Cara Kerja Bisnis Online Beserta Peluangnya, Teruntuk Pebisnis Pemula

KERJA BISNIS ONLINE – Mungkin Anda seringkali mendengar istilah Bisnis Online? Dan bisa jadi Anda ingin tahu, bagaimana sih cara kerja bisnis online? Nah, pada kali ini kami akan membahas itu semua secara lengkap mulai dari pengertian, cara kerja bisnis online beserta peluangnya.

Bagi Anda yang masih belum memahami tentang bisnis online, mungkin akan beranggapan bahwa terjun ke dunia bisnis di internet terlihat sulit untuk dilakukan. Bahkan ada pula yang beranggapan bahwa bisnis online itu memerlukan dana yang tidak sedikit untuk modalnya. Sehingga mereka yang beranggapan seperti itu menjadi pesimis dan merasa tidak mampu dalam melakukannya.

Pada dasarnya peluang-peluang bisnis online dapat dilakukan dengan cukup mudah, namun harus dengan niat yang kuat di dalam belajar. Dan banyak pula peluang bisnis online yang tidak memerlukan modal banyak. Hanya bermodalkan akses internet dan komputer Anda bisa memulai bisnis online.

Sebenarnya sebagian bisnis online memang membutuhkan modal yang besar dan pada umumnya dikelola oleh sebuah perusahaan. Namun untuk kali ini akan menguraikan tentang bisnis online dengan modal yang terbilang kecil.

Pengertian Bisnis Online

pengertian bisnis online
wikihow.com

Bisnis online itu dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan usaha yang di dalam pelaksanaannya itu dijalankan dengan memakai media internet yang bertujuan untuk menghasilkan suatu keuntungan. Sebenarnya konsep yang paling mendasar dari bisnis online sama dengan bisnis di dunia nyata.

Perlu Anda ketahui pula, di dalam dunia bisnis online pun banyak persaingan dan juga tantangan. Dan salah satu kuncinya yaitu terus berusaha serta tidak pantang menyerah dan tekun mempelajarinya maka Anda akan mendulang hasilnya pada suatu saat nanti.

Kapan Anda Bisa Memulai Bisnis Online?

cara memulai bisnis online
webhostmu.com

Menurut beberapa orang yang sudah terjun dalam bidang bisnis online itu tak harus dipikirkan dahulu secara mendalam, hal yang terpenting yaitu jalani dulu. Dan jika Anda memiliki niat yang kuat untuk terjun dalam dunia bisnis online. Maka sangat disarankan mulailah sekarang.

Kenapa? Dikarenakan bisnis online itu memerlukan proses, sama seperti bisnis lain pada umumnya, jadi tak ada yang sukses secara langsung dan bisa langsung cepat kaya.

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Online?

cara kerja bisnis online
bukausaha.com

Setelah Anda melihat uraian kami diatas. Selanjutnya yaitu memulai bisnis online, dengan melakukan cara-cara dibawah ini yang dapat Anda jadikan referensi dalam memulai sebuah bisnis online yang akan Anda seriusi kedepannya, adapun cara kerja bisnis online yaitu sebagai berikut:

Riset Produk

Pada dasarnya terdapat banyak sekali barang yang terdapat di dunia nyata dan keseluruhannya bisa dijadikan sebuah produk dalam berbisnis online, baik itu yang berupa jasa, produk digital dan barang fisik sekalipun. Keseluruhannya itu dapat dijadikan sebagai produk dalam berjualan via online.

Dan saatnya Anda mencari barang yang sekiranya cocok untuk dijadikan produk bisnis online Anda. Salah satu anjuran di dalam memilih produk yang ingin dipasarkan dalam media online itu janganlah terlalu idealis atau memilih produk yang sempurna. Kenapa? Hal  itu dapat menghambat Anda di dalam memulai bisnis online yang akan dijalani.

Membuat Website / Akun Media Sosial

Hal ini dapat dikatakan harus dimiliki jika Anda ingin menggeluti bisnis online, kenapa? dikarenakan blog/website dan media sosial akan dijadikan tempat untuk melakukan promosi produk Anda di internet.

