undang No. 34 tahun 2001. Dengan mengurus izin maka bangunan rumah sudah legal dan mendapatkan izin dari pemerintah. Sehingga jika sewaktu-waktu ada penggusuran atau hal sejenisnya rumah Anda sudah memiliki perlindungan dari pemerintah.

Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui dan penuhi sebelum membangun sebuah rumah. Baiklah, selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu contoh-contoh model rumah idaman dengan desain yang menawan.

Model Rumah Idaman dengan Desain Mewah

Model Rumah Minimalis
Sumber: ilmurumah.com

Rumah mewah adalah salah satu rumah yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Hampir semua model rumah mewah di desain dengan desain yang sangat bagus dan menawan. Desainnya membuat banyak orang tercengang ketika melihatnya.

Ada banyak sekali model rumah mewah yang sudah berdiri di tanah bumi ini. Namun, pada artikel ini akan menampilkan beberapa gambar rumah mewah yang memiliki desain berbeda dengan lainnya. Barangkali beberapa gambar rumah mewah berikut ini bisa menginsipirasi Anda yang sudah berencana untuk membangun sebuah rumah idaman.

Rumah Mewah 1

Model Rumah Idaman Mewah
Sumber: ilmurumah.com

Model rumah mewah pertama adalah rumah dengan desain tingkat. Sebenarnya rumah ini bisa dikategorikan sebagai rumah sederhana karena desainnya yang terkesan sederhana banget. Dan motif dari rumah tersebut juga didominasi oleh warna-warna kayu.

Namun jika kita perhatikan lebih detail lagi, ternyata model rumah di atas adalah model rumah mewah. Kelihatannya saja yang seperti rumah sederhana, terbukti dengan terdapatnya taman pada bagian bawah gambar dan terdapat sebuah garasi mobil lengkap dengan mobilnya pada lantai tengah yang terletak pada bagian tengah gambar.

Rumah Mewah 2

Rumah Idaman Mewah
Sumber: dezeen.com

Model rumah mewah kedua memang sudah terlihat jelas sebuah rumah yang sangat mewah. Buat Anda yang sudah memiliki rencana untuk membangun rumah yang mewah, mungkin gambar di atas bisa menjadi inpirasi desain rumah yang akan Anda bangun.

Membangun rumah mewah tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda ingin membangun rumah yang mewah pastikan budget Anda sudah meyakinkan. Selain budget, penghasilan tiap bulannya juga harus sudah meyakinkan. Memiliki rumah mewah itu butuh dana besar untuk perawatannya. Jadi pastikan Anda sudah memiliki penghasilan tetap yang meyakinkan.

Rumah Mewah 3

Desain Rumah Idaman
Sumber: peluangproperty.com

Ada satu hal yang bisa membuat rumah mewah semakin terlihat menarik dan menawan. Apa itu? Warna cat rumah yang terpadu. Anda bisa lihat warna cat pada rumah mewah di atas, warna ini bisa menggambarkan suasana pada sebuah rumah tersebut.

Warna abu-abu dan warna putih membuatnya terlihat sebagai rumah yang kokoh dan penuh ketenangan. Jadi karakteristik sebuah rumah bisa dilihat dari warna catnya. Mungkin kalau warna rumah di atas adalah hitam, maka akan terlihat beda lagi.

Rumah Mewah 4

Model Rumah Mewah
Sumber: ilmurumah.com

Ciri khas sebuah rumah yang mewah adalah terdapatnya taman kolam pada rumah tersebut. Entah kolam itu terletak di halaman depan, halaman belakang, ataupun di dalam rumah. Gambar di atas adalah salah satu contoh rumah dengan desain yang sangat mewah dan terdapat kolam renang di halaman rumahnya.

Desain rumah mewah di atas merupakan desain rumah mewah yang modern. Terlihat dari desain dan tata letaknya. Desain rumah seperti di atas tentu merupakan sebuah hasil karya dari arsitek yang sudah profesional.

Rumah Mewah 5

Model Rumah Mewah
Sumber: dezeen.com

Apa yang Anda pikirkan dari rumah pada gambar di atas? Sebuah rumah yang bagus? Atau sebuah rumah yang sangat bagus? Desain rumah mewah ini sangat bersahabat dengan alam sekitar.

Jika rumah biasa atapnya menggunakan genteng, rumah istimewa ini atapnya menggunakan rumput-rumputan hijau asli. Atap rumah mewah tersebut sepertinya di desain untuk berjemur dan menikmati waktu santai.

Model Rumah Idaman dengan Desain Sederhana

Rumah Sederhana
Sumber: ndikhome.com

Rumah idaman dengan desain sederhana merupakan salah satu pilihan buat Anda yang ingin membangun sebuah rumah idaman namun terkendala oleh budget yang ngepres. Meskipun sederhana, jika kita pintar dalam memilih desain yang bagus tentu bukan menjadi masalah.

Perlu diketahui, bahwa rumah idaman itu tidak harus mewah. Tergantung seleranya aja bagaimana, jika lebih menginginkan rumah yang sederhana, berarti rumah idamannya yaitu rumah sederhana.

Rumah Sederhana 1

Rumah Sederhana
Sumber: ndikhome.com

Rumah idamannya adalah rumah sederhana, kalau sederhananya seperti gambar rumah di atas bagaimana? Itu bukan sederhana biasa, tapi luar biasa.

Pada dasarnya rumah adalah sebuah tempat untuk berlindung. Dan perlindungan membutuhkan keamanan dan kenyamanan. Jika rumah mewah tapi tidak memberikan kenyamanan dan keamanan kepada Anda, maka itu bukan sebuah rumah idaman Anda.

