Gambaran Surga yang Menakjubkan dan Harus Kamu Ketahui

GAMBARAN SURGA – Allah subhanahu wa ta’aala telah berjanji kepada hambanya yang beriman, bertaqwa, rajin beribadah, dan beramal saleh bahwa akan dimasukkan ke dalam tempat yang paling mulia yaitu surga. Lalu sebenarnya bagaimana gambaran kehidupan di surga itu yang telah Allah janjikan tersebut?

Mungkin kita telah mendengar bahwa banyak sekali kenikmatan dan kebahagiaan yang akan diperoleh jika tinggal di dalam surga. Salah satunya di sana tidak terdapat orang yang wajahnya jelek dan semua orang secara fisik kembali menjadi muda lagi.

Bahkan semua wajah penghuninya memancarkan cahaya kebahagiaan. Didalamnya kita tidak akan menjumpai segala bentuk kesusahan atau keburukan. Sebagai contoh kita tidak akan merasakan kedinginan ataupun kepanasan. Karena surga suasananya selalu sejuk dan segar serta di sekitarnya terdapat sumber mata air yang mengalir indah.

Gambaran Surga Menurut Agama Islam

gambaran surga
sickr.wordpress.com

Gambaran surga ini telah banyak Allah sampaikan melalui Al Quran dan hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Melalui dua sumber itu kita akan dapat mengetahui penggambaran surga.  Sehingga akan didapatkan gambaran yang benar karena mengacu kepada Alquran dan hadis.

Diharapkan pemahaman yang kita dapatkan ini tidaklah keliru dan bisa menambah Khasanah pengetahuan.

Singkatnya dalam surga terdapat semua macam kenikmatan yang ada di dunia. Bahkan jauh lebih hebat, lebih indah, dan lebih nikmat dari apa yang pernah kita rasakan ketika di dunia. Sebagai seorang yang beriman, kita harus senantiasa berharap ridho dan belas kasih dari Allah Akbar agar dimasukkan ke dalam surga.

Tingkatan-tingkatan Surga

tingkatan gambaran surga
aeon-lux.deviantart.com

Ketika kita membandingkan kondisi di surga dan dunia itu bagaikan langit dan bumi. Karena surga sangatlah luas dan di dalamnya terdapat berbagai macam pohon beserta aneka buah-buahan. Bahkan terbentang sungai yang mengalir di dalamnya susu.

Setiap mukmin yang hidup di dalam surga akan mendapatkan istana-istana bertingkat yang Allah ciptakan pula beserta Singgasana dan ranjang-ranjang yang terbuat dari emas permata. Selain itu, di dalam Al Quran telah disebutkan tingkatan surga yang akan ditinggali oleh hamba Allah yang dia kehendaki.

Menurut para ulama kurang lebih terdapat 8 tingkatan surga seperti yang tertulis di dalam Al Quran. Dimulai dari yang paling tinggi adalah surga Firdaus, Adn, Na’iim, Ma’wa, Darussalam, Daarul Muqoomah, Al Maqomul Amin, Khuldi. Berikut penjelasan setiap tingkatan beserta gambaran surga tersebut.

1. Firdaus

surga firdaus
huffingtonpost.com

Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Kahfi ayat 107 yang artinya:

“Sesungguhnya orang yang beriman dan beramal sholeh, untuk mereka disediakan surga firdaus sebagai tempat tinggal”

Surga Firdaus merupakan surga memiliki kedudukan paling tinggi dan paling mulia. Merupakan tempat terbaik yang disiapkan oleh Allah ta’aala bagi orang-orang yang mukmin dan gemar melakukan perbuatan baik.

Hal tersebut berdasarkan hadist Nabi sholallahu alaihi wa sallam yang artinya:

Rasulullah sholallahu alaihi wa sallam berkata pada Ummu Haritsah: “Wahai Ummu Haritsah, sesungguhnya di sana ada banyak Surga dan sungguh anakmu telah memperoleh Firdaus yang paling tinggi.” (Hadist Riwayat Bukhori nomer 3982)

Berdasarkan surat Al Mu’minun ayat 1-11 dijelaskan bahwa gambaran surga firdaus ini diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Kemudian juga dijelaskan bahwa calon penghuninya memiliki ciri-sebagai berikut:

  1. Manusia yang senantiasa menjaga shalat nya dan khusyuk ketika mendirikannya.
  2. Hamba yang menghindarkan diri dari perkataan dan amalan yang tidak memiliki manfaat.
  3. Manusia yang menunaikan zakat.
  4. Orang yang memelihara kemaluannya kecuali dari istri atau suami mereka.
  5. Manusia yang mampu menjaga amanah yang diberikan dan menepati janji yang ia buat.

