Cara Menghilangkan Komedo Alami sesuai Jenis & Penyebab Munculnya

Bagi Sebagian orang komedo adalah sesuatu yang sangat mengganggu dan membuat kita risih karena dapat merusak keindahan kulit muka. Wajah yang penuh dengan komedo akan terlihat buruk dan tidak terawat. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberi tips kepada Anda cara menghilangkan komedo.

Apa itu Komedo

sumber: perawatankulitwajah212.com

Bagi para perempuan, kecantikan wajah adalah sesuatu yang dianggap sangat penting dan banyak membuat khawatir. Perhatian yang ekstra sangat diperlukan untuk perawatan wajah ini. Salah satu hal yang banyak menjadi masalah bagi banayk pertempuan adalah komedo.

Komedo merupakan benjolan (papula) kecil yang terdapat di permukaan kulit yang berwarna hitam. Sebenarnya, komedo adalah jenis jerawat yang ringan yang biasanya dijumpai pada wajah. Tetapi komedo tidak musti muncul di wajah saja, terkadang komedo dapat dijumpai di leher, dada, bahu punggung, serta lengan.

Penyebab Muncul Komedo

sumber: amarujala.com

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan munculnya komeda. Penyebab muncul komedo diantaranya sebagai berikut ini:

Produksi Minyak Berlebih Pada Wajah

sumber; shell.com

Produksi minyak pada wajah, pada dasarnya bukanlah suatu hal yang aneh. Minyak mempunyai banayak fungsi, diantaranya untuk menghindari paparan sinar matahari dan polusi secara langsung. Tetapi produksi minyak yang berlebih akan berakibat buruk bagi wajah.

Minyak berlebih pada kulit wajah akan memicu timbulnya komedo yang biasanya timbul din sekitar hidung dan area wajah lainnya. Dengan minyak yang berlebihan, kotoran akan mudah menempel pada kulit. Dari sinilah proses komedo muncul. Kotoran yang menumpuk di kulit, alam menyumbat pori-pori yang kemudian lama-kelamaan akan menimbulkan komedo.

Penggunaan Make Up

sumber: salonsuitesolutions.com

Make Up adalah salah satu kebutuhan yang bisa dianggap pokok untuk para wanita, atau perempuan. Dengan kodratnya yang ditakdirkan menjadi cantik, wanita memerlukan berbagai macam make up untuk semakin mempercantik wajahnya.

Tetapi tahukah Anda, bahwa penggunaan make up secara berlebih ternyata mempunyai akibat buruk bagi wajah. Kulit wajah akan tersumbat oleh make up yang selalu menempel, alhasil make up-pun akan menyumbat pori-pori kulit wajah Anda, dan timbullah komedo.

Dengan demikian, maka pada dasarnya penggunaan make harus benar-benar dikontrol untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit, atau kelainan pada kulit tyang pastinya akan sangat mengganggu. Gunakanlah make up sekedarnya saja, dan segeralah bersihkan make up ketika hendak tidur di malam hari.

Gaya Hidup yang Buruk

sumber: msology.ca

Siapa sangka ternyata gaya hidup jugga mempunyai andil besar dalam terciptanya komedo. Gaya hidup buruk akan mkempermudah toxin masuk ke dalam tubuh. Beberapa gaya hidup yang buruk akan menbuat seseorang kurang memperhatikan kesehgatan dan penampilannya.

Beberapa gaya hidup yang perlu Anda hindari diantaranya yaitu seperti mengkonsumsi minuman yang beralkohol, merokok serta sering begadang.

Stres Menyebabkan Komedo

sumber: denverpeaceofmymessage.com

Stres adalah salah satu penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit, tak terkecuali timbulnya komedo. Stres secara perlahan, namun signifikan merusak keindahan kulit wajah Anda. Termasuk salah satu yang terjadi yaitu dengan timbulnya komedo.

Untuk menekan tingkat stres Anda, sangat disarankan untuk melakukan refreshing berapa minggu sekali, serta olahraga secara rutin. Hal tersebut merupakan salah satu cara menghilangkan komedo yang bisa dibilang cukup efektif.

Makanan Penyebab Komedo

sumber: eatthis.com

Makanan adalah faktor penting yang kita butuhkan sebagai makhluk hidup. Ada banyak sekali varian makanan di muka bumi ini. Mulai dari makanan sehat yang bergizi hingga junk food yang mempunyai berbagai macam efek jangka panjang yang sangat buruk.

Ternyata pemilihan makanan yang kita konsumsi ini mempunyai andil dalam timbulnya jerawat di wajah kita. Makanan yang penuh dengan lemak, serta beberapa makanan junk food ditengarai sebagai makanan yang tidak direkomendasikan dan sangat buruk bagi kulit Anda. Komeda akan sangat mudah timbul, dan merusak kenidahan kulit Anda tentunya.

Jenis jenis Komedo

sumber: amusingplanet.com

Pada dasarnya komedo mempunyai dua jenis. Nah berikut ini jenis-jenis komedo yang perlu Anda ketahui. Dan apa sih perbedaan dari dua jenis komedo ini. Mari kita bahas secara mendetail melalui tulisan di bawah ini:

Komedo Hitam / Blackhead

sumber: marinmineral.com

Blackhead ini adalah lomedo yang tampak hitam ketika Anda melihatnya secara kasat mata. Blackhead sendiri merupakan jenis komedo yang biasanya dapat dijumpai pada bagian hidung dan wajah yang sifatnya terbuka.

jenis komedo ini biasanya ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang kemudian tertutup oleh tumpukan kotoran pada kulit wajah, sehingga blach head akan tampak  seperti pori-pori yang membesar, dan kemudian menghitam.Warna hitam ini sendiri terjadi karena kotoran yang menumpuk kemudian mengalami perubahan warna karena proses oksidasi.

Pada umumnya, jerawat dan komedo jenis ini menyerang para remaja yang sedang dalam proses pertumbuhan dengan hormon yang masih belum stabil. Dengan manajemen waktu mereka yang masih daolam proses adaptasi, hal ini akhirnya sangat rawan terjadi pada usia remaja.

Komedo Putih / Whitehead

sumber: myfreetextures.com

Komedo putih berbeda dengan blackhead, karena sifatnya yang tertutup. Yaitu ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang kemudian terhalangi oleh sebum serta debris keratin. Whitehead biasanya mempunyai kulit pelapis yang menutupi pori-pori kulit.

Hal ini akan lebih tampak seperti tonjolan kecil yang tumbuh di bawah kulit. Warna dari komedo ini putih karena jenis komedo yang satu ini tidak mengalami tahap oksidasi atau terpapar oleh oksigen secara langsung.

Sebum dan debris tidak teroksidasi sehingga warnanya tetap alami dan putih. Tetapi tetap saja, komdedo tetaplah komedo. Baik berwarna putih ataupun hitam, dengana danya komedo, maka wajah Anda akan tampak kotor dan terasa mengganggu.

Oleh karena itu, pengobatan secara alami, perlu dilakukan untuk menghilangkan komedo membandel yang menyebalkan ini.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

sumber: youtube.com

Ada berbagai cara untuk dapat menghilangkan komedo. Di antara berbagai cara menghilangkan komedo yaitu berikut ini:

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Jeruk Nipis

sumber: amazon.com

Jeruk Nipis adalah buah yang dikenal sebagai buah untuk mencerahkan kulit. Ternyata manfaat jeruk nipis tak berhenti di situ, kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis dapat bekerja aktif dalam mengangkat komedo serta sel kulit mati.

Caranya yaitu dengan melakukan cara mengambil air perasan jeruk nipis. Dilanjutkan dengan melakukan pengolesan pada wajah, setelah itu bilaslah wajah menggunakan air hangat untuk mengangkat komedo. Yang terakhir mengulangi pembilasan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Putih Telur Penghilang Komedo

sumber: latestvegannews.com

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat serbaguna. Telur sangat banyak kegunaannya bagi manusia. Tak terkecuali untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kulit wajah Anda akan tampak cantik berseri ketika Anda menggunakannya dengan cara yang benar.

Penggunaan telur terutama pada putih telurnya, dipercaya dapat menghilangkan komedo Anda. Cara pakainya yaitu dengan cara menggunakan putih telur sebagai masker pada wajah Anda. Setelah dioelskan pada wajah secara merata, maka diamkanlah selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu lakukanlah pembilasan dengan arti dan sabun, sehingga bau amis dari telur menghilang. Lakukanlah langkah ini secara rutin selama kurang lebih satu minggu, dan rasakan perbedaannya. Untuk hasil yang lebih maksimal, maka lakukanlah secara berulang-ulang selama 2 atau 3 minggu.

Kayu Manis & Madu

sumber: wowkeren.com

Madu merupakan salah satu antibiotik alami yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari mengobati berbagai macam penyakit, hingga digunakan untuk bahan kecantikan. Nah, untuk menghilangkan komedo, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai campurannya.

Makanan lebah madu ini mempunyai peran di dalam membunuh bakteri sekaligus dapat melembabkan kulit. Caranya yaitu dengan mencampurkan madu dengan kayu manis. Kayu manis sendiri mempunyai manfaat dalam memicu produksi kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang berperan penting di dalam proses regenerasi kulit.

Cara pencampurannya yaiotu sebagai berikut ini:

  1. Komposisinya yaitu diawali dengan mencampurkan antara 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis di dalam wadah yang sudah disediakan
  2. Aduklah campuran tersebut secara merata
  3. Oleskanlah campuran tersebut pada wajah Anda, dan kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Setelah 15 menit berlalu, maka dilanjurkan dengan membilas wajah menggunakan air hangat kemudian keringkanlah wajah Anda.

Menghilangkan komedo Menggunakan Baking Soda

sumber: davidwolve.com

Baking Soda adalah salah satu unsur yang bisa Anda manfaatkan untuk emnghilangkan ko0medo secara mudah. Dengan baking soda ini, bahkan Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan jerawat. Baking soda nantinya akan berperan sebagai eksfolian yang dapat mengikis kulit mati yang menjadi penyebab sumbatan pada pori-pori yang mengakibatkan komedo.

Cara penggunaan baking soda untuk menghilangkan loedo yaitu berikut ini:

  1. Campurkanlah 1 sendok makan baking soda beserta 2 sendok makan air hangat
  2. Oleskanlah campuran tersebut pada wajah Anda sembari melakukan pemijatan dengan gerakan memutar selama 2 hingga 3 menit
  3. Bilaslah, kemudian dikeringkan.

catatan: Penggunaan baking soda sevagai cara menghilangkan komedo, tidak bisa dilakukan dalam durasi yang lama, karena dapat mengakibatkan wajah menjadi kering.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Lidah Buaya

sumber: ndtv.com

Untuk kebanyakan orang, mungkin menganggap bahwa lidah buaya adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk kesuburan rambut. Namun ternyata lidah buaya mempunyai manfaat lain yang lebih luas. Gel dari tanaman lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin.

Hormon ini berfungsi sebagai peredam peradangan pada kulit sekaligus dapat melembabkan kulit. Hal ini pulalah yang membuat lidah buayta sangat cocok untuk digunakan sebagai obat alami cara menghilangkan komedo. Cara penggunaannya sebagai berikut ini:

  1. Kupaslah lidah buaya sehingga tinggal tersisa daging atau gelnya saja
  2. Oleskan gel dari lidah buaya ini pada di wajah Anda yang berkomedo secara merata
  3. Diamkanlah gel lidah buaya selama kurang lebih 10 – 15 menit
  4. Bilaslah wajah Anda menggunakan air hangat

Lakukanlah cara menghilangkan komedo ini sebanyak satu hingga dua kali setiap hari selama satu minggu, dan rasakan perbedaannya.

Lemon dapat Menghilangkan Komedo

sumber: sobeys.com

Lemon termasuk buah yang kaya akan manfaat. Dengan memanfaatkan lemon ini banyak solusi kecantikan dapat Anda hasilkan. Salah satunya yaitu untuk memnghilangkan komedo secara alami. Adanya kandungan Asam sitrat di dalam buah lemon berfungsi untuk mengencangkan pori-pori wajah, sekaligus membersihkan wajah dari sel kulit mari termasuk komedo.

Cara memanfaatkan lemon, sebagai cara menghilangkan komedo yaitu dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Potonglah lemon menjadi 2 bagian
  2. Teteskan madu pada permukaan lemon yang sudah dipotong menjadi 2 bagian
  3. Oleskanlah lewmon yang sudah ditetesi madu tersebut pada wajah Anda yang berkomedo
  4. Diamkanlah kurang lebih selama 5 menit
  5. Bersihkanlah menggunakan air dingin kemudian keringkan
  6. Ulangilah cara perawatan ini sebanyak 3 – 4 kali di dalam seminggu

Minyak Pohon Teh Berkhasiat Menghilangkan Komedo

sumber: keeperofthehome.org

Minyak pohon teh adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan dan salah satu cara menghilangkan komedo membandel yang efektif. Antiseptik yang terkandung pada  pada minyak pohon teh mampu untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan komedo dan dapat mengurangi peradangan pada kulit Anda.

  1. Teteskanlah beberapa tetes minyak pohon teh pada setengah gelas air
  2. Siapkanlah kapas, yang selanjutnya kapas tersebut Anda basahi dengan larutan minyak daun teh tersebut
  3. Oleskanlah kapas tersebut pada area yang berkomedo lalu biarkan selama 15 menit
  4. Yang terakhir bilaslah dengan menggunakan air hangat

Catatan: sebelum Anda mulai mempraktekkannya, sebaiknya Anda melakukian uji alergi terlebih dahulu dengan cara mengoleskan sedikit minyak pohon teh pada tangan, kemudian tunggu selama beberapa menit. Apabila tidak muncul reaksi apapun, maak pemakaian aman untuk dilakukan.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Pasta Gigi

sumber: liputan6.com

Siapa sangka bahwa pasta gigi ternyata juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangakan komedo kali ini cukup unik karena menggunakan bahan untuk membersihkan gigi. Tetapi hal ini benar-benar bekerja.

Berikut ini cara penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan komeda Anda:

  1. Oleskanlah pasta gigi pada bagian wajah Anda ynag berkomedo
  2. Diamkanlah selama kurang lebih 10 menit
  3. Bilaslah pasta gig yang menempel di wajah dengan air
  4. Lakukanlah perawatan dengan menggunakan pasta gigi ini sebanyak  2 sampai 3 kali di malam hari sebelum Anda tidur sampai komedo yang ada menghilang.

Obat untuk Menyembuhkan Komedo

sumber: ciricantik.com

Ada banyak obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan komedo di pasaran. Namun Anda juga harus selektif dalam memilihnya, sehingga hasil yang didapatkan menjadi maksimal. Berikut ini cara menghilangkan komedo menggunakan obat yang bisa Anda jadikan referensi:

Bioaqua Remove Blackhead Mask

Yaitu merupakan obat komedo yang sangat efektif untuk mengangkat koedo membandel di wajah Anda. Bioaqua Remove Blackhead Mask akan bekerja secara perlahan dalam mengangkat kulit mati dan kering menjadi lebih segar, bersih, dan bercahaya.

Bioaqua Remove Blackhead Mask diperkaya dengan paduan botanikal dari witch hazel, lidah buaya, serta green tea yang berfungsi untuk menyejukkan dan membersihkan pada bagian pori-pori wajah Anda. Wajah Anda akan terasa lebih segar, lembut dan halus.

Mengandung Herbal whitening complex, sehingga kulit Anda akan tampak lebih putih dan cerah. Kulit Wajah Anda yang diberikan perawatan secara rutin menggunakan Herbal whitening complex akan senantiasa terasa lembut, halus, dan putih merona.

Tofu Scrub

Setelah sebelumnya berhasil dengan penjualan sabun tofu dan body lotion-nya. Kini Tofu kembali hadir dengan produk terbarunya yang berbentuk scrub yang terbuat dari tahu halus dipadukan dengan gandum.

Tofu masih tetap mempercayakan bahan baku tahu sebagai bahan dasar untuk berbagai rangkaian produk kosmetiknya. Scrub tofu ini sangat berkhasiat dan efektif dalam menghilangkan komedo, menyempitkan pori-pori yang besar, mengangkat sel kulit mati, serta mengencangkan kulit wajah.

Kosmetik Tofu ini juga terkenal dengan kandungannya yang alami tanpa parfum, tanpa pewarna, tanpa zat aditif, dan tanpa tambahan zat berbahaya lainnya. Sehingga tentunya bagi Anda yang hendak menyembuhkan komedo dengan cara alami dan tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, maka paket kosmetik tofusangat cocok untuk Anda miliki.

Denikianlah penjelasan kami mengenai komedo yang sangat mendetail. Mulai dari Apa itu Komedo, Penyebab Muncul Komedo, Jenis jenis komedo, Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Hingga Obat untuk Menyembuhkan Komedo. Semoga dapat bermanfaat, dan silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

Leave a Comment