Cara Memilih Freelancer yang Tepat untuk Perusahaan Startup Anda

Anda membutuhkan talenta terbaik untuk startup Anda, dan itu mungkin datang dalam bentuk freelancer.

Berinvestasi dalam sumber daya manusia dapat memungkinkan bisnis baru untuk berkembang dengan cepat dan memenuhi permintaan pelanggan dan investor.

Namun, mempekerjakan karyawan itu mahal dan dapat melibatkan kurva belajar yang curam. Ini terutama terjadi ketika datang untuk menemukan dan melatih kandidat yang cocok serta memahami sejumlah besar kewajiban hukum karyawan dan pertimbangan pajak.

Itu sebabnya banyak startup lebih suka mengandalkan freelancer untuk mendorong bisnis mereka ke depan.

Para profesional lepas yang terampil dapat memberikan semua bakat, pengalaman, dan keahlian yang dapat dilakukan seorang karyawan tetapi dengan biaya keseluruhan yang jauh lebih rendah.

Juga jauh lebih mudah untuk berpisah dengan freelancer yang kinerjanya buruk dibandingkan dengan karyawan yang bermasalah.

Freelancer lepas dalam semua kedok, mulai dari desainer web freelance, copywriter, dan pemasar hingga asisten virtual , pemegang buku, dan profesional teknologi freelance .

Keterampilan apa pun yang Anda butuhkan, akan ada freelancer yang dapat menyediakan layanan tersebut.

Memilih Freelancer yang Tepat Untuk Startup Anda

Tetapi bagaimana cara Anda memilih freelancer yang tepat atau mitra delegasi untuk perusahaan startup Anda? Apa sajakah atribut yang perlu Anda cari saat mencari mitra lepas yang berkualitas?

Berikut adalah delapan poin utama yang harus dicari.

Merek Profesional

Para freelancer terbaik akan memiliki situs web profesional yang memamerkan pekerjaan dan pengalaman mereka.

Jika mereka serius tentang karier dan reputasi mereka, situs web mereka akan dirancang dan ditulis secara profesional dengan jelas.

Ini adalah pertimbangan yang sangat penting ketika menyewa desain web dan menulis pro. Jika mereka tidak dapat membuat pengaturan profesional untuk diri mereka sendiri, bagaimana mereka akan melakukan hal yang sama untuk Anda?

Anda akan secara naluriah tahu ketika Anda menemukan seorang freelancer yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan uang untuk mengembangkan merek dan karier mereka.

 

Hasil Positif

Apakah mereka berjalan sambil berbicara?

Seperti disebutkan di atas, pengaturan profesional sangat penting. Tetapi jika mereka semua berbicara dengan sedikit untuk menunjukkan dalam bentuk hasil positif untuk klien sebelumnya, maka mereka mungkin tidak cocok.

Saat memeriksa mitra lepas potensial, cari portofolio atau sampel pekerjaan sebelumnya. Lebih baik lagi, cari studi kasus.

Studi kasus proyek harus merinci tahapan proyek klien mereka di masa lalu dan bagaimana freelancer menghasilkan hasil positif.

Anda akan dapat memperoleh gagasan tentang bagaimana mereka bekerja dan apa yang dapat mereka lakukan untuk Anda juga.

Pengalaman Industri Sebelumnya

Sampel besar dari pekerjaan mereka sangat penting. Yang lebih penting adalah beberapa pengalaman dalam industri khusus Anda. Ketika Anda bekerja dengan freelancer yang setidaknya agak akrab dengan sektor dan target audiens Anda, akan ada lebih sedikit kurva belajar dan siklus proyek yang lebih cepat.

Banyak freelancer adalah generalis , yang bekerja untuk beragam bisnis. Ini bisa baik-baik saja jika Anda bersedia meningkatkannya di industri Anda.

Namun, jika Anda ingin mencapai hasil optimal dan cepat, biasanya yang terbaik adalah mencari spesialis, baik dengan keahlian atau fokus industri, atau keduanya.

Ulasan Bagus

Studi kasus bisa mengatakan banyak tetapi akun tangan pertama oleh pelanggan sebelumnya adalah yang paling mengungkapkan.

Anda biasanya dapat menemukan halaman testimonial atau ulasan di situs web freelancer, dengan sedikit kutipan dari klien bahagia sebelumnya. Pastikan nama lengkap peninjau diberikan serta posisi atau perusahaan mereka.

