16 Arah Mata Angin, Nama-nama dan Cara menggunakan Kompas

ARAH MATA ANGIN – Dalam mengambil jalan dan arah disaat kamu berada pada suatu kawasan yang asing serta tidak ditemukan petunjuk jalan sama sekali, contohnya di tengah hutan atau mungkin juga di tengah padang pasir, kamu akan bisa sangat terbantu apabila kamu memiliki kemampuan untu mengetahui empat arah mata angin yaitu barat, timur, utara dan selatan.

Sebelum kita membahas lebih jauh cara mengetahui arah mata angin, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu arah mata angin secara jelas.

Arah Mata Angin

Arah Mata Angin
assalamualaikum387.wordpress.com

Mata angin ialah panduan yang dipergunakan untuk menentukan arah. Kebanyakan di gunakan dalam kompas, navigasi, dan peta. Terdapat delapan arah pada mata angin yaitu utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat dan barat laut.

Barat, timur, utara dan selatan adalah empat mata angin yang utama. Kutub bumi digambarkan dengan utara dan selatan sedangkan penentu arah putar bumi adalah timur dan barat.

Nama Nama Arah Mata Angin

Arah Mata Angin
gambartop.com

Berikut ini adalah tabel daftar nama nama arah mata angin lengkap juga dengan singkatan dari bahasa inggris dan dilengkapi juga dengan besar derajat pada arah mata angin.

No Nama Inggris Singkatan Nama Indonesia Singkatan Besar Derajat
1 North N Utara U ° atau 360
2 North Northeast NNE Utara Timur Laut UTL 022.5
3 Northeast NE Timur Laut TL 45
4 East Northeast ENE Timur Timur Laut TTL 67.5
5 East E Timur T 90
6 East Southeast ESE Timur Menenggara TM 112.5
7 Southeast SE Tenggara TG 135
8 south Southeast SSE Selatan Menenggara SM 157.5
9 South S Selatan S 18
10 South Southwest SSW Selatan Barat Daya SBD 202.5
11 Southwest SW Barat Daya BD 225
12 West Soutwest WSW Barat Barat Daya BBD 247.5
13 West W Barat B 27
14 West Northwest WNW Barat Barat Laut BBL 292.5
15 Northwest NW Barat Laut BL 315
16 North Northwest NNW Utara Barat Laut UBL 337.5

Untuk kamu yang sudah sering berpetualang di alam liar yang mana tidak ada petunjuk arah bahkan tanda-tanda yang bisa menjadi petunjuk jalan sangat penting untuk mereka mengetahui akan ilmu membaca arah mata angin. Ilmu membaca arah mata angin ini sangat berguan untuk kamu para pecinta alam dan berpetualang contohnya penjelajah hutan. anggota pramuka, bahkan anggota militer entah itu angkatan laut maupun angkatan darat.

Kemampuhan ini bisa saja sebagai penyebab kamu terselamatkan dari renggutan maut ketika kamu terlepas di hutan belantara dan tidak tau jalan untuk keluar. Di wilayah tertentu kamu tidak bisa menggunakan GPS yang ada pada smartphone untuk menuntun perjalanan kamu.

Menggunakan Kompas Untuk Menentukan 16 Arah Mata Angin

Arah Mata Angin
detikgadget.com

Untuk kam yang hobi akan berpetualang, tidak cuma sekedar tau dan hafal akan 16 arah mata angin melainkan harus lebih dari itu. Dan juga perlu tau bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan jelas. Salah satu carnya adalah dengan menggunakan bantuan alat kompas. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui caranya.

Ilmu dasar arah mata angin ialah kamu harus bisa memakai kompas untuk bisa membaca arah mata angin. Mencari dan menetapkan arah mata angin kamu bisa menggunakan salah satu dari dua metode di bawah ini.

1. Cara pertama untuk menentukan arah mata angin menggunakan kompas adalah ketika kamu menggunakan kompas bidik, usahakan kompas pada saat di pegang harus dalam keadaan tenang dan juga dalam keadaan posisi mendatar.

Sasaran yang kamu bidik lewat visir, lewat celah yang ada pada kaca pembesar, lalu miringkan kaca pembesar sampai pada posisi kurang lebih sudut 50º dengan menggunakan kaca dial. Kamu harus perhatikan dengan benar garis dan angka yang menunjukkan derajat pada dial.

