25+ Gambar Hewan Aneh dan Unik di Seluruh Dunia

GAMBAR HEWAN – Di bumi banyak sekali makhluk hidup yang tinggal. Selain manusia dan tumbuhan, terdapat makhluk yang bernama hewan.

Para manusia pun pada umumnya meyakini bahwasanya keberadaan hewan telah ada sebelum manusia menempati bumi.

Terdapat pula hewan yang semakin lama populasinya semakin sedikit bahkan sampai menghilang (punah). Namun seiring dengan hilangnya beberapa spesies hewan, muncul hewan-hewan yang terbilang aneh serta belum pernah ada sebelumnya.

Berikut ini daftar gambar hewan unik dan langka yang ada di berbagai negara di dunia.

1. Gambar Hewan Serigala Putih

Gambar Hewan Langka Serigala Putih
cdn.klimg.com

Serigala artik atau populer dengan nama serigala putih memiliki nama latin Canis Lupus Arctos merupakan salah satu hewan hampir punah di dunia yang berada di Pantai Utara Greenland serta Pulau-pulau Arktik Kanada.

Habitat aslinya terdapat di suhu yang terbilang ekstrim sehingga tidak sering dijumpai. Serigala ini mempunyai bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya.

2. Gambar Komodo, Hewan yang Dilindungi

Gambar Hewan Langka Komodo
wikipedia.org

Varanus Komodoensis merupakan nama latin dari komodo. Hewan ini termasuk dalam kadal terbesar di dunia yang terdapat di Pulau Komodo, Gili Motang da Dasami, Nusa Tenggara, Flores dan Rinca. Dikarenakan reputasinya yang semakin lama semakin menurun diakibatkan aktivitas manusia sehingga menjadikan komodo tergolong hewan yang dijaga keberadaannya di dunia.

3. Gambar Gorila Gunung, Hewan di Daratan Afrika

Gambar Hewan Gorilla Gunung
pixabay.com

Gorilla Beringei-beringei merupakan nama latin dari gorilla pegunungan. Jenis gorilla berada di dua wilayah pegunungan Virunga di Negara Afrika Tengah serta ditiga taman nasional. Di sebuah penelitian pada bulan November tahun 2012 memberikan laporan bahwasanya hanya ada 880 gorilla pegunungan.

4. Gambar Hewan Burung Toucan

Gambar Hewan Langka Burung Toucan
Pixabay.com

Di Indonesia sendiri burung ini biasa disebut dengan burung tukan. Burung toucan merupakan burung yang mempunyai paruh besar serta tinggal di wilayah tropis, panjang tubuhnya itu dapat mencapai 60cm dan paruhnya dapat mencapai 20 cm. Burung toucan terdapat banyak di hutan-hutan Amerika Selatan dan Tengah, namun jumlahnya semakin berkurang disetiap tahunnya.

5. Gambar Lemur

Gambar Hewan Langka Lemur
pixabay.com

Gambar hewan selanjutnya yaitu lemur yang sering dijumpai di bagian Tenggara Madagascar dengan nama latin Prolemur Simur. Banyaknya peminat untuk memelihara hewan ini menjadikan lemur sebagai hewan yang dilindungi agar populasinya tidak punah.

6. Gambar Gorilla Dataran Rendah

foto gorilla dataran rendah
pixabay.com

Jenis gorila ini tergolong dalam hewan omnivora, gorila jenis ini mempunyai populasi yang paling banyak dibandingkan jenis gorila lainnya, tetapi masih digolongkan hewan yang terancam punah dan bisa dijumpai di hutan Afrika tengah dan barah, hutan sekunder, rawa dataran rendah dan hutan-hutan tropis.

7. Gambar Beruang Kutub, Hewan yang Tenang Sekaligus Buas

Foto Hewan Langka Beruang Kutub
pixabay.com

Beruang es merupakan sebutan populer yang disematkan pada hewan ini. Nama latin dari beruang kutub yaitu Ursus Maritimus. Beruang kutub termasuk dalam hewan mamalia yang mempunyai ukuran badan yang besar. Benua utara bumi / kutub utara merupakan habitat asli beruang es.

Hewan ini merupakan perenang yang hebat dikarenakan bisa berenang sepanjang 60 mil tanpa berhenti. Para ahli pun memberikan pernyataan sekitar 40 persen habitat beruang kutub akan lenyap ditahun 2050.

8. Gambar Hewan Saola

hewan langka saola
www.keyword-suggestions.com

Nama ilmiah dari saola yaitu Pseudoryx Nghetinhensis. Hewan ini temasuk dalam jenis mamalia. Saola telah menjadi hewan dilindungi di dunia. Saola hanya bisa dijumpai di Deretan Annam di Laos dan Vietnam. Hewan ini hidup dia alam liar serta masih memiliki kekerabatan dengan kambing dan sapi.

9. Gambar Fishing Cat

Gambar Fishing Cat
pixabay.com

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, hewan ini disebut sebagai kucing pemancing. Nama latin kucing ini yaitu Prionailurus viverrinus yang bisa dijumpai di wilayah Asia Tengara serta Asia Selatan. Kucing ini digolongkan dalam list daftar hewan yang terancam punah dikarenakan habitat yang berupa lahan basah sudah berubah menjadi lahan kering untuk aktivitas manusia.

10. Ini Adalah Gambar Hewan Burung Macaw

gambar burung macaw
pixabay.com

Burung macaw tergolong dalam hewan omnivora yaitu hewan pemakan tumbuhan dan daging (serangga). Burung ini memiliki spesies yang tidak sedikit. Warna bulu yang indah serta sifatnya yang begitu ramah menjadi daya tariknya. Sehingga banyak orang ingin memilikinya. Penjualan burung ini pun terbilang sudah merajalela dan semua itu menyebabkan populasinya semakin merosot.

11. Gambar Caracal Cat

Gambar Caracal Cat
pixabay.com

Wilayah penyebaran hewan ini terletak di Timur Tengah, India, Pakistan dan Afrika. Kucing Caracal telah menjadi hewan hampir punah pada saat ini. Umur kucing ini dapat mencapai 17 tahun serta bisa bertahan tanpa minum dalam jangka waktu yang lama. Kucing ini dianggap hama oleh para petani afrika sehingga populasinya semakin menurun.

12. Gambar Jaguar

gambar jaguar
pixabay.com

Jaguar merupakan hewan kucing ketiga terbesar sesudah harimau dan singa. Jaguar ialah hewan pemangsa yang memiliki gigitan yang sangat kuat sampai-sampai cangkang kura-kura yang terkenal keras dapat tertembus oleh gigitannya. Pada saat ini populasi jaguar terus menurun dikarenakan semakin sedikit wilayah habitatnya. Semua berimbas pada berkurangnya persediaan makanan.

13. Gambar Hewan Hampir Punah di Indonesia Elang Jawa

gambar elang jawa
pecintahewan.com

Elang jawa merupakan salah satu hewan asli dari Indonesia yang persebarannya berada di Pulau Jawa. Saat ini elang jawa dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon sampai Semenanjung Blambangan Purwo, total secara keseluruhan elang ini kurang lebih 600-1000 ekor saja. Hal tersebut termasuk populasi yang kecil, sehingga hewan ini terancam punah.

14. Gambar Harimau Sumatera

hewan harimau sumatera
pixabay.com

Harimau Sumetra memiliki nama latin Panthera Tigris Sumatra. Jenis harimau ini hanya terdapat di pulau Sumatera yaitu di Indonesia. Harimau Sumatera merupakan salah satu hewan yang bisa tinggal di pegunungan, hutan dataran rendah dan hutan dataran tinggi. Populasi liarnya diperkirakan sekitar 400 sampai 500 ekor saja, penghancuran habitat untuk lahan pertanian adalah ancaman terbesar untuk populasi Harimau Sumatera.

15. Gambar Macan Tutul Amur

Gambar Macan Tutul Amur
pixabay.com

Macan tutul amur adalah salah satu hewan langka di dunia, dikarenakan jumlahnya sangat sedikit kurang lebih 300 ekor saja. Dan hanya bisa dijumpai di Cina bagian Utara dan Rusia Timur. Sekitar 70 ekor yang terdapat di alam liar.

16. Gambar Lumba-lumba Tak Bersirip

Gambar Lumba-lumba-tidak-bersirip

Lumba-lumba tak bersirip atau pesut merupakan salah satu spesies mamalia yang menghuni perairan tawar di darah Indocina, Kalimantan, Filiphina dan India, umur hewan ini dapat mencapai sekitar 10 tahun, lumba-lumba ini masuk dalam golongan Critian Endangered berdasarkan IUCN.

17. Gambar Monyet Hidup Pesek

Gambar Monyet Hidung Pesek
pinterest.com

Monyet jenis ini kini hanya terdapat ratusan ekor aja. Hal ini karena populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun yang mengakibatkan kelangkaan sekarang ini, penurunan ini dikarenakan penebangan habitatnya yang merupakan hutan-hutan.

18. Gambar Gajah Sumatra

Gambar Gajah Sumatra

Gajah Sumatra merupakan satwa asli Sumatra Indonesia. Gajah jenis ini memiliki ukuran badan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Gajah India, populasinya semakin menurun tiap tahunnya sehingga menjadikan hewan ini terancam punah, berdasarkan suatu survei pada tahun 2000, populasi Gajah Sumatra hanya sekitar 2000 sampai 2700 ekor saja yang terdapat di alam liar.

19. Gambar Burung Kakatua Jambul Kuning

gambar burung kakaktua jambul kuning

Nama ilmiah Burung Kakatua Jambul Kuning yaitu Cacatua Sulphure. Panjang tubuh burung ini sekitar 35 cm serta mempunyai ciri khas ialah jambul berwarna kuning yang bisa bergerak-gerak. Penyebaran hewan ini terdapat di Kepulauan Sunda Kecil, Timor, Bali dan Sulawesi. Burung kakatua jambul kuning dinyatakan sudah kritis berdasarkan IUCN yang sudah dalam kategori daftar merah karena populasinya semakin menyusut.

20. Gambar Hewan di Indonesia Jalak Bali

gambar jalak bali
ww.mongabay.co.id

Leucopsar Rothchildi merupakan nama latin dari Jalak Bali. Burung ini mempunyai panjang tubuh sekitar 25 cm. Asal Jalak Bali yaitu dari Indonesia serta hanya bisa ditemui di hutan bagian barat pada Pulau Bali. Hilangnya habitatnya yaitu hutan, penangkapan liar menjadikan burung ini semakin menyusut sera mempunyai status terancam.

21. Gambar Paus Orca

gambar-paus-orca
pixabay.com

Orcinur Orca merupakan nama latin dari Paus Orca mempunyai sebutan lain ialah Paus Pembunuh. Kenyataannya Paus Orca merupakan spesies Lumba-lumba dikarenakan ukurannya besar banyak orang yang mengatakan sebagai paus. Paus Orca sangat bersahabat dengan manusia seperti halnya dengan lumba-lumba.

22. Gambar Harimau Putih

Gambar Harimau Putih
pixabay.com

Harimau putih berbeda dengan harimau albino, hewan ini apabila disandingkan dengan harimau jingga ukurannya jauh lebih besar sampai mencapai umur dewasa. Kondisi saat ini populasi semakin membaik karena sudah banyak yang melakukan penangkaran sekitar terdapat ratusan penangkaran di dunia.

23. Gambar Penyu Belimbing

gambar penyu belimbing
holobis.net

Dermochelys Coriacea memiliki nama lain penyu belimbing, penyu ini merupakan salah satu penyu terbesar di dunia yang bisa dijumpai di perairan infratropis, subtropis dan tropis di wilayah Samudra Atlantik serta memiliki populasi terbesar ada di semua perairan tropis Indonesia sampai Australia. Kondisi populasinya telah langka dan sudah dilindungi oleh pemerintah Negara Indonesia.

24. Gambar Hewan Vaquita

Gambar Hewan Langka Vaquita
latino.foxnews.com

Vaquita merupakan nama dari salah satu jenis lumba-lumba yang memiliki ukuran terkecil di dunia dengan berat kurang lebih 55 kg. Meski seperti itu jumlah Vaquita tiap tahunnya menurun secara drastis, Vaquita pada umumnya hidup pada ke dalaman air kurang lebih 11-50 m. Hewan ini memperoleh status terancam punah, dikarenakan di laut Meksiko hanya tersisa sekitar 100 ekor saja, berdasarkan penelitian terbaru.

25. Gambar Badak Hitam Afrika

Gambar Badak Hitam Afrika
xtra-two.blogspot.com

Diceros Bicornis merupakan nama latin dari badak hitam Afrika. Hewan ini termasuk ke dalam golongan hewan mamalia yaitu jenis ord perissodactla. Hewan ini berasal dari Afrika Timur, Kenya, Tanzania, Namibia, Afrika Selatan, Kamerun, Zimbabwe dan Afrika Tengah.

12 Gambar Hewan Aneh dan Unik

1. Gambar Hewan Aneh Bunglon

gambar bunglon
pixabay.com

Bunglon merupakan satu dari sekian banyak reptil yang termasuk di dalam keluarga Agamidae, hewan ini bisa merubah warna kulitnya sesuai dengan tempat berdiamnya agar menghindari predator yang ingin memakannya, bunglon pada umumnya hidup di semak-semak dan pepohonan. Reptil ini memakai berbagai macam serangga serta memiliki panjang ekor sampai 55 mm.

2. Gambar Long-eared Jerboa

Gambar Long-eared Jerboa
imgur.com

Long-eared Jerbo merupakan salah satu hewan mamalia yang dapat berjalan dengan cara melompat kecil, hewan ini pun tergolong kedalam salah satu jenis tikus, mempunyai ekor serta kaki belakang yang panjang. Hewan ini bisa dijumpai di gurun Gobi Mongolia Selatan hingga Gurun Takla-Makan serta gurun lainnya.

3. Gambar Naga Laut Berdaun

Gambar Naga Laut Berdaun
anakpinter.web.id

Naga laut berdaun merupakan satu dari sekian banyak spesies ikan yang memiliki bentuk yang tidak biasa serta tidak dipunyai oleh ikan yang lainnya, naga laut hanya dapat dijumpai di Pantai Selatan Australia di kedalaman paling dalam 30 meter. Makanan naga laut berdaun yaitu binatang laut kecil misalnya crustacea kecil, larva ikan dan plankton.

4. Gambar Makhluk Aneh Axoloti

 Gambar Makhluk Aneh Axoloti
orig12.deviantart.net

Monster air merupakan sebutan Axoloti dalam bahasa Indonesia. Hewan ini memiliki nama latin Ambystoma Mexicanum. Axoloti itu berasal dari berbagai danau  seperti Ciudad de Mexico, Danau Xochimico.

5. Gambar Hewan Aneh Lobster Berbulu

gambar lobster berbulu
i.imgur.com

Lobster berbulu memiliki nama lainnya yaitu Kiwa Hirsuta. Hewan ini merupakan lobster yang mempunyai Crustacea yang terlihat seperti bulu namun pada umumnya itu adalah penutup setae yang padat, bulu-bulu tersebut berguna sebagai filter. Lobster ini bisa dijumpai di Lautan Pasifik pada kedalaman 2.298 meter.

6. Gambar Kasuari

gambar kasuari
pixabay.com

Casuaris atau Cassowary lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Kasuari. Hewan ini adalah hewan yang termasuk dalam satu genus burung suku Casuariidae. Kasuari tergolong ke dalam jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar sehingga tak mampu untuk terbang.