Anda juga dapat memeriksa situs ulasan dan melalui pencarian Google. Periksa peringkat apa pun yang mungkin mereka miliki serta komentar positif dan negatif yang terkait dengan profesionalisme dan pekerjaan mereka.

Satu ulasan buruk mungkin tidak berarti banyak – selalu ada seseorang yang tidak senang bahkan dengan penyedia layanan terbaik – tetapi jika ada jejak negatif, maka itu mungkin yang terbaik untuk dihindari.

Pertandingan Kepribadian

Dapatkan freelancer di telepon atau bertemu tatap muka. Cara terbaik untuk menilai karakter seseorang adalah dengan mengobrol.

Kecocokan kepribadian penting ketika datang untuk mempekerjakan freelancer untuk perusahaan startup Anda. Meskipun Anda tidak perlu menjadi teman, perlu ada kecocokan dalam hal komunikasi, profesionalisme, dan pandangan.

Seorang freelancer super berbakat yang juga menjadi penggerutu yang tidak sopan, tidak mungkin menjadi pasangan yang cocok untuk tim startup Anda yang ramah dan keluar. Emosi dan kesabaran akan segera berkurang.

Pilih pekerja lepas yang benar-benar Anda sukai sebagai pribadi atau yang setidaknya tampak sopan dan ramah. Seseorang dengan kecerdasan emosi tingkat tinggi akan senang bekerja dengannya.

Pengetahuan Tentang Perangkat Lunak yang Sesuai

Alat kolaborasi apa yang digunakan freelancer? Apakah mereka mengerti cara menggunakan aplikasi dan platform favorit Anda ?

Cari informasi di situs web mereka mengenai perangkat lunak dan alat yang mereka gunakan. Jadikan hal itu sebagai pokok diskusi selama wawancara awal.

Periksa mereka dapat dengan cepat mempercepat proses dan teknologi tim Anda, terutama dalam hal berbagi informasi, manajemen tugas , data pelacakan waktu, pembuatan faktur , dan kolaborasi umum.

Anda mungkin kesulitan bekerja dengan freelancer yang merugikan teknologi, terutama ketika integrasi dan sinkronisasi data adalah elemen vital dari alur kerja saat ini.

Biaya

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah harga. Pekerja lepas dapat menetapkan biaya sendiri , dan mereka sangat bervariasi, tergantung pada pengalaman, keahlian, hasil, spesialisasi, fokus industri, dan kepercayaan diri.

Anda harus mempertimbangkan jenis anggaran apa yang tersedia untuk berbagai tugas dan proyek, dan memilihnya.

Meskipun tergoda untuk mencari freelancer termurah, ada banyak manfaat dalam menggunakan freelancer kelas menengah lainnya.

Sangat penting bagi startup Anda untuk mencapai hasil yang luar biasa, yang berarti berinvestasi dalam freelancer terbaik yang dapat Anda temukan.

Mereka biasanya tidak murah.

Potensi Umur Panjang Dari Kemitraan

Ini adalah proses yang cukup untuk menemukan freelancer yang baik. Anda dapat berbicara dengan banyak orang tetapi hanya sedikit yang sesuai dengan kualitas dan standar yang Anda cari.

Dengan pemikiran ini, selalu bermanfaat untuk tetap bekerja dengan freelancer dalam jangka panjang. Umur panjang ini tidak hanya mengurangi kebutuhan Anda untuk mencari lebih banyak, tetapi juga memungkinkan freelancer untuk benar-benar mengenal perusahaan, produk, dan audiens Anda.

Saat berbicara dengan freelancer, pertimbangkan apakah mereka berpotensi menjadi mitra lepas jangka panjang.

Tanyakan kepada mereka berapa lama mereka telah bekerja dengan beberapa klien mereka saat ini dan apa proyek terpanjang yang telah mereka kerjakan.

Ini akan memberi Anda wawasan yang bagus.

Investasi Lepas yang Tepat

Memilih freelancer yang tepat untuk startup Anda bisa membuat frustasi. Tetapi jika Anda mengingat tip-tip di atas, Anda akan merasa lebih mudah menemukan bakat yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Ada banyak freelancer hebat di luar sana dengan kemampuan luar biasa. Mereka benar-benar dapat membantu Anda dan tim Anda untuk membuat bisnis startup Anda berkembang.

Seperti yang telah disebutkan, talenta hebat tidak murah, dan memang seharusnya tidak begitu, tetapi investasi biasanya akan jauh lebih terjangkau daripada mempekerjakan karyawan tetap.

Leave a Comment