Tempat Wisata Malang Batu Terbaru, Kuliner, Pantai Termurah Cocok Untuk Keluarga dan Mahasiswa

WISATA MALANG – Siapa sih yang nggak tau Malang? Tentu sebagian besar dari kalian sudah tau atau bahkan pernah berkunjung ke sana. Meski demikian, tau nggak sih kalau ternyata Kota Malang itu terbagi menjadi 2 wilayah administratif.

Yang pertama adalah Kota Malang dan kedua ialah Kabupaten Malang, ditambah dengan Kota Batu. Nah dari ketiganya itu  disebut sebagai Malang Raya.

Sekarang ini Malang menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur, hal ini dikarenakan kondisi alamnya yang strategis, berada di kawasan dataran tinggi sehingga memiliki hawa yang sejuk.

Sebagian besar Malang memang dikelilingi pegunungan dan di bagian selatan berbatasan langsung dengan pantai selatan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Malang sangat pantas untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Wisata Malang

kehendakbaru.wordpress
kehendakbaru.wordpress.com

Tak hanya tempat wisata yang begitu melimpah, Malang juga memiliki beberapa nama sebutan yang cukup varian, antara lain yaitu:

  • Kota Dingin
  • Kota Apel
  • Kota Pelajar
  • Kota Pendidikan
  • Kota Sejarah
  • Kota Bunga
  • Kota Militer
  • Kota Susu
  • Kota Olahraga
  • Paris of East Java

Daftar Wisata Malang Murah

  • Wisata petik apel
  • Air terjun coban rondo
  • Eco green park
  • Musium angkut malang
  • Masjid tiban malang
  • Air terjun sumber pitu
  • Pemandian air panas cangar batu malang
  • Sumber air krabayakan
  • Waduk selorejo
  • Waduk/bendungan sutami
  • Air terjun sewu / Grojokan sewu / Tumpak sewu

Wisata Malang Dekat Stasiun

wisata malang
kiduldam.blogspot.com

Taman  Trunojoyo

Dinamakan Trunojoyo karena memang taman ini terletak di jalan Trunojoyo Kota Malang. Namun berbeda dengan masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Taman depan Stasiun Kota Baru.

Taman Trunojoyo terbagi menjadi 2 bagian yaitu utara dan selatan, keduanya terpisahkan oleh sebuah jalan besar yang cukup padat, karena berada di depan pertingaan stasiun.

Secara kasap mata taman ini sangat cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak. Karena selain bangku taman yang hampir tersedia di berbagai tempat juga mainan anak yang banyak difasilitasi di sini.

Bahkan di taman bagian utara terdapat air mancur interaktif yang tentunya sangat menarik bagi anak-anak.

Museum Malang Tempo Doeloe

Seperti museum pada umumnya museum ini berisikan berbagai macam peninggalan sejarah zaman dulu. Nah untuk masuk ke museum ini kamu hanya cukup membayar sepuluh ribu saja 10.000.

Alun-alun Tugu

Alun-alun tugu atau alun-alun bundar memang terkenal dengan keindahannya, rumput, tanaman, dan kolam yang tertata rapi menjadi salah satu incaran warga yang ingin melepas lelah.

Alun-alun ini terlihat lebih mempesona ketika malam hari , di mana tugu tersebut akan dihiasi oleh gemerlapnya sinar lampu warna-warni, ditambah lagi dengan hiasan air mancur yang membuat suasana lebih adem.

Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang atau lebih akrab dengan sebutan alun-alun jami’. Nama ini diberikan karena memang letaknya yang berdekatan alias di depan masjid jami’ pas.

Lokasinya juga sangat strategis, dikelilingi oleh pusat perbelanjaan. Bagi kamu yang ingin berlama-lama di sini nggak usah khawatir karena terdapat banyak penginapan dan juga hotel.

Saat weekend tiba tempat ini akan sangat ramai dengan acara keluarga sampai anak muda yang asyik nongkrong. Alun-alun Kota Malang juga lengkap dengan fasilitas olahraga seperti skate board, track sepeda, play ground dsb.

Satu lagi yang perlu kamu ketahui, di sana juga terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai makanan berat ataupun hanya sekedar cemilan. Ini akan menjadi alternatif buat kamu yang selalu kerocongan.

Wisata Malang Kampung Warna-warni

Taukah kalian kalau kampung Jodipan Malang ini dulunya dikenal dengan kampung kumuh yang nggak disukai banyak wisatawan, akan tetapi saat ini nama tersebut telah sirna digantikan dengan kampung yang ramai dengan para wisatawan.

