Gambaran Siksa Neraka, Jenis Azab, dan Tingkatan Neraka

GAMBARAN NERAKA – Dari Yazid Ar Raqqsyi meriwayatkan dari Sahabat Anas bin Malik Malaikat. Suatu hari Jibril datang kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, pada waktu yang tidak biasa dengan raut muka yang berbeda dari biasanya.

Gambaran Neraka

gambaran neraka
Disclose.tv

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun bertanya, wahai Jibril kenapa aku melihatmu dengan raut (wajah) kamu yang berbeda. Jibril menjawab, wahai Muhammad, Aku datang kepadamu pada saat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, memerintahkan supaya api neraka dinyalakan.

Tidak pantas jika seseorang mengetahui bahwa, neraka Jahannam, siksa kubur, dan siksa Allah itu sangat dahsyat untuk bersenang sebelum dirinya merasa aman dari ancaman itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun menjawab.

Wahai Jibri gambarkanlah bagaimana sifat neraka kepadaku. Jibril menjawab, baik wahai Rasulullah ketika Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan neraka.

Apinya dinyalakan 1000 tahun hingga berwarna merah membara, kemudian dilanjut 1000 tahun sehingga berwarna putih, kemudian dilanjut 1000 tahun hingga berwarna hitam pekat menyala dan baranya tidak pernah padam.

Dan demi Allah zat yang mengutusmu dengan segala kebenaran sebagai nabi, seumpama neraka itu hanya berlubang sebesar lubang jarum saja, niscaya penghuni dunia akan terbakar karena sangking panasnya.

Azab Neraka 

gambaran neraka
villains.wikia.com

Demi Allah zat yang memutuskan dirimu bersama kebenaran sebagai nabi, seumpama baju dari penghuni Neraka itu digantung di tengah bumi dan langit, niscaya penghuni dunia semuah akan mati karena panas dan bau busuknya.

Demi Allah zat yang memutuskan kau nabi sebagai kebenaran, seumpama satu hasta dari mata rantai sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an, diletakkan di puncak gunung, niscaya bumi dari atas bumi sampai ke dalamnya akan meleleh.

Demi zat yang mengutusmu sebagai kebenaran, seumpama ada sesorang berada di ujung dunia barat ini disiksa, niscaya seseorang yang berada di ujung timur itu akan terbakar, sebab panasnya.

Neraka mempunyai 7, dan masing-masing pintu itu dibagi untuk laki-laki dan perempuan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, bertanya apakah pintu-pintu itu seperti pintu kami. Jibril menjawab.

Tidak karena pintu itu selalu terbuka dan pintu yang satu berada di bawah pintu yang lain dan jarak pintu yang satu dengan yang lain mencapai jauh 70 tahun perjalanan, yang dibawahnya lebih panas 70 kali dari pintu neraka diatasnya.

Musuh-musuh, Allah Subhanahu Wa Ta’ala lalu diseret ke dalamnya hingga mereka tiba di dalam ketika itu. Malaikat Zabaniah sudah menyambut mereka, membelenggu dengan rantai tersebut, ketika itu juga rantai dimasukkan kedalam mulutnya dan akan keluar melalui duburnya.

sedang tangan kiri mereka akan dibelenggu dengan lehernya tangan kanannya dimasukkan ke dalam dada hingga tembus ke bahwa, setiap orang yang durhaka itu akan dirantai bersama setan dalam belenggu yang sama.

Mereka lantas akan diseret wajahnya terus dipukul oleh malaikat, hingga manusia itu berteriak ingin keluar dari neraka, lantaran tak kuasa dengan kesengsaraan yang mereka dapat, namun niscaya mereka tetap dikembalikan ke dalam-dalam neraka.

Wahai Jibril siapakah yang akan menempati pintu pertama tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Jibril menjawab, pintu pertama dinamakan Hawiyah, yang diperuntukan bagi kaum munafik dan kafir, jawab malaikat Jibril.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sangat sedih lalu siapakah yang akan melewati pintu kedua tanya Rasul kembali, pintu ke-2 dinamakan Jahim, pintu ini diperuntukan bagi kaum musyrikin jelas pernyataan Malaikat Jibril.

Bagaimana dengan pintu ketiga tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, pintu ke-3 dinamakan Saqar yang diperuntukan bagi kaum shabiin atau kaum penyembah api jawab Malaikat Jibril.

Selanjutnya pintu ke-empat untuk siapa, tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, pintu keempat dinamakan Lada, diperuntukan untuk iblis dan pengikutnya jawab Jibril.