2. Cara yang kedua utnuk menetukan arah mata angin menggunakan kompas adalah letakkan kompas di permukaan yang datar. lalu kamu tunggu sampai jarum kompas dalam keadaan tidak bergerak dan tenang. Setelah jarum kompas dalam keadaan diam maka kompas akan menunjukan arah utara (sudut 0º atau 360º).

Kamu bisa mengetahui arah yang lainnya dengan memperhatikan dial kompas (permukaan tanpa angka dan huruf). Garis dan angka-angka yang terdapat pada dial tersebut merupakan besaran derajat yang bisa menentukan arah. Sehingga ketika kamu akan menentukan arah barat laut, kamu cukup mencari angka yang menunjukan 292,5º atau bisa juga garis yang mewakili angka yang dimaksud.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Arah Mata Angin
curiousofuniverse.wordpress.com

Untuk cara menentukan mata angin kamu tidak harus berpatokan dengan adanya kompas. Karena cukup memperhatikan alam sekitar dengan kemampuan khusus kamu bisa mengetahuinya dan kamu para petualang harus mengetahuinya.

Karena bisa jadi seketka kamu tidak memiliki alat bantu untuk mengetahui arah mata angin maka yang harus kamu gunakan yaitu dengan cara melihat alam sekitar. Langsung saja kita bahas sama-sama apa saja yang bisa kita gunakan utnuk membaca arah angin.

Menggunakan Navigasi Bantuan Lingkungan Alam

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menggunakan metode satu ini adalah mencari posisi matahari pada saat tengah hari. Karena matahari akan bisa menjadi petunjuk arah utara dan selatan di saat tengah hari. Dan apabila ke-2 arah tersebut sudah diketahui, maka arah timur dan barat sudah pasti dapat kita ketahui juga.

Meskipun seperti itu, mata angin yang ditunjukkan itu bukan berarti utara atau selatan yang sesungguhnya (arah yang sesungguhnya merujuk pada arah dengan berdasarkan sumbu bumi).  Saat tengah hari kamu berjalan ke arah matahari bisa menuntun kamu ke arah utara, sementara itu sebaliknya ketika kamu menjauh dari matahri maka akan menunjukan kamu ke arah selatan.

Menggunakan Bayangan Tongkat

Tentukan cara ini hanya bisa kamu gunakan apabila cuaca dalam keadaan mendukung, yaitu terdapat sinar matahari yang mampuh untuk membentuk sebuah bayangan.

Seperti yang sudah kamu ketahui diawal matahari terbit sampai terbenam maka akan membentuk gerakan bayangan dari arah terbitnya matahari yaitu timur sampai terbenamnya matahari yaitu barat. Fenomena alam seperti ini yang bisa menjadi sebuah pedoman kamu untuk menentukan mata angin.

Peralatan yang wajib kamu persiapkan adalah :

  1. Tongkat lurus dengan memiliki panjang 60 sampai 150 cm
  2. Tongkat lurus dengan memiliki panjang 30 cm
  3. 2 buah batu atau bisa juga menggunakan benda lain yang serupa dan bisa digunakan sebagai pemberat atau sebagai penahan dari hembusan angin.

Cara Membuatnya :

  1. Tancapkan tongkat panjang ke tanah dengan posisi lurus tegak, tegakkan juga salah satu batu di atas tanah yang fungsinya untuk penanda ujung pada bayangan yang terbentuk.
  2. Langkah selanjutnya adalah tunggu 15 sampai 20 menit. Bayangan yang sudah terbentuk pastinya akan berpindah arah, tandai juga ujung bayangan tongkat yang baru.
  3. Kamu bisa mengulanginya sampai beberapa kali setiap 15 menit sekali yang gunanya untuk memastikan pergerakan ujung dari bayangan tongkat dengan batu.
  4. Setelah itu titik-titik ujung bayangan yang sudah terbentuk kamu hubungkan dengan garis lurus di atas permukaan tanah. Bayangan akan berpindah arah dengan arah yang berlawanan dengan matahari, sehingga bentuk garis bayaingan menunjukkan ke arah timur – barat. Titik yang pertama berbentuk ialah menunjukkan arah barat dan yang kedua adalah menunjukkan arah timur.

Itulah penjelasan mengenai nama nama 16 arah mata angin yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Mudah-mudahan dengan kamu  membaca artikel ini kamu bisa bertambah pengetahuan mengenai arah mata angin dan juga bisa di pergunakana ketika kamu berpetualang di hutan belantara.

Leave a Comment