Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasan untuk Tugas Sekolah Kamu

CONTOH TEKS EKSPOSISI – Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya, terkandung beberapa informasi yang berisi paragraf selanjutnya. Di tulis dengan target untuk menyebutkan atau menambahkan sebuah pengertian dengan model penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Dalam menerapkan eksposisi ini berwujud ilmiah atau mampu dikatakan non fiksi, contoh-contoh teks eksposisi biasa dimuat pada berita atau koran. Pada kali ini, kita juga akan mempelajari beberapa pembahasan yang berkaitan dengan teks eksposisi itu sendiri.

Sebenarnya, teks ini sama halnya dengan teks-teks yang lain, Bedanya teks eksposisi mempunyai beberapa ciri khusus, seperti susunan kalimat, jenis, unsur kebahasaan dan lain sebagainya. Sehingga dapat membedakan teks ini dengan teks yang lainnya. Untuk itu yuk simak saja yang akan kita bahas detailnya, sebagai berkut.


Pengertian Teks Ekposisi

pengertian teks eksposisi
bangkudepan.com

Teks eksposisi merupakan suatu urutan kata kata yang disusun, ke dalam sebuah kata-kata bersama dengan tujuan. Untuk mengemukakan ataupun menjelaskan sesuatu secara terperinci.

Materi perihal teks eksposisi, sering kali masuk di mata pelajaran Bahasa Indonesia waktu sekolah. Umumnya teks eksposisi dipergunakan di dalam karya tulis ilmiah, makalah, skripsi, literatur, artikel, dan yang lain sebagainya.

Setelah mengkaji perihal pengertian atau definisi dari teks eksposisi, tersedia beberapa hal yang harus kami perhatikan dalam menulis teks eksposisi, berikut diantaranya:

  • Kita harus dapat menguasai objek yang hendak ditulis.
  • Kita juga diharuskan untuk dapat menganalisa poin-poin yang terjalin bersama dengan objek postingan tersebut.
  • Mampu mengemukakan kesimpulan yang sudah kami membuat bersama dengan mengerti lewat bahasa yang efektif.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

eKSPOSISI
pixabay.com
  • Gaya informasi yang digunakan bersifat mengajak.
  • Penyampaian dari teks yang ditulis secara lugas dan memakai bahasa baku.
  • Menjelaskan perihal informasi-informasi pengetahuan.
  • Tidak memihak.
  • Teks Eksposisi bersifat objektif.
  • Penjelasannya disertai bersama dengan data-data yang akurat.
  • Menggunakan data-data fakta.

Struktur Teks Eksposisi

Contoh teks eksposisi
materikelas.com

Dalam pembuatan teks eksposisi terbagi menjadi 3 struktur , apa saja yang terdapat terhadap teks eksposisi yang harus kami perhatikan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Tesisi (Pernyataan pendapat): Struktur yang di dalamnya mengkaji perihal gagasan utama atau prediksi penulis perihal suatu problem yang berdasarkan fakta atau kenyataan.
  2. Argumentasi : Memaparkan secara mengerti pengakuan pendapat (tesis) yang sudah di yakini kebenarannya oleh Si Penulis lewat pengungkapan fakta-fakta gunak untuk penjelasan dari argumen Si Penulis.
  3. Penegasan Ulang Pendapat : Penguatan ulang perihal pendapat penulis yang sudah ditunjang oleh fakta di anggota argumentasi yang terdapat terhadap anggota pertama.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi
materi4belajar.com

Unsur kebahasaan dari teks eksposisi yakni bagian-bagian yang digunakan dalam membangun teks eksposisi. Unsur dari kebahasaan yang terdapat terhadap teks eksposisi adalah pronomina, konjungsi dan juga kata leksikal.

Pronomina

Pronomina merupakan kata tukar orang yang dapat kami memakai terhadap pas pengakuan perihal pendapat pribadi kami ungkapkan. Pronomina diklasifikasikan jadi 2 macam :

1. Pronomina Persona (kata tukar untuk orang)

Yakni persona tunggal. Contohnya seperti : Ia, Anda, Dia, Aku, Kamu, Saudara, -mu, -ku, -nya, si-. Dan pesona jamak seperti : Kami, Mereka, Kita, Kalian, Hadirin, Para.

2. Pronomina Nonpersona (kata tukar bukan untuk orang)

Yakni pronomina penunjuk. Contohnya seperti : Ini, Itu, Sana, Situ, Sini. Dan pronomina penanya seperti : Apa, Siapa, Mana.

Konjungsi

Konjungsi sering disebut bersama dengan kata penghubung ini biasanya digunakan dalam teks eksposisi guna untuk memperkuat argumentasi.

Kata leksikal

  • Nomina : Kata yang digunakan untuk mengacu terhadap benda, baik itu nyata ataupun abstrak.
  • Verba : Kata yang di dalamnya memiliki kandungan makna basic sistem , perbuatan, atau suatu kondisi yang bukan sifat.
  • Adjektiv : Kata yang biasanya digunakan dalam mengungkapkan cii-ciri atau kondisi orang, benda, dan juga binatang.
  • Adverbia : Kata yang digunakan untuk melengkapi atau menambahkan, suatu informasi bersifat waktu, keterangan tempat, suasana, alat, cara atau yang lainnya.

Contoh Teks Eksposisi

taks eksposisi
pintarsekolah.com

Sekarang mari kita menuju ke pembahasan inti dari artikel ini, yaitu contoh teks eksposisi, dibawah ini ada beberapa teks eksposisi dari internet yang telah saya rangkum. Berikut contoh teks eksposisi tentang beberapa permasalahan diantaranya, eksposisi lingkungan, hukum, kesehatan dan lain-lain.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kebersihan Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi

Kebersihan di Lingkungan Kerja

Tesis:

Kebersihan di area kerja termasuk dari beberapa salah satu segi utama sehingga terwujudnya kenyamanan didalam bekerja. Tak cuma itu, keindahan serta kebersihan disekeliling lingkungan kerja dapat berpengaruh terhadap prestasi kerja seorang individu.

Sepantasnya, kebersihan lingkungan kerja patut ditekankan ke masing-masing karyawan. Metode yang benar-benar sederhana ialah dengan membuang sampah (plastik, kertas, kertas cartoon dll) menuju area pembuangan sampah.

lalu setelah jam kerja bersihkan ruangan yang digunakansebagai area kerja.

Argumentasi:

Pembagian tugas piket harian sudah jadi beberapa metode yang diaplikasikan didalam merawat kebersihan lingkungan area bekerja. Masing-masing karywan yang sudah diberi tugas terhadap kebanyakan mengerjakan tugas berdasarkan yang sudah disetujui bersama.

Contohnya menyapu area kerja, menyita suatu kotoran di meja kerja, bersihkan kaca dan mengepel lantai. Di masing akhir pekan termasuk rutin dijalankan piket bersama-bersama dengan bersihkan semua sudut area area kerja.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan kerja tidak sanggup dipisah dari kehidupan kerja seseorang, karena hal tersebut termasuk segi utama untuk merawat kesehatan dan kenyamanan di lingkungan kerja.

Serta juga, bekerja merupakan salah satu manifestasi ibadah dan merawat kebersihan ialah termasuk dari cii-ciri orang beriman. Oleh karena itu, bila seseorang bekerja disertai termasuk merawat kebersihan area kerjanya maka dia akan muncul baik di hadapan Tuhan dia.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kemajuan Teknologi

Contoh Teks Eksposisi

Kemajuan Teknologi Pada Era Sekarang

Tesis

Teknologi merupakan tidak benar satu penunjang kemajuan manusia.Tak mampu dipungkiri terkecuali kemajuan teknologi masa kini berkembang benar-benar pesat. Di banyak belahan masyarakat,teknologi sudah mendukung memperbaiki ekonomi,panga,komputer dan banyak lagi.

Kemajuan teknologi sebetulnya mutlak untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Sedikit berasal dari itu semua yaitu untuk mempercepat pekerjaan manusia,mempermudah komunnikasi jarak jauh dan beroleh transaksi keuangan.

Argumentasi

Dengan memakai teknologi infirmasi dan komunikasi,pekerjaan manusia akan jadi lebih cepat dan mudah. Misalnya disaat kita akan membawa surat-surat yayasan pondok pesantren maka kita tidak akan memakai mesin ketik yang membutuhkan proses begitu benar-benar lama tapi akan memakai computer dan printer yang lebih cepat,efisien dan bersih.

Sebelum terdapatnya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini. Proses komunikasi tetap berbentuk analog. Untuk mengirimkan kabar kepada seseorang yang jaraknya jauh,harus memakai surat yang sementara tempuhnya mampu melebihi 2 hari atau terkadang terhitung tak sampai tujuan.

Namun bersama teknologi yang sekarang ini kita mampu memakai e-mail,sms dll. Dengan teknologi ini jarak bukan jadi halangan ulang untuk mengirim kabar dan sudah pasti dampai tujuan.

Sebelum berkembangnya teknologi,proses transaksi keuangan ditunaikan secara konvensional. Nasabah harus mengunjungi bank untuk bertransaksi, apalagi sementara transaksi jual membeli penjaja dan customer harus berjumpa untuk bertransaksi secara langsung.

Namun seiring berkembangnya masa dan teknologi proses transaksi mampu ditunaikan lewat ATM,SMS Banking, dan E-Banking. Dengan langkah ini proses transaksi keuangan akan jadi lebih mudah,cepat dan menyenangkan.

Penegasan Ulang

Jadi kemajuan teknologi sementara ini benar-benar mendukung pekerjaan manusia jadi lebih mudah,terutama didalam perihal komunikasi,transaksi keuangan,dan mempercepat pekerjaan manusia.Dan tetap banyak ulang berlebihan berasal dari teknologi.


Contoh Teks Eksposisi Bahaya Bermain Gedget

Contoh Teks Eksposisi

Bahaya Bermain Gadget Sebelum Tidur

Tesis

Pada jaman pekembangan zaman, teknologi jadi berkembang dengan pesat. Diantaranya yaitu pertumbuhan berasal dari handphone berasal dari tahun ke tahun. Banyak dijumpai handphone canggih seperti smartphone,android dan gadget.

Para penggunya pun diberbagai kalangan, mereka pun dibikin kecanduan akan teknologi dan fitur-fiturnya .Tak heran banyak orang dimana-mana mempunyai handphone. Menurut Russell Rosenberg phD, kepala pelaksna jajak pendapat dan direktur The Atlanta School of Sleep Medicine and Tecnology menyatakan

“ Tidur dan teknologi tidak berbaur, jajak pendapat tahun ini memusatkan perhatian pada teknologi dan alat elektronik yang banyak digunakan masyarakat yaitu gadget. ”ini bisa merubah kesehatan juga.”

Argumentasi

Hasil berasal dari penelitian mendapatkan bahwa paparan cahaya yang didapatkan berasal dari layar gadget bisa mencegah hormon melatonin, di mana hormon tersebut berguna sebagai pengirim tanda ke otak untuk memerintahkan tubuh beristirahat.

Sehingga durasi tidur jadi pendek memicu mengantuk sepanjang hari karena adanya berubahan metabolisme harian tubuh yang berlangsung lebih lambat.

Selain ada problem tidur, paparan cahaya yang berlebih akan merubah mood dan memicu depresi. sehingga akan menjadi sedih berkepanjangan. Paparan tersebut termasuk akan mengakibatkan kerusakan impuls dan stamina dipagi hari. Sehingga badan menjadi lelah dan letih.

Gangguan kesehatan lainnya pada lain masalah pada mata. Paparan cahaya yang berasal dari layar gadget memicu mata lelah dan iritasi. Melihat ke layar handphone terlampau lama mengurangi frekuensi berkedip bisa memicu mata kering.Selain itu, bisa tingkatkan risiko kanker.

Menggunakan gadget menjelang tidur berulang kali akan tingkatkan memproduksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara pada perempuan sebesar 17%.

Radiasi ponsel bisa merubah pembentukan regenerasi sel neoplasma yang tidak seimbang. Tumor otak umumnya merubah orang dewasa siusia subur tapi termasuk ditemukan bisa menyerang anak-anak yang terlampau sering memakai ponsel sebelum tidur.

Penegasan Ulang

Kini telah diketahui dampak berasal dari pertumbuhan teknologi yang dilihat berasal dari sisi kesehatan manusia. Paparan cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget bisa merubah kesehatan, karena cahaya biru yang mencegah hormon melatonin dan tingkatkan hormon estrogen.

Durasi tidur yang pendek memicu gangguan-gangguan kesehatan lainnya. Jadi, kami harus besikap bijak didalam memakai pertumbuhan teknologi pas ini. Gunakan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak menyebabkan dampak yang negatif.


Contoh Teks Eksposisi Hukum Di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi

Realita Hukum di Indonesia

Tesis :

Sebenarnya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang telah secara tegas mengatur hukuman berbagai pelaku tindak kejahatan.

Namun, realitanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang merugikan banyak orang. Hukum boleh saja tegas, namun menjadi tumpul di hadapan koruptor, itulah kenyataan selagi ini.

Argumentasi :

Bukan rahasia lazim lagi bahwa para koruptor di Indonesia memperoleh hukuman yang tingkatannya tetap tergolong ringan, apalagi ada koruptor yang terima layanan mewah padahal telah merugikan bangsa.

Seringkali kami saksikan berita bahwa seorang maling dihajar masa sampai tewas. Namun, belum pernah ada koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

Penegasan Ulang :

Hukum di Indonesia itu sanggup dikatakan cuma tegas di hadapan rakyat kecil. Sebut saja persoalan yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya cuma dikarenakan dianggap mengambil kayu.

Beliau terancam hukuman sepanjang lima tahun penjara. Sungguh tidak adil sebenarnya terkecuali dibandingkan bersama hukuman yang dapat di terima koruptor.


Contoh Teks Eksposisi Kemacetan Kota

Contoh Teks Eksposisi

Kemacetan Kota di Masa Depan

Tesis :

Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai keperluan turunan dari berbagai kesibukan ekonomi maupun sosial (lihat andaikan Morlock, 1985). Tipe kesibukan sosial ekonomi yang tidak sama bakal mempunyai dampak kesibukan transportasi yang tidak sama pula.

Argumentasi :

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang berbentuk berulang, andaikan yang berlangsung terhadap para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah.

Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan berlangsung tiap tiap hari terhadap titik-titik yang menjadi jalan pergerakan para pekerja dan siswa dari area tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Kemacetan yang berulang terhadap jangka lebih panjang condong berlangsung terhadap musim liburan maupun lebaran. Pada bagian kedatangan dan kepulangan, kemacetan gawat bakal berlangsung terhadap jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates).

Pada rentang di pada masa tersebut, kemacetan sanggup dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan obyek wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), dan juga jalan-jalan menuju objek wisata, layaknya Jalan Parangtritis.

Penegasan Ulang :

Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh kesibukan masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang tiap tiap hari merupakan ekses dari pola area tinggal, bekerja dan bersekolah.

Upaya mendekatkan lokasi area tinggal dengan lokasi kesibukan merupakan tidak benar satu solusi yang sanggup dilakukan.

Bentuknya sanggup berbentuk perlindungan insentif area tinggal berbentuk tempat tinggal susun sewa maupun punya yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum tersedia usaha pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Indonesia

Contoh Teks Eksposisi

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Tesis :

Ekonomi rakyat adalah sebuah kegiatan ekonomi bagi rakyat. Apabila ini dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah sebuah kegiatan ekonomi.

Seperti petani, peternak, nelayan kecil, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya dan bukan perkebunan atau peternak besar atau, dan sejenisnya.

Argumentasi :

Argumen lain berasal dari ekonomi rakyat mampu terhitung diamati berasal dari sebuah ideologi yang jargonnya adalah: “ekonomi berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat” yang artinya adalah kegiatan ekonomi itu perihal dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat pada sebuah sumber energi ekonomi. Rakyat menguasai dan punyai hak atas sumber energi untuk membantu kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat” yang artinya adalah proses produksi dan mengonsumsi dijalankan dan diputuskan oleh rakyat.

Berkaitan dengan sumber daya, baik itu yang sifatnya produktif atau konsumtif, rakyat punyai alternatif lain untuk menentukan dan terhitung menentukan proses pemanfaatan.

Seperti yang kita lihat berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, dan bagaimana melindungi kelestarian bagi proses penggunaan yang selanjutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat” yang inti utamanya adalah segala kegiatan ekonomi yang dijalankan itu pada akhirnya diperuntukkan untuk kesejahteraan rakyat juga. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kefaedahan yang paling utama ialah keperluan rakyat.

Penegasan Ulang :

Dalam hal ini terhitung harus dijelaskan bahwa ekonomi rakyat mampu perihal “dengan siapa saja”, didalam arti kegiatan ekonomi mampu dijalankan terhitung dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan perihal style produk, permodalan, besaran, pembawaan usaha, dan lain sebagainya.

Ekonomi rakyat berupa tidak eksklusif tapi inklusif dan terhitung terbuka. Walaupun seperti itu, pembawaan fundamental diatas udah pula menciptakan suatu proses ekonomi yang terdiri berasal dari pelaku ekonomi.

Mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan yang khas, yang biasanya udah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk tetap bertahan dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.

Nah itulah beberapa contoh teks eksposisi yang telah saya susun dengan strukturnya, kamu bisa berlatih untuk membuat susunan teks eksposisi yang telah kami buat. Dengan perumpamaan diatas.

Tentu dengan beberapa contoh yang berkaitan tentang teks eksposisi yang telah saya contohkan. Akan dapat memudahkan anda dalam mengerjakan tugas sekolah, dalam membuat teks eksposisi.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, mengenai teks eksposisi yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya.

Leave a Comment