2. Jannatu ‘Adn

surga adn
videoblocks.com

Terdapat beberapa tingkatan surga yang disiapkan oleh Allah ta’aala diantaranya yakni Jannatu ‘Adn. Terdapat sedikit gambaran surga Adn yang telah Allah SWT ciptakan dari intan putih dan terdapat beraneka macam kenikmatan yang disediakan untuk hambanya yang beriman.

Terdapat segolongan orang yang katakan sebagai penghuni Jannatu ‘Adn. Berikut beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seorang manusia agar termasuk golongan penghuni surga ‘Adn.

  1. Manusia yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta’aala, berdasarkan surat An-Nahl ayat 30-31.
  2. Sekelompok manusia ayang beriman dan beramal sholeh secara sungguh–sungguh, berdasarkan surat Thaha ayat 75-76.
  3. Manusia yang sering melakukan banyak perbuatan baik, menurut surat Fathir ayat 32-33.
  4. Manusia yang sabar serta menginfaqkan hartanya dan membalas keburukan dengan kebaikan, menurut surat Ar-Rad ayat 22-23.

3. Surga Na’iim

surga na'im
youtube.com

Pada tingkatan ketiga terdapat surga Na’iim yang terletak setelah Jannatul Firdaus dan ‘Adn. Allah ta’aala memenuhi jannah dengan rahmat, kemuliaan, serta keridhoan-Nya. Dia menyiapkan jannah sebagai tempat tinggal terbaik yang dipenuhi oleh berbagai kesenangan, perhiasan, dan juga suci dari keburukan.

Surga Na’iim adalh surga yang penuh dengan kenikmatan yang Allah ciptakan bagi hambanya yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Hambanya yang beriman dan melakukan amal sholeh (Surat Luqman: 8 dan surat Al-Hajj: 56).
  2. Manusia yang bertaqwa kepada Allah (Surat Al-Qolam: 34).

Berikut arti dari ketiga ayat di atas:

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang beriman dan beramal sholeh bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Luqman: 8)

“Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (Al-Hajj: 56)

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya” (Al-Qolam: 34)

4. Jannatul Ma’wa

jannatul ma'wa
Wallpapers.ae

Jannatul Ma’wa berada pada tingkatan keempat. Rasulullah SAW pernah ditunjukkan oleh Allah surga tersebut ketika melakukan Isra’ Mi’raj. Dalam perjalanan menuju sidhrotilmuntaha bersama malaikta jibril, beliau masuk ke dalam surga yang berada di dekatnya. surga tersebut ialah surga ma’wa.

Ma’wa sendiri artinya tempat tinggal yang kekal. Peristiwa perjalanan Rasulullah itu diabadikan oleh Allah dalam surat An-Najm ayat 13-15.

Selain itu juga disebut dalam hadist shahih Bukhori dan Muslim yang artinya.

Dari Anas rodhiyAllohu anhu dalam kisah Isra’ Mi’raj bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam melihat sidrotilmuntaha dan melihat di sisinya ada Jannatul Ma’wa. Beliau bersabda: “Kemudian Jibril membawaku pergi hingga berhenti di Sidrotilmuntaha, maka Sidrotilmuntaha itu diliputi warna-warni yang aku sendiri tidak mengetahui apa itu. Lalu beliau bersabda, “Kemudian aku masuk ke dalam surga dan ternyata di dalamnya bertahtakan mutiara dan debunya terbuat dari misik.” (Hadist Riwayat Bukhori dan Muslim)

Jannatul Ma’wa telah Allah ciptakan dari zamrud hijau orang-orang beriman. Adapun calon penghuni surga tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Hamba Allah yang beriman dan senantiasa melakukan amal sholeh, sesuai firman Allah pada surat As-Sajdah ayat 19.
  2. Orang-orang yang takut terhadap Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu yang jelek, berdasarkan surat An-Nazi’at ayat 40.

5. Surga Darussalam

darussalam
fanpop.com

Darussalam merupakan surga yang berada pada tingkat ke-lima, dimana menjadi tempat tinggal bagi hambanya yang beriman. Kenikmatan yang terdapat di dalamnya tidak pernah dirasakan ataupun didengar dan dilihat oleh manusia ketika hidup di alam dunia.