Rasulullah Shalallahu Wassalam lalu terdiam sejenak, berharap tidak ada satupun pintu neraka yang diperuntukan bagi umatnya, kemudian pintu ke-5 dan ke-6 untuk siapa, tanya kata Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Pintu ke-5 dinamakan Huthamah diperuntukkan bagi kaum Yuhudi. Sedangkan pintu yang ke-6 dinamakan Sa’ir, pintu yang diperuntukan bagi kaum kafir, jelas Malaikat Jibril berkata.

Neraka Jahanam

gambaran neraka
Disclose.tv

Wahai Jibril sekarang ceritakanlah kepadaku tentang gambaran neraka pintu ke-7 itu (Jahannam). Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengucapkan pertanyaan seperti itu, lantas malaikat jibril sejenak terdiam seperti ragu hendak menceritakannya.

Akan tetapi karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, terus mendesaknya maka malaikat jibril tak menolaknya.

Ya, Rasulullah pintu ketujuh diperuntukkan bagi umatmu yang mempunyai dosa besar, dan ketika mereka meninggal dunia belum mengucapkan kata taubat.

Malaikat Jibril yang sedikit ketakutan, ketika menceritakan pintu yang terakhir ini, seketika itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Langsung pingsan seketika itu juga, Jibril meletakkan kepala Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diatas pangkuannya sehingga membuatnya sadar kembali.

Mendengar pernyataan mengagetkan tersebut, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masih tampak tidak dapat menahan air matanya yang mengalir deras, sungguh nabi dan rasul yang sangat peduli terhadap umatnya, bahkan setelah sepeninggalnya.

Semoga kita mendapat syafaat dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, wahai Jibril aku sangat sedih sekali mendengar penjelasanmu. Apakah benar ada umatku nanti yang akan masuk ke pintu ke-7 (Jahannam).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, dengan kesedihan yang mendalam, dan ternyata Malaikat Jibril mengganggu, yang berarti memang ada dari umat Nabi Muhammad yang masuk ke neraka melalui pintu ke-7.

Namun hanya umat Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam yang melakukan dosa besar, dan mati sebelum bertobat saja yang akan melewati pintu ke-7 itu.

Selama beberapa hari setelah kedatangan Malaikat Jibril itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak berbicara dengan orang lain beliau hanya mengurung diri di rumahnya, dan dia hanya keluar rumah kalau ke masjid hanya ketika tiba waktu salat.

Setelah dari masjid untuk sholat, para sahabat yang melihat nabi turut merasa sedih pula meneteskan air mata. Kemudian para sahabat berkunjung ke tempat tinggal Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, menanyakan perihal sedih yang beliau alami.

Ya Rasulullah, mengapa engkau terlihat sedih sekali, tanya salah satu sahabat, wahai para sahabatku sesungguhnya Jibril telah bercerita tentang gambaran wahyu kepadaku, lalu menyampaikan wahyu 7 pintu yang ada di neraka jawab Rasulullah.

Ya Rasulullah adakah salah satu pintu untuk kami, sahabat bertanya dengan menitikkan air mata, Rasulullah seketika menganggukan kepala.

Salah satu pintu itu diperuntukkan bagi umat ku yang telah berbuat dosa besar dan mati sebelum bertobat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jawab Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Setelah sejenak terdiam Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam melanjutkan penuturannya. Oleh karena itu janganlah sekali-kali terpengaruh oleh tipu daya iblis, karena iblis adalah musuh yang nyata dan akan menjerumuskan ke neraka.

Tutur, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam kepada para sahabatnya, sungguh beliau seorang seorang Rasull yang cinta dengan umatnya, sampai beliau menangis karena umatnya.

Siksa Neraka Lainnya

gambaran neraka
Crosswalk.com

Berikut ini 17 gambaran-gambaran lain mengenai azab neraka dari masing-masing dosa yang mereka perbuat.

1.  Siksa Neraka Paling Ringan

gambaran neraka
Heaven Net

Gambaran neraka yang paling ringan telah ditujukan kepada Abu Thalib paman nabi, hukumannya ia dikenakan sepasang sepatu neraka, yang di mana sepatu itu membuat otaknya mendidih, diriwayatkan ketika Abu Tholib meninggal dengan tidak beriman kepada Allah.

Namun dalam hidupnya Abu Tholib senantiasa membela, melindungi serta mendukung keponakannya yaitu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, dan hanya pada hari Senin sajalah azab neraka dirinya diringankan.

2. Siksa Neraka Durhaka Kepada Kedua Orang Tua

gambaran neraka
Disclose.tv

Gambaran neraka bagi mereka yang durhaka terhadap kedua orang tua, dalam hadis Bukhori Muslim, dosa tersebut adalah dosa yang paling besar, setelah dosa menyekutukan Allah. Mereka akan mengisi dua pintu yang di mana mereka tidak akan mencium bau surga.

3. Siksa Neraka Nyata Bagi yang Syirik

gambaran neraka
villains.wikia.com

Bagi mereka yang menyekutukan Allah atau sirik, gambaran neraka mereka akan mendapat siksa yang kekal di dalam neraka.

4. Siksa Neraka Bagi yang Membunuh

gambaran neraka
Crosswalk.com

Siapa yang melakukan perkara membunuh atau perbuatan keji ini, maka mereka akan mendapati balasan atau pertanggung jawaban yang termasuk golongan dosa besar.

Dalam Al’Quran yang berbunyi barang siapa yang membunuh seseorang manusia bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh seluruh manusia.

Terdapat 4 jenis azab neraka yang akan didapatkan oleh perbuatan membunuh keji ini:

  1. Allah akan mendapatkan siksaan yang begitu berat baginya
  2. Akan mendapatkan murka dari Allah subhanahu wa ta’ala
  3. Allah akan melaknat mengutuk orang yang membunuh orang-orang muslim yang tidak berdosa
  4. Mereka akan kekal menjadi ahli neraka di dalamnya

5. Siksa Neraka Bagi Riba

gambaran neraka
Disclose.tv

Bagi mereka yang melakukan dosa ini, maka mereka telah membawa kesengsaraan dalam dunia ataupun akhirat, mereka yang melakukan riba, gambaran neraka akan ditempatkan ditempat seburuk-buruknya neraka.

Selain mendapat azab neraka. Dalam hadis diriwayatkan bahwa nabi juga melaknat bagi mereka yang melakukan dosa riba.

6. Siksa Neraka Bagi yang Mengambil Harta Anak Yatim

gambaran neraka
Heaven Net

Dalam Al’Quran, surat Al-ma’un yang artinya, tahukah kamu orang yang mendustakan agama yaitu orang yang menghardik anak yatim.

Al’Quran, surat Al-ma’un yaitu, orang yang membentak dan membuat sedih serta menghardik anak yatim merekalah yang termasuk golongan pendusta agama Allah.

Hal ini ditegaskan dalam hadis yang berbunyi, sesungguhnya Aku sangat memberatkan dosa orang yang menyia-nyiakan haknya terdapat 2 golongan yaitu, golongan anak yatim, dan golongan wanita.

Hadits riwayat An Nasa’i, bagi siapa yang merampas hak anak yatim, maka sama saja ia telah menunggu api azab nerakai Syair.

7. Siksa Neraka Bagi yang Lalai dalam Sholatnya

gambaran neraka
villains.wikia.com

Orang yang meninggalkan tindakan ibadah wajib ini, berarti mereka juga telah mendapati kerugian, diceritakan Rasulullah pernah diperlihatkan kelompok kaum yang memukulkan kepalanya pada batu, dimana perbuatan tersebut telah membuat kepalanya pecah.

Kemudian diperlihatkan kepala itu utuh kembali dan tindakan tersebut terjadi dengan berulang-ulang.

Azab neraka Saqar adalah tempat bagi mereka yang meninggalkan sholat fardhu, ini juga menjadi ancaman nyata yang berujung dengan siksa neraka.

8. Siksa Neraka Bagi Peminum Khamr

gambaran neraka
Disclose.tv

Minuman keras adalah minuman yang tidak hanya membuat kita rugi di dunia, tapi juga rugi karena azab neraka yang akan kita dapat di akhirat, bagi mereka peminum khamr, sama saja mereka meminum minuman neraka.

Airnya yang diambil dari sungai ghuthah yaitu, sungai yang airnya dari air kemaluan para pelacur yang baunya busuk dan sangat menyengat.

9. Siksa Neraka Bagi yang Mati Bunuh Diri

gambaran neraka
Crosswalk.com

Orang yang mati bunuh diri, adalah mereka yang menyia-nyiakan anugerah untuk hidup yang diberikan oleh Allah. dan itu sama saja mereka mati menggunakan besi di tangannya, mereka akan mendapatkan azab neraka yaitu.