Rumah Sederhana 2

Rumah Sederhana
Sumber: ilmurumah.com

Rumah idaman yang sederhana tapi menawan. Tidak semua orang mengidamkan rumah yang mewah. Buat Anda yang mengidamkan rumah sederhana, mungkin gambar rumah di atas bisa menjadi bahan referensi desain rumah Anda.

Desain rumah sederhana di atas memang nampak sangat sederhana. Tapi, warna khasnya membuat rumah sederhana tersebut terlihat sangat menawan.

Rumah Sederhana 3

Rumah Sederhana
Sumber: ilmurumah.com

Buat yang memiliki budget terbatas, jangan khawatir tidak bisa memiliki rumah yang idaman. Coba Anda lihat gambar rumah di atas ini. Sangat sederhana namun tidak terlihat membosankan.

Desainnya yang khas dengan rumah-rumah yang ada diperkampungan, sehingga ketika dihuni bisa membawakan susana damai dan tenang seperti suasana di kampung.

Rumah Sederhana 4

Model Rumah Sederhana
Sumber: ilmurumah.com

Masih banyak desain rumah-rumah sederhana yang menawan. Termasuk desain rumah sederhana seperti gambar di atas. Rumah sederhana memiliki desain yang biasa-biasanya saja, namun desain ini masih langka dan sangat jarang rumah dengan desain seperti pada gambar di atas.

Antara desain dan lokasi rumah perlu diperhatikan, seperti halnya rumah yang tertera pada gambar di atas. Meskipun sederhana, akan terlihat rumah yang berdiri kokoh dan menawan karena lokasi yang terpadu.

Rumah Sederhan 5

Model Rumah Sederhana
Sumber: ilmurumah.com

Gambar di atas adalah sebuah gambar rumah dalam tahap pembangunan yang belum 100% jadi. Meskipun begitu, rumah ini sangat berbeda dengan rumah sederhana lainnya.

Cocok buat Anda yang memiliki selera berbeda dari lainnya. Rumah sederhana di atas di desain dengan model rumah panggung. Namun bagian kaki-kakinya dibangun menggunakan beton, sehingga rumah akan lebih aman.

Model Rumah Idaman dengan Desain Minimalis

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Rumah minimalis adalah model rumah yang lagi trend. Model rumah minimalis sangat cocok buat Anda yang mengidamkan rumah hunian yang nyaman dan desain yang berbeda dari rumah lainnya.

Sebuah tempat istirahat yang tidak memerlukan perawatan mahal. Cocok buat tipe orang yang tidak suka ribet, dan tidak suka boros-borosan. Ada banyak desain rumah minimmalis yang sangat bagus dan menarik, namun di sini hanya akan menampilkan beberapa saja sebagai contoh. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar rumah minimalis yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat Anda.

Rumah Minimalis 1

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Rumah ini sangat cocok buat Anda yang baru menempuh hidup baru dengan sang kekasih. Perlu diketahui, bahwa yang sedang trend sekarang adalah rumah minimalis. Banyak sekali orang yang mengidam-idamkan rumah minimalis. Terutama orang-orang yang baru menikah, dan buru-buru ingin mempunyai rumah.

Jadi solusi buat mereka yang paling tepat adalah rumah minimalis. Selain budgetnya terjangkau, rumah minimalis sangat mendukung buat hidup bahagia bersama pasangan hidupnya.

Rumah Minimalis 2

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Apa sih kelebihan dari rumah minimalis, sehingga banyak yang mengidam-idamkan rumah tipe ini. Perlu Anda ketahui kenapa rumah minimalis sekarang sedang trend dan banyak yang mengidam-idamkan.

Seperti yang sudah dibahas di atas, budget yang terjangkau, keunikan desain-desainnya, tidak ribet, dan tidak memerlukan biaya banyak untuk perawatannya adalah beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh  jenis rumah lainnya.

Rumah Minimalis 3

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Desain rumah minimalis yang satu ini sangat nyaman dilihat. Dengan desain yang mini dan juga halaman rumah yang terbuat dengan alas lantai kayu. Serta tersedia satu garasi mobil yang cukup luas. Cocok sekali buat referensi Anda yang memiliki kendaraan mobil pribadi dan punya rencana membuat sebuah rumah mini.

Tidak usah berpikir keras untuk membuat desain rumah mini yang akan Anda bangun, jika desain-desain yang sudah ada sudah sangat rekomendasi.

Rumah Minimalis 4

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Model rumah minimalis berikutnya adalah rumah minimalis dengan desain ruangan yang sangat mempesona dan ditambah dengan warna lampu yang indah di dalam ruang rumah tersebut.

Desain jenis rumah ini sangat cocok untuk Anda yang suka bersantai di halaman rumah. Karena rumah minimalis ini di desain dengan halaman yang luas dan penuh dengan rumput hijau.

Rumah Minimalis 5

Model Rumah Minimalis
Sumber: desainrumahminimalis.com

Desain rumah minimalis yang ini sedikit ada kesamaan dengan desain rumah minimalis nomor empat. Menggunakan jenis warna lampu yang sama yaitu kuning redup, cocok untuk menerangi ruangan pada rumah minimalis.

Halaman rumah di atas juga menggunakan rumput sebagai alas utamanya. Sehingga terlihat hijau dan sejuk. Namun, tidak mudah untuk mencari lahan dengan lokasi seperti pada gambar di atas. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan di rumah, lokasi seperti itulah yang tepat.

Jenis rumah-rumah di atas hanyalah sebagai contoh buat Anda yang memiliki rencana membangun rumah namun belum ada bayangan mengenai desainnya. Dengan contoh-contoh jenis rumah idaman di atas, semoga Anda bisa mendapatkan inspirasi mengenai desain rumah yang akan Anda bangun.

Leave a Comment