7. Gambar Hewan Aneh Helicoprion

gambar helicoprion

Helicoprion merupakan genus hiu yang terdapat ataupun hidup kurang lebih 280 juta tahun lalu di zaman karbon. Hiu ini mempunyai keanehan yaitu pada bagian bibir bawah yang melingkar dengan gigi tajam serta sekarang telah sangat sulit ditemukan bahkan sudah tidak ada.

8. Gambar Tarisus /Philippine Tarsier

Gambar Philippine Tarsier
randomwallpapers.net

Tarsius seringkali disebut monyet paling kecil di dunia, meskipun pada umumnya satwa ini bukan termasuk dalam spesies monyet. Terdapat 9 jenis Tarius yang ada di dunia, 7 jenis ada di Sulawesi Indonesia dan 2 jeni terdapat di Filipina.

Tarsius hanya mempunyai panjang ekor kurang lebih 10 sampai 15 cm dengan berat kurang lebih 75 sampai 80 gram, keanehan lainnya terdapat pada matanya yang besar.

9. Gambar Hewan Aneh Narwhal

Gambar Hewan Aneh Narwhal
s.media.cache.ak0.pinimg.com

Narwhal memiliki nama latin Monodon Monocerous, ikan ini hanya hidup di seluruh perairan Kutub Utara yang berada di Samudera Arktik. Narwhal memiliki gigi serta tergolong ke dalam hewan karnivora, tanduknya yang berbentuk spiral sangatlah bermanfaat untuk sensor raksasa guna membantunya dalam mengetahui kualitas air serta untuk mencium Narwhal lainnya.

Panjang tubuhnya dapat mencapai 4 sampai 4,5 meter dengan tanduk kurang lebih mencapai 2,4 meter.

10. Gambar Crustacea Phronima Sedentaria

Gambar Crustacea Phronima Sedentaria
i.ytimg.com

Crustacea Phronima Sedentaria merupakan hewan yang termasuk sejenis dengan udang yang tinggal di kedalaman dan dipermukaan laut, hewan ini memakan Zooplankton yang mempunyai kulit transparan serta tidak mudah untuk melihat hewan ini dikarenakan warnanya yang di dominasi putih serta organ tubuhnya berwarna merah muda.

11. Gambar Gurita Mantel

Gambar Gurita Mantel
i.imgur.com

Tremoctopus Violacus merupakan nama latin dari hewan ini. Gurita mantel mempunyai kaki dikepala ini mempunyai keunikan tersendiri dari gurita lainnya terutama pada betina, gurita mantel betina berukuran lebih berat sampai 40.000 kali lipat dibanding jantannya.

Gurita jantan memiliki panjang hanya sampai 2.4 cm sedangkan betinanya dapat mencapai lebih dari 2 meter, apabila merasa terancam gurita betina akan membesarkan membrannya yang serupa dengan mantel diantara lengan-lengannya.

12. Gambar Hewan Red-lipped Batfish

Gambar Red-lipped Batfish
r.ddmcdn.com

Hewan ini lebih dikenal dengan sebutan ikan kelelawar berbibir merah. Red-lipped Batfish merupakan ikan yang aneh serta unik. Hewan ini berasal dari kepulauan Galapagos. Ikan ini termasuk dalam keluarga Ogcocephalidae serta anggotanya pada umumnya disebut dengan batfish, memiliki bibir yang warna merah serta hanya bisa hidup didalam air sirip yang dipunyainya dapat dipakai untuk berjalan.

Itulah gambar hewan unik dan dilindungi di dunia. Semoga bisa menambah wawasan kita guna memberikan kesadaran untuk kita bahwa kehidupan di dunia bukan hanya kita sendiri saja, melainkan terdapat berbagai macam makhluk lainnya yang diciptakan oleh Allah SWT yang menjadi pelengkap hidup ini.

Leave a Comment