Jika Anda memiliki niat untuk lebih serius dalam menekuni bisnis online. Disarankan untuk membuat web dengan domain resmi tentunya. Namun jika Anda ingin memulai bisnis online secara gratis atau tanpa bisa dibilang tanpa modal yaitu salah satunya dengan menjadi publisher iklan, dengan membuat blog berplatform blogspot itu juga sudah cukup.

Promosi Website / Akun Media Sosial

Point ini bisa dibilang sebagai ujung tombak di dalam kelancaran bisnis online Anda dikarenakan sukses atau tidak suatu produk itu tergantung dari segi pemasarannya. Terdapat banyak cara yang dapat dijadikan media promosi web Anda, yaitu diantaranya:

Kuasai Teknik SEO

Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif dikarenakan pengunjung web Anda merupakan orang-orang yang memerlukan informasi produk yang Anda tawarkan. Kami menganjurkan untuk belajar teknik SEO tersebut agar bisnis Anda bisa berjalan sukses.

Promosi Melalui Situs Jasa Periklanan

Google Adword merupakan salah satu dari situs periklanan online yang begitu populer. Media perikalanan yang dipunyai oleh Google ini bisa menjadi salah satu alternatif iklan yang bisa Anda perhitungkan.

Namun bila Anda ingin beriklan di Adword, tentunya Anda harus menyiapkan budget. Karena memakai jasa perikalanan Google Adword ini memerlukan dana supaya website Anda bisa dipromosikan.

Disamping menggunakan Adwrod, sebenarnya masih banyak lagi situs yang memfasilitasi jasa periklanan diantaranya Facebook Ads, Yahoo ads, MSN Adcenter dan masih banyak lagi lainnya.

Promosi Menggunakan Media Sosial

Media sosial yang satu sedang booming pada saat ini, khususnya Facebook dan Instagram. Apabila dengan cara yang benar, promosi melalui media sosial itu cukup ampuh. Bahkan ada beberapa pengusaha bisnis online bisa meraup omset miliyaran dari media sosial.

Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

peluang bisnis online
marketingjoss.com

Setelah Anda mengetahui sedikit tentang cara kerja bisnis online. Maka selanjutnya Anda tinggal mencari peluang dalam berbisnis online. Sebenarnya di negeri tercinta ini internet telah ada sejak tahun kurang lebih 9-an dan booming mulai pada tahun 2000-an. Dan pada saat ini? Internet telah menjadi kebutuhan primer ke empat sesudah sandang, papan dan pangan.

Apabila Anda cermati lebih mendalam, bukankah ini menjadi peluang untuk Anda semua dalam membuka usaha bisnis online?

Berikut ini beberapa peluang usaha bisnis online yang bisa menjadi referensi Anda dalam memulai berbisnis online.

Membuat Toko Online

membuat toko online
belajarbisnisinternet.com

Cara yang paling umum dalam memulai bisnis online yaitu membuat online shop atau toko online. Banyak orang yang sudah sukses dengan membuat online shopnya sendiri. Lalu, bagaimana cara membuat toko online?

Pada dasarnya dalam membuat toko online tidaklah sulit, Anda tak perlu membuat toko online dengan berbagai fitur misalnya lazada, blibli dan lain sebagainya yang merupakan toko online besar.

Anda hanya cukup membuat website yang menyiapkan informasi seputar produk Anda. Satu halaman pun sudah cukup bila produk yang Anda jualkan hanya satu saja. Tak perlu membuat fitur seperti halnya live chat, shopping cart dan lain sebagainya. Cukup satu buah artikel yang dilengkapi dengan foto produk serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Lalu bagaimana cara membuat website itu? Anda dapat membuat sendiri bila paham bahasa pemograman web ataupun Anda dapat memakai jasa layanan pembuatan web secara gratis yaitu joomla, wordpress dan lain sebagainya. Lalu tinggal diinstall di server hosting Anda.

Masih susah? Cara paling gampang yaitu membuat blog secara gratisan memakai blogger.com atau wordpress.com. Jika dilihat secara sepintas itu murahan? Namun Anda dapat costum dmain sesuai keinginan Anda contohnya menjadi ikitoko.com atau bisa menggunakan alamat-alamat lainnya.