Umumnya para wisatawan berdatangan untuk mengabadikan gambarnya yang berada di tengah-tengah kampung ini. Adapun spot-spot yang paling menarik untuk dijadikan background foto yaitu:

  • Jembatan embong brantas
  • Dinding warna-warni
  • Lorong payung
  • Lukisan 3D
  • Tangga warna-warni

Bagi kamu yang ingin berlibur kesana cukup mengeluarkan budget 2.000/orang, parkir motor 2.000, mobil 5.000, dan bus 15.000 – 25.000. Adapun fasilitas yang akan kamu dapatkan di sana adalah tempat parkir, toilet, warung, dll.

Wisata Malang Pantai

wisata malang
nusantaratrip.com

Selain tempat wisata alam kota Malang juga mempunyai banyak wisata pantai yang keindahannya tak kalah dengan pantai di Bali, nah berikut ini adalah daftar nama-nama pantai yang indah di Malang.

Pantai Gua China

Alamatnya berada di Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang. Pantai ini juga dilengkapi dengan pasir putih, air jernih, dan bersih.

Di pinggiran pantai terdapat pepohonan seperti ketapang, cembirit yang berjajar rapi menutupi area pinggiran pantai. Untuk memasuki wisata ini kamu hanya cukup mengeluarkan Rp. 50.000 saja.

Pulau Sempu

Pulau sempu memang mempunyai destinasi yang sangat indah, bentuknya lebih mirip danau karena warna airnya yang hijau berbeda jauh dengan air laut yang warnanya biru.

Pasir di pantai ini berwarna putih halus tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Lombok ataupun Bali. Karena itulah pantai ini mendapatkan predikat pantai terindah di Malang.

Jika kamu ingin belibur ke tempat ini siapkanlah tenaga yang ekstra, karena untuk sampai di tempat kamu harus menempuh perjalanan dari dermaga dan lanjut dengan jalan kaki (cukup panjang). Namun itu semua akan terbayarkan ketika kamu sudah menikmati pesona Pulau Sempu.

Pantai Sendang Biru

Pantai ini terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini juga adalah salah satu pantai yang harus kamu lewati jika ingin berkunjung ke Pulau Sempu.

Karena kehadiran Pulau Sempu menjadikan pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar. Perlu kamu ketahui juga kalau pantai sedang biru merupakan tempat pelelangan ikan di Malang.

Nah, nama sedang biru sendiri diambil dari mata air yang berada di pantai tersebut, mata air tersebut juga lebih dikenal dengan sebutan sendang dan airnya yang berwarna biru.

Pantai BaleKambang

Pantai ini berlokasi di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Malang. Pantai Balekambang merupakan tipe pantai landai yang dipenuhi dengan karang laut yang panjangnya mencapai 2 KM dan lebar 200 M ke arah laut.

Dalam kondisi surut akan terlihat berbagai macam ikan hias dan biota laut yang berkerumunan di atas karang. Karena mirip tanah lot Bali, pantai balekambang juga disebut sebagai tanah lot-nya Jawa.

Pantai Kondang Merak

Sejarah mengapa dinamakan kondang merak karena seringnya penduduk setempat melihat burung merak yang singgah untuk minum air tawar yang berada di sekitar pantai tersebut.

Pantai kondang merak adalah salah datu pantai yang masih alami, hal ini ditandai dengan hamparan pasir putih luas, bersih, dengan ombak yang tidak terlalu tinggi.

Tak hanya itu, di beberapa tempat juga dihiasi pepohonan rindang, batu karang besar, koral, dan ganggang laut. Keindahan tersebut dapat kita nikmati dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 3000 saja.

Pantai Ngliyep

Kalau kamu pingin maen ke pantai yang sepi dan masih jarang terjamah oleh manusia coba sekali-kali maen ke pantai ngliyep. Pantainya bersih dan super sunyi, di sana kamu juga akan merasakan sedang berada di pantai pribadi.

Di sana kamu akan menjumpai banyak batu karang, hamparan pasir putih luas, tebing curam dan kawasan hutan lindung sehingga akan membentuk lanskap alam yang menakjubkan.

Di pantai ini juga terdapat ritual tahunan dengan tajuk upacara labuhan yang biasa digelar pada bulan Maulud (tanggal Jawa).

Pantai Gatra

Pantai gatra termasuk salah satu pantai alami alias jarang terjamah atau jarang dikunjungi, karena sangat jarang orang mengetahuinya. Pantai ini tidak sendirian, karena sebelum sampai tempat kamu akan bertemu terlebih dahulu dengan pantai cilungup.

Dan sebelum menuju pantai gatra, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai pengunjung di pos yang berada di tengah-tengah hutan mangrove. Di sana kamu akan didata dan dikenakan sumbangan sebesar Rp. 6.000.