Manusia yang beriman dan mengerjakan amal sholeh kekal di dalamnya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah ta’aala yang artinya.

“Dan (pada hari itu) surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa.” (As-Syu’araa: 90)

“Dan orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, mereka itu penghuni surga, didalamnya mereka kekal.” (Al-Baqoroh: 82)

Darussalam merupakan tempat tinggal di akhirat bagi orang beriman yang terbuat dari Yakut Merah. Adapun orang-orang yang menghuninya memiliki ciri-ciri sebagi berikut.

  1. Hamba-Nya yang memiliki iman dan islam yang kuat
  2. Manuisa yang mengaplikasikan ayat-ayat Al-Quran dalam kehidupanya sehari-hari.

Kedua ciri-ciri tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 127.

6. Daarul Muqoomah

gambaran surga
luthfan.com

 

Daarul Muqomah adalah surga yang disediakan oelh Allah ta’aala bagi hamba-Nya yang selalu mensyukuri nikmat yang telah ia dapatkan. Istilah Darul Muqoomah artinya sebuah tempat tinggal di akhirat yang tidak akan teras capek atau letih orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Sebuah tempat yang diciptakan oleh Allah dari permata putih dan diperuntukkan bagi manusia yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Hal tersebut berdasarkan firman Allah di dalam surat Fathir ayat 35.

7. Al Maqoomul Amin

gambaran surga
istockphoto.com

Maqoomul Amin memiliki arti tempat yang aman. Tempat ini merupakan surga yang disediakan  oleh Allah sebagai balasan bagi hamba-Nya bertaqwa dengan sungguh-sungguh. Sebuah tempat tinggal di negeri akhirat yang terbuat dari emas.

Adapun orang yang dikatakan sebagai calaon penghuni Maqoomul Amin adalah manusia yang kadar keimanannya sudah berada pada level Muttaqiin atau betul-betul bertaqwa. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Ad-Dukhan ayat 51.

8. Khuldi

gambar pemandangan
fr.freepik.com

Dalam surat Al-Furqon ayat 15, Allah ta’aala berfirman yang artinya.

“Katakanlah (Muhammad): ‘Apakah (adzab) seperti itu yang baik, atau surga yang abadi yang dijanjikan untuk orang-orang yang bertakwa? Dia sebagai balasan dan tempat kembali untuk mereka?'”

Jannatul Khuld merupakan surga yang diciptakan oleh Allah dari marjan berwarna merah dan berwarna kuning. Sbuah temapta tinggal di akhirat untuk hambanya yang taat dalam melaksanakan perintah Allah ta’aala dan menjauhi segala suatu yang dilarang oleh-Nya.

Gambaran-gambaran Surga

gambaran gambaran surga
wizards.com

Jannah atau surga adalah sebuah tempat yang Allah ciptakan dengan tangan-Nya dan diperuntukkan sebagai hunian bagi manusia yang dicintai-Nya. Allah SWT memenuhi tempat itu dengan rahmat, kemuliaan, dan keridhoan. Sungguh orang yang mendapatkan surga seperti memperoleh kemenangan yang besar.

Dijadikan-Nya tempat tersebut sebagai kerajaan yang sangat mewah dan mengisinya dengan beraneka kebahagian dan berbagai perhiasannya. Berikut gambaran-gambaran surga yang didapatkan berdasarkan Al-Quran dan Hadist Nabi sholallahu alaihi wa sallam.

Surga Merupakan Tempat Tinggal yang Aman dan Kekal

tingkatan gambaran surga
aeon-lux.deviantart.com

Dalam firman Allah surat Ad-Dukhan ayat 51-57 diterangkan bahwa orang yang bertakwa bakal ditempatkan di dalam surga. Di dalamnya mereka tidak akan pernah mengalami kematian lagi. Allah subhanahu wa ta’aala juga memberikan kepada mereka karunia sehingga dapat terjauh dari siksa api neraka jahanam.

Sesungguhnya apa-apa yang telah mereka dapatkan kelak di akhirat itu adalah suatu keberuntungan yang sangat besar.

Surga Tempat yang Penuh dengan Kesejahteraan

gambaran surga
sickr.wordpress.com

Pada surat Al Hijr ayat 45-48 diterangkan bahwa manusia yang bertakwa kepada Allah kelak akan dimasukkan ke dalam surga. Sebuah tempat yang diliputi dengan rasa aman dan kesejahteraan. Allah SWT juga akan menghilangkan seluruh bentuk rasa dendam yang ada pada hati semua penghuninya.

Semua orang yang tinggal di surga adalah bersaudara sehingga tidak akan merasa dendam dan tidak akan dikeluarkan dari surga.

Surga Dipenuh dengan Keindahan, Kemewahan, dan Perhiasan

kemewahan
tripadvisor.com

Allah subhanahu wa ta’aala berfirman dalam surat Al-Kahfi yang intinya adalah bahwa orang-orang yang tidak menyia-nyiakan pahala dan beramal saleh akan memperoleh surga ‘Adn. Di dalam surga tersebut ada sungai-sungai yang mengalir di bawahnya.

Bahkan para penghuninya juga akan memperoleh perhiasan, gelang emas, dan akan dibagikan kepada mereka pakaian berwarna hijau yang dibuat dari sutra halus nan tebal. Penghuni Surga itu juga akan duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang sangat mewah.

Mendapat Rizqi yang Tidak Terbatas

emas berlimpah
aolcdn.com

Seperti yang dijelaskan dalam surat As-Shaff ayat 49-54 bahwa orang-orang yang bertakwa akan mendapatkan kehormatan serta tempat tinggal yang baik kelak di surga. Juga mendapatkan berbagai macam buah-buahan dan diletakkan di atas dipan-dipan yang indah. Sesungguhnya bagi mereka rezeki yang tidak ada habisnya

Kehidupan Surga Diliputi dengan Kemudahan dan Tidak Ada Kesulitan

pixabay.com

Terdapat 1 mata air yang di surga yang akan diperoleh oleh orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’aala. Sementara manusia yang beramal baik akan memperoleh air dingin dan hangat yang memiliki aroma wangi.

Bahkan waktu hendak memetik buah-buahan yang terdapat di dalam surga, maka buah-buahan itu akan mendekat kepada mereka dan mereka bisa dengan bebas untuk memilihnya. Begitupun waktu penghuni surga hendak memperoleh makanan atau minuman, maka akan disediakan untuk mereka makanan dan minuman yang lezat.

Makanan yang menggugah selera. Di dalamnya para penghuni surga tidak akan memperoleh kesusahan sedikitpun. Sehingga apa yang mereka inginkan akan dengan mudah diperoleh.

Penghuni Surga Selalu Dalam Kondisi Bersih, Wangi, dan Tampan

pinterest.com

Gambaran surga yang selanjutnya adalah orang-orang yang tinggal di dalamnya secara fisik hidup dalam keadaan yang bersih, mulus, tampan, dan bercahaya. Para penghuni surga kelak akan selalu tampil muda dan baju-baju yang dikenakannya tidak akan pernah lusuh.

Bahkan orang-orang yang tinggal di surga tidak akan pernah merasakan sakit, meludah, beringus, ataupun buang air dan buang besar. Sungguh manusia yang hidup di surga adalah kekal dan dalam kondisi bersih, sehat, wangi, dan tampan.

Makanan dan Minuman yang Terdapat di Surga

makanan surga
manrepeller.com

Pada sebuah hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam dijelaskan bahwa gambaran penghuni surga yang berada pada tingkat paling rendah akan mendapatkan kenikmatan yang luar biasa. Kenikmatan tersebut ialah pada setiap pagi dan sore akan datang kepada mereka 300 pelayan yang membawa 300 piring yang dibuat dari emas.

Makanan yang dibawa dari awal hingga akhir memiliki kelezatan yang sama. Para pelayan tersebut juga membawa 300 tempat minum yang memiliki warna berbeda-beda dengan kelezatan yang sama dari awal hingga akhir.

Dalam surat Al-Muthaffifin ayat 27-28 dijelaskan bahwa terdapat sebuah minuman di surga yaitu campuran khamer yang disebut sebagai Tasnim. Sebuah minuman dari sebuah mata air yang diminum oleh orang-orang yang didekatkan kepada Allah.

Demikian artikel mengenai gambaran-gambaran surga. Semoga dengan tulisan ini para pembaca dapat mengetahui sedikit gambaran surga yang terdapat dalam Al-Quran dan Al-Hadist. Penulis juga berharap agar pengetahun tentang jannah ini bisa menjadi  motivasi kita dalam beramal sholeh dan mentaati perintah Allah SWT.

Leave a Comment