Buatnya pun tidak terlalu sulit, bila sudah mahir kurang lebih satu jam pun  website sudah siap pakai. Lalu, pertanyaan selanjutnya, bagaimana Anda mencari produk untuk Anda jual di toko online Anda ? Caranya cukup simple yaitu dapat menjual produk sendiri atau produk teman. Anda tinggal ambil keuntungan yang sewajarnya saja.

Jualan Online di Marketplace

Jualan Online di Marketplace
craftindustryalliance.org

Jika hal yang pertama tadi itu membuat toko online sendiri, nah kali ini Anda bisa berjualan online di Marketplace. Apa itu marketplace?

Sesuai dengan namanya marketplace atau bila di Indonesiakan menjadi tempat pasar / jual beli. Jadi logikanya begini, bila di web toko online Anda sepert memiliki toko/warung sendiri di pinggir jalan, bisa dikatakan Anda tidak bergabung di mall atau pasar orang lain.

Jika marketplace itu diibaratkan mall/pasar, dalam satu marketplace terdapat banyak sekali penjual yang tak hanya satu saja. Jika web toko online itu hanya Anda sendiri saja yang menjual produk di web itu saja.

Salah satu keunggulan marketplace yaitu Anda tak perlu mencari pembeli/pengunjung. Dikarenakan marketplace pada umumnya telah ramai dengan pembeli bahkan bisa mencapai puluhan ribu sampai jutaan pengunjung setiap bulannya.

Jualan di Media Sosial

Jualan di Media Sosial
selasar.com

Cara ini tidak kalah populer, jika dibandingkan dengan 2 cara diatas. Pada saat ini tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu di sosial media, mulai dari twitter, instagram dan facebook.

Dari data yang berasal dari Techinasia Indonesia menyatakan bahwa kurang lebih 79juta orang indonesia sudah join di Facebook. Perlu diingat, bahwa itu merupakan data di facebook saja, belum termasuk instagram, twitter atau sosial media yang populer lainnya.

Jika disimpulkan bahwa jika melalui SEO itu produk yang Anda jual itu dicari orang, namun melalui sosial media itu produk yang Anda jual itu dibutuhkan orang. Jadi sosial media itu Anda menawarkan barang kepada penduduk sosial media.

Menjadi Dropshipper

jualan dropshipper
uangkanblog.blogspot.com

Anda tak mempunyai produk untuk dijualkan? Salah satu solusinya yaitu menjadi dropshipper atau dropshipping. Apa itu dropshipping?

Jika dijelaskan lebih detail seperti ini, misal Anda ingin menjual baju kaos, tetapi tak punya baju kaos untuk dijual. Dan ingin stock produk itu tak mempunyai modal. Maka dari itu Anda mencari supplier A yang menjual baju kaos serta menerima sistem dropship. Jadi, misal harga baju kaos itu 100 ribu serta harga jual dropshipper itu 70 ribu, maka Anda mendapatkan untung 70 ribu.

Bagaimana? Enak kan? Anda tak perlu repot-repot dalam stock barang, namun barang dari supplier A itu habis, Anda bisa mencari ke suppler B. Jadi tidak perlu pusing-pusing.

Dalam hal markup harga itu terserah Anda. Tapi disarankan jangan terlalu mahal. Lebih baik murah namun repeat ordernya cepat, daripada mahal tapi tidak klosing-klosing.

Seperti prinsip jualan orang china yaitu harga murah yang penting laku kera, nanti jika ditotal untuknya pun banyak.

Jualan Panduan / Tutorial Digital Oline

jual panduan online
systemsolutionsdevelopment.com

Jika dari beberapa peluang bisnis online diatas itu membahasnya barang nyata. Nah, sekarang pembahasannya beralih ke barang digital.

Salah satu produk digital yang terbilang laris yaitu jualan tutorial atau panduan. Anda pasti memiliki keahlian? Kenapa tidak membuat panduan tentang skill yang Anda punya? Tidak usah repot-repot cari yang mudah saja.

Contohnya, Anda mempunyai hobi memancing. Kenapa tak membuat video atau buku berisi tutorial cara memilih pancing, memilih umpang pancing hingga memasang hasil pancingan.

Masih bunga juga? Jika Anda seorang mahasiswa IT. Kenapa tak membuat video tutorial mengenai bahasa pemograman yang Anda sudah kuasai. Jika Anda jago dalam hal pemograman web, Anda bisa membuat turotial mengenai ajax, jquery, database mysql, PHP, css dan html.