Pantai Ngantep

Pantai ngantep terkenal dengan sensasi ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Pantai ini juga termasuk salah satu pantai yang masih jarang terjamah alias masih alami.

Meski jarang pengunjung pantai ini sudah mempunyai beberapa fasilitas pendukung seperti lokasi parkir, kantor wisata, tempat ibadah, warung makan, dan penginapan dengan harga permalamnya sekitar Rp. 100.000.

Di sana juga ada perkampungan nelayan yang biasanya menyediakan ikan segar sebagai oleh-oleh para wisatawan. Pada hari Sabtu dan Minggu pantai ini sering dikunjungi turis asing dari berbagai negara.

Pantai Lenggoksono

Masih sama, pantai lenggoksono bisa juga dijadikan sebagai olahraga selanjar, gulungan ombak yang begitu mendukung membuatnya ramai dikunjungi para wisatawan.

Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang. Selain sebagai lokasi untuk berselancar, pantai ini juga menawarkan pasir yang bersih yang sebagiannya tertutup kerikil memanjakan mata.

Jika beruntung, kamu akan bertepatan dengan panen udang yang berada di dekat pantai, dengan begitu kamu bisa memborong udang dengan harga yang relatif murah.

Bolu-bolu

Bolu-bolu adalah pulau tak berpenghuni, melainkan hanya beberapa warga sekitar yang sesekali kesana guna melangsungkan pekerjaannya. Teluk bolu-bolu mempunyai pantai dengan hamparan pasir halus dan air laut biru.

Dibarengi pepohonan dan suasana yang hening membuat pulau ini terasa milik pribadi. Pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai spot foto, terlebih lagi foto prewedding.

Di sana para pengunjung juga bisa berselam / snorkeling sambil menikmati keindahan alam bawah laut. Terdapat terumbu karang, bermacam-macam ikan hias dan biota laut lainnya.

Buat kamu yang ingin berkunjung, siapkan budget Rp. 360.000. Dengan harga segitu kamu akan mendapatkan fasilitas penyewaan perahu, paket snorkeling, dan surving menggunakan papan selancar.

Wisata Kuliner Malang

wisata malang
ngalam.co

Nggak cuma Baso Malang, ternyata Malang juga mempunyai banyak sekali jajan tradisional yang rasanya kurang afdhol kalo nggak nyobain. Lalu apa saja makanan tersbut? Berikut akan kami sajikan kuliner legendaris yang wajib kamu kunjungi di saat ke Malang.

Putu Lanang Celaket

Salah satu tempat legendaris di Malang yang berdiri sejak tahun 1935 dan larisnya bisa bertahan sampai sekarang, selain menu andalan, Putu Lanang Cakelat juga menyediakan manu lain seperti  gethuk, lupic, dan cenil.

Kalau kamu pingin nyobain, nih alamatnya Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gg Buntu Rt 03 Malang.

Warung Ronde Titoni

Walaupun usia tua tapi pengunjung muda-muda, ya inilah yang terlihat jika kamu datang ke warung ronde tinoti. Warung ini sudah terkenal sejak tahun 1948.

Tak hanya wedang ronde, warung ini juga menyediakan berbagai macam kuliner penghangat tubuh seperti angsle, kacang kuah, roti goreng, dan cakwe.

Sate Landak dan Biawak Bu Ria

Pingin tau rasa daging landak dan biawak? Langsung aja dateng ke sini Jl. Raya Bugis No. 47 Saptorenggo, Pakis Malang. Nggak perlu khawatir tutup, karena rumah makan ini buka jam 09.00 sampai jam 21.00.

Pecel Kawi

Kalau di Jawa Barat nasi uduk, berbeda lagi di Jawa Timur yaitu pecel, iya itulah menu sarapan yang sering disajikan pagi hari. Pecel Kawi merupakan pecel yang berbeda dengan pecel-pecel lainnya.

Pecel Kawi sudah berdiri sejak tahun 1979 sampai sekarang masih tetap jaya. Kepopuleran pecel kawi di Malang bukan tanpa sebab. Kuliner ini terkenal sekali dengan bumbu kacangnya yang gurih dan lebih kental.

Pokoknya rasanya joss banget dah, kalau kamu pingin beli nih alamatnya Jalan Kawai Atas No. 43B Malang.

Bakso Presiden

Sudah menjadi rahasia umum kalau Malang terkenal sekali dengan Bakso-nya, di Malang sendiri terdapat satu tempat makan bakso yang rasanya top maskotop banget yaitu Bakso President.

Warung Bakso ini sudah terkenal sejak tahun 1977, dan sampai saat ini masih terlihat ramai terus pengunjungnya. Bakso ini layaknya bakso-bakso pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah.

Variasi pilihan dan campuran antara lain, bakso tulang muda, telur, urat,  goreng panjang, goreng udang, siomay basah, jeroan paru, dan lain-lain. Ini alamatnya Jl. Baranghari No. 5 Malang.

Cafe Jagung Jaya Abadi

Di cafe ini tersedia menu jagung dengan varian rasa antara lain, rasa cokelat, keju, asin, pedas, barbeque, dan semua rasa tersedia di sini. Tak hanya menyediakan jagung, cafe Jaya Abadi juga menyediakan kuliner lain seperti.

Roti bakar, pisang goreng, dan juga minuman kopi, susu, teh, lengkap STMJ. lokasinya ada di Jl. Pulosari, Blimbing. Warung ini buka setiap hari mulai jam 17.00.

Wisata Batu Malang

wisata malang
wisatamalang.com

Perlu kamu ketahui bahwa, sebenarnya pada zaman dahulu wilayah administrasi Kota Batu masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Malang.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman dan struktur pemerintahan Indonesia terbentuklah wilayah administrasi Kota Batu sendiri.

Seiring perkembangan zaman, wilayah ini juga semakin rame dan banyak tempat wisata yang dibangun antara lain.

Wisata Malang Jatim Park

Salah satu wisata Batu yang terasa kurang lengkap kalau nggak mampir. Jatim Park adalah tempat rekreasi dan taman belajar yang lokasinya ada di Kota Batu, Jawa Timur.

Jatim Park sendiri terbagi atas du bagian yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Yang membedakan dari keduanya yaitu:

Jatim Park 1 lebih ditujukan untuk taman bermain dan hiburan, di dalamnya terdapat 36 wahana menkjubkan dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 100.000 weekend.

Buka Senin – Minggu, jam 08.30 – 16.30. Lokasinya berada di Jl. Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315.

Jatim Park 2 lebih ditujukan untuk belajar, terdapat 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. Harga tiket ketika weekend Rp.120.000.

Buka Senin – Jum’at, Jam 10.00 – 1800. Lokasinya ada di Jl. Raya Oro-oro Ombo No.9, Temas, Batu, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315.

Taman Selecta

Taman ini sangat cocok untuk liburan bareng keluarga, pemandangan indah dan pepohonan hijau lengkap dengan suasana sejuk tentu menjadikan kamu terasa berada di tempat yang sehat tanpa volusi.

Oh iya, bagi orang tua yang membawa si kecil jangan khawatir, karena di sana juga terdapat waterpark, tentu ini sangat recomended. Harga tiket masuknya sekitar Rp.25.000/orang dan apabila masuk secara rombongan menjadi Rp.20.000 setiap orangnya.

Lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Batu, sekitar 4 KM tepatnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Taman Sengkaling

Dengan luas area sekitar 9 hektar wisata taman sengkaling menghadirkan taman-taman indah yang lengkap dengan wahana air. Secara letak taman ini sangatlah strategis, yaitu berada tepat di sisi kanan jalan utama Malang – Batu.

Jika kamu demen foto-foto maka di sana nggak perlu khawatir karena terdapat banyak spot foto yang cocok dijadikan sebagai background cantik. Lokasiny berada di Jl. Raya Sengjaling, Desan Mulyoagung, Kecamatan Dau, Malang. Wisata ini buka mulai jam 06.00 dan tutup 17.00 dengan harga tiket Rp.15.000 setiap orangnya.

The Bagong Adventure Museum Tubuh

Ini adalah museum tubuh pertama yang dibangun di Indonesia dan terbesar se Asia. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 1 hektar, wahana utama dari museum ini adalah berbagai macam organ tubuh yang dilengkapi dengan multimedia modern.

Di sana kamu juga bisa chek up gratis di tangani oleh dokter berpengalaman. Alamatnya berada di Jl. Kartika No. 1, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk memasuki museum ini kamu cukup mengeluarkan Rp.70.000, dan pada hari biasa kamu akan mendapatkan diskon sebesar 30% dari harga tiket liburan.

Wisata Malang Coban Nirwana

Ada banyak sekali wisata coban di Malang, salah satunya Coban Nirwana. Wisata ini juga menjadi pilihan bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Yang membedakan coban ini dari coban-coban lain yaitu guyuran air terjunnya terbelah menjadi dua dan bertingkat.

Buat kamu yang nggak sabar pingin kesana silahkan datangi alamat ini: Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Nah itulah beberapa pilihan wisata malang yang dapat kamu kunjungi bersama teman-teman sekolah atau keluarga di rumah.

Leave a Comment