Mereka menikam perutnya sendiri, bagi mereka yang meminum racun sama saja mereka akan terus-menerus meminum racun neraka, bagi mereka yang loncat dari ketinggian sama saja dengan mereka dijatuhkan dalam api neraka jahanam dengan berulang-ulang.

10. Siksa Neraka Bagi yang Tidak Mau Menyusui Anaknya

gambaran neraka
villains.wikia.com

Seorang ibu memiliki tugas yaitu, menyusui putra atau putrinya, bagi mereka yang tidak melakukan tugas tersebut, maka gambaran neraka diperuntukan bagi wanita tersebut yaitu, puting susunya akan digigit ular dan kalajengking neraka. Hingga mendapatkan demam selama 40 musim.

11. Siksa Neraka Bagi yang Mengingkari Puasa Bulan Ramadhan

gambaran neraka
Heaven Net

Orang yang mengingkari puasa di bulan Ramadhan, bagi kita umat Islam sudah diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadan dan bagi mereka yang padahal mampu namun tidak mau menjalankan.

Menurut sabda Nabi yang diriwayatkan Ibnu khuzaimah dan Ibnu Hibban dijelaskan, bahwa mereka yang tidak berbuka pada waktunya.

Azab neraka mereka akan digantung dengan posisi terbalik yaitu kaki mereka di atas dan mulutnya akan di robek-robek sehingga darah akan mengalir melalui mulutnya.

12. Siksa Neraka Bagi Pezina

gambaran neraka
Disclose.tv

Zina adalah perbuatan dosa yang melanggar, yaitu bersetubuh antara laki-laki dan perempuan, perbuatan setan ini akan mendapatkan azab neraka berupa.

Mereka terlihat buruk dipandang dan memiliki tubuh besar yang baunya busuk menyengat. Serta hukuman lainnya yaitu ditusuk-tusuk badan mereka menggunakan benda runcing tajam yang panas.

13. Siksa Neraka Bagi Wanita yang Membuka Aurat

gambaran neraka
Crosswalk.com

Bagi wanita yang tidak menutup aurat, yang mengundang syahwat atau tidak memakai pakaian muslim yang menutup aurat, maka siksa yang sangat menyakitkan akan menghampiri mereka di neraka. Rambutnya akan digantung hingga otaknya mendidih karena panas api neraka.

14. Siksa Neraka Bagi Pendusta

gambaran neraka
Heaven Net

Azab neraka bagi para pendusta adalah merekah penceramah kalangan umat, yang mengucap sesuatu namun tidak mereka lakukan, dan bagi mereka membaca kitabullah namun tidak mereka amalkan, ucap Jibril dalam shahihul jami.

15. Siksa Neraka Bagi Wanita yang Pamer Perhiasan

gambaran neraka
villains.wikia.com

Azab neraka bagi wanita yang suka pamer perhiasan ini digambarkan, dengan wanita yang suka memotong tubuh mereka sendiri dengan gunting neraka, disebabkan jatuh cinta pada perhiasan dan suka menonjolkan dirinya di dunia.

16. Siksa Neraka Bagi yang Tidak Menunaikan Zakat

gambaran neraka
villains.wikia.com

Azab neraka bagi pemilik harta yang tidak menunaikan zakat kewajibannya, maka balasan yang diterima di neraka kelak, ia dihadapannya akan diperlihatkan dalam wujud ekor ular botak, yang ular tersebut mempunyai dua titik hitam diatas kepala matanya.

Dia mematuk pangkal dagu orang itu. Seraya berkata, akulah hartamu, akulah simpananmu.

17. Siksa Neraka Paling Berat

gambaran neraka
Heaven Net

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bin Hambal yaitu, Gambaran neraka yang paling sadis, azabnya diperuntukan bagi mereka orang-orang yang menggambar makhluk hidup bernyawa lainnya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, sesungguhnya orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat.

Ialah seseorang yang membunuh nabi atau dibunuh oleh Nabi, dan seseorang yang membuat berhala-berhala

Hadits riwayat, Imam Ahmad, yang artinya maka mereka akan mendapat azab yang pedih dan mengerikan. Selain itu Khalid bin Walid radhiallahu dari Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda.

Manusia paling dahsyat siksaannya ialah mereka yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia, hadits riwayat Imam Ahmad bin Hambal.

Demikian penjelasan mengenai gambaran neraka dan siksa pedih yang akan didapatkan bagi mereka yang melakukan dosa.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda dan membuat kita semakin dekat kepada sang pencipta yaitu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel Kompas.web.id lainnya.

Leave a Comment