Sebenarnya terdapat banyak sekali ide yang bisa Anda pergunakan sebagai materi panduan/tutorial. Salah satu caranya itu Anda harus lebih cermat dalam memerhatikan lingkungan sekitar,dimana ada orang mengeluh disana terdapat potensi. Riset lalu dalami dan setelah itu buatlah solusinya dalam bentuk tutorial/panduan.

Menjadi Affiliate Marketer

affiliate marketing
idaff.com

Mungkin sebagian dari Anda baru mendengar affiliate marketing? Affiliate marketing yaitu salah satu cabang dalam bisnis online, dimana tugas Anda hanya menjualkan barang yang dimiliki orang melalui link yang bernama link affiliate milik Anda.

Namun, dalam memulai bisnis affiliate itu tak mudah. Tentunya, memerlukan modal yang banyak agar bisa lebih optimal. Dikarenakan konsep affiliate itu adalah Cost Per Action. Ya sama hal dalam orang berdagang, jika tidak ada penjualan maka tidak dapat uang.

Menjadi Publisher / Blogger Expert

menjadi blogger professional
themeinwp.com

Salah satu bisnis online yang cukup populer yaitu menjadi seorang blogger yang profesional. Maksudnya?

Nah, blogger professional itu merupakan orang yang menjadikan blogger itu sebagai pekerjaan bukan hanya untuk hobi. Tahu Iwan Banaran? Mbak Ollie? Raditya Dika?

Mereka merupakan beberapa contoh orang yang sukses dalam berkarir melalui blognya. Raditya Dika sukses di dalam membuat blog yang berisi mengenai artikel jenaka dan Iwan Banaran itu sukses dengan membuat blog mengenai otomotif lengkap.

Terus, bagaima cara mereka bertiga untuk mendapatkan uang? Jika Raditya Dika itu menerbitkan buku, sementara Iwan Banaran itu dari sponsor-sponsor yang menaruh iklannya di blognya. Pada awalnya blog Iwan Banaran itu dibuat memakai domain yang gratis yaitu iwanbanaran.wordpress.com

Kenapa dia dapat sukses seperti itu? Dikarenakan PASSION, ya dia menulis secara totalitas dengan membuat artikel yang berkualitas dikarenakan memang sesuai dengan hobinya. Nah salah satu sarannya yaitu ingin menjadi blogger expert itu harus menentukan passian dahulu.

Membuat Kursus Online

kursus online
amazone.com

Bedanya jualan panduan online dengan kursus online? Jika jualan tutorial itu hanya menjual panduan saja. Sama dengan Anda membeli panduan di toko-toko buku dengan bentuk DVD, hanya itu saja, Anda hanya beli dan tonton videonya saja.

Namun, jika Anda kursus di dalamnya terdapat interaksi bukan? Nah Anda terapkan juga konsep seperti itu dalam kursus online. Maka, setiap minggu terdapat update materi dan terdapat interaksi antara instruktur dan juga yang mengambil kursus

Interaksi bisa melalui banyak cara contohnya chat facebook, email tau yang lainnya.

Jasa Content Writer

jasa penulis artikel
marketingdonut.co.uk

Jasa yang tidak kalah populernya yaitu menjadi seorang penulis artikel. Pada saat ini terdapat banyak portal-portal web yang bermunculan serta pastinya memerlukan penulis-penulis yang cukup handal.

Bila Anda hobi di dalam menulis tidak masalah membuka jasa penulis artikel. Lalu keuntungannya berapa?

Pada umumnya yang paling murah yaitu Rp. 2.000/100 kata, bila 500 kata maka Rp. 10.000/artikel, tarif itu yang paling murah yah untuk blog Indonesia. Apabila kamu sudah profesional maka bisa dinaikkan 2 kali lipat dari tarif diatas.

Apalagi jika Anda ahli dalam bahasa inggris maka tarifnya bisa 3 kali lipat dari artikel bahasa inggris.

Sekian pembahasan mengenai cara kerja bisnis online beserta peluangnya. Jika Anda ingin serius dalam menggeluti dunia bisnis online, Anda harus punya tekad yang kuat agar bisa sukses ke depannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment