Mengenali Diri Sendiri Melalui Tes Kepribadian

TES KEPRIBADIAN – Kenapa kita sangat dianjurkan untuk mengenali jenis keperibadian diri kita? Karena keperibadian ini ialah bagian dasar dari pembentukan karakter manusia, dan di bagian inilah seseorang condong atas segala sesuatunya. Maka dari itu melakukan tes kepribadian itu sangat penting sekali

Didalam tes psikologi seseorang atau manusia, kepribadian seseorang terbagi menjadi 4 bagian, diantaranya ialah seperti Sanguin, Koleris, Plegmatis, dan yang terakhir adalah Melankolis. Atau sebutan lainnya adalah Influence, Dominance, Steadiness, dan yang terakhir Conscientiousness atau biasa disebut sebagai Tes Kepribadian. Semua jenis tes kepribadian yang ada tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Adanya tes kepribadian ini sudah banyak membantu orang-orang untuk membentuk dan mengenali karakternya masing-masing agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Sebelum kita masuk kedalam pembicaraan atau ulasan tentang tes kepribadian, alangkah baiknya apabila kita mengetahui terlebih dulu tentang apa itu kepribadian? Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya. Selamat menyimak 🙂

Apa Itu Kepribadian?

tes kepribadian
youthmanual.com

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kepribadian ialah suatu hak untuk memanfaatkan harga diri manusia dengan bebas. Menurut ahli psikolok Gordon Allport, kepribadian ialah sebuah organisasi yang terdiri dari berbagai macam bagian psikis dan fisik yang merupakan sebuah sistem dan juga sekaligus menjadi sebuah metode.

Didalam keseharian seseorang, kepribadian lebih kerap di definisikan sebagai sebuah karakter yang keluar dari seseorang. Misalkan contoh kecilnya seperti ada seseorang yang sering marah karena adanya sesuatu hal, maka secara tidak langsung orang itu dijuluki sebagai julukan orang pemarah.

Begitu juga dengan orang yang pendiam atau memang orang yang pemalu. Lain lagi apabila dengan seseorang yang plin-plan dan pengecut. Terkadang dengan adanya karakter mereka seperti itu, mereka semua dipredikatkan sebagai seseorang yang tidak memiliki kepribadian.

Terkadang kepribadian yang dimiliki oleh setiap manusia itu sangat sulit untuk kita tebak. Maka dari itu hal seperti itu sangat dianjurkan untuk melakukan tes psikologi guna untuk melacak atau mencari tahu seperti apa kepribadian seseorang itu.

Karena ada juga seseorang yang didalam benaknya memiliki kepribadian lebih dari satu kepribadian. Oleh karena itu, melakukan Tes Psikologi ini sangat membantu menemukan kepribadian dan karakter seseorang.

Perbedaan Karakter dan Kepribadian

tes kepribadian
pendidikankarakter.com

Sebagaimana situs Psychology Today telah menyebarkan tentang kepribadian, karakter dan kepribadian adalah dua persoalan yang sangat berbeda. Perbedaan antara karakter dan kepribadian ialah, kepribadian seseorang akan lebih gampang untuk dibaca apabila dibandingkan dengan sebuah karakter.

Secara langsung kita akan dapat mengambil kesimpulan sendiri, apakah orang yang sudah kita baca kepribadiannya itu memiliki sifat pemalu, super aktif, lucu, atau hanya energik dengan sekali lihat saja.

Sedangkan untuk mengenal dan mengetahui karakter seseorang yang memang terbilang cukup lama. Namun dengan adanya tes psikologi ini dapat membantu kita semua dalam mengenali lebih dalam lagi sifat dan karakter seseorang.

Apa sih arti dari karakter itu? Karakter ialah apa yang menjadi jati diri dari seseorang. Umumnya karakter ini telah dipunyai oleh seseorang atau manusia dari mereka dilahirkan ke dunia, dan karakter itu akan terus terbangun setara dengan pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya.

Lantas kepribadian itu apa? Kepribadian adalah perwujudan dari karakter seseorang. Contoh misalnya seperti orang yang mempunyai karakter yang jujur tidak pernah berbohong. Maka perwujudan dari karakternya ialah mengerjakan atau melakukan semua persoalan dengan jujur. Dia akan berpendapat bahwa kejujuran itu sangat penting sekali.

Terkadang diri kita ini sangat kesulitan sekali apabila disuruh untuk menebak karakter dari seseorang. Oleh karena itu untuk mengetahui atau menebak karakter seseorang dan kepribadian seseorang itu dibutuhkan tes psikologi. Malahan ada sebagian orang yang memang kesulitan untuk memastikan karakter dan kepribadiannya sendiri.

Menyinggung tentang karakter dan kepribadian seseorang, berikut dibawah ini akan kami jelaskan apa saja jenis-jenis dari kepribadian manusia.

Jenis-Jenis Kepribadian Manusia

tes kepribadian
dailymoslem.com

Pembagian dan pengelempokan jenis kepribadian seseorang sudah dikelan dari zaman Yunani Kuno. Namun, sekian dari banyaknya jenis-jenis kepribadian seseorang yang di kelompokkan oleh para ahli psikolog, jenis kepribadian yang dibentuk oleh Hippocrates adalah salah satu jenis kepribadian manusa yang sangat terkenal. Itu juga jenis kepribadian yang kerap dijadikan untuk tes psikologi.

Hippocates membagi jenis-jenis kepribadian menjadi 4 bagian, diantaranya ialah Plegmatis, Koleris, Sanguinis, dan yang terakhir ialah Melankolis. Keempat jenis kepribadian ini terinspirasikan dari empat elemen, diantaranya ialah api, air, tanah, dan yang terakhir ialah udara yang memiliki sifat panas, dingin, kering dan basah.

Kemudian keempat sebutan ini dikenal oleh orang-orang dengan nama atau sebutan Four TemperamentsFour Temperaments ini ialah salah satu jenis kepribadian yang mengartikan bagaimana cara orang berfikir, berprilaku dan merasakan.

Nggak usah terlalu lama-lama kita berbincang-bincang disini, yuk langsung saja kita simak penjelasan yang menjelaskan tentang jenis-jenis kepribadian manusia. Berikut dibawah ini berbagai macam jenis-jenis kepribadian pada seseorang.

A. Jenis Sanguinis (Populer)

tes kepribadian
isigood.com

Sanguinis adalah jenis kepribadian yang sangat terbuka dari jenis kepribadian lainnya. Biasanya seseorang yang mempunyai jenis kepribadian ini maka dirinya akan mempunyai sifat spontan, antusias, optimis, semangat, mudah bergaul, senang untuk mencari persoalan baru atau hal-hal baru, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.

Dia lebih senang berbicara dan gampang juga untuk menyesuaikan diri ketika dia sedang berbicara dengan lawan bicaranya, maka sudah tidak herankan lagi jikalau orang seperti ini disebut sebagai sebutan orang yang terbuka.

Seseorang yang memiliki jenis kepribadian sanguinis umumnya mempunyai ekspresi wajah  yang sangat ramah dan juga hangat. Mereka ini tidak akan tahan lama untuk tidak kenalan dengan orang-orang yang memang masih asing dipandangannya.

Bukan hanya itu saja, mereka juga orang-orang yang mempunyai jenis sanguin didalam kepribadiannya jarang sekali menyesali atau menangisi masa lalunya dan juga tidak akan terlalu mengkhawatirkan masa depan. Merela lebih ingin untuk menikmati hari-hari yang sudah dilewatinya dengan penuh rasa kegembiraan.

Kelemahan dari jenis kepribadian sanguinis ini gemar membesar-besarkan suatu persoalan. Bukan hanya itu saja, mereka juga sangat susah sekali untuk berdiam diri, malahan ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan saja sangat mudah sekali untuk dikendalikan oleh orang lain, lemah juga dalam berkonsentrai, dan kerap menguasai suatu pembicaraan malahan hingga berani menyela perkataan orang lain serta tidak mau mendengarkan sampai beres.

Namun ada nilai tambahannya jugauntuk orang-orang yang memiliki jenis sanguinis didalam kepribadiannya, biasanya orang-orang yang memiliki jenis sanguinis didalam kepribadiannya dia sangat kreatif sekali di suatu bidang dan juga memiliki potensi tinggi untuk menjadi suatu seniman yang handal.

Mereka mempunyai kemahiran untuk menghibur seseorang yang lagi sedang sedih. Persoalan ini akan nampak lebih baik lagi apabila mereka menentukan suatu pekerjaan yang setara dengan kemahiran atau kemampuannya.

Mereka ini sangat cocok untuk mendalami pekerjaan yang bergelut di dalam bidang pemasaran, seni, fashion, pariwisata, kuliner, atau di dalam bidang olahraga.

B. Jenis Kepribadian Plegmatis ( Orang yang Cinta Damai)

tes kepribadian
notepam.com

Plegmatis adalah salah satu jenis orang yang tertutup dan juga orang yang sangat pendiam. Umumnya mereka sangat menyenangkan dan juga simpatik. Mereka jarang sekali untuk memberitahukan ide-ide yang mereka miliki karena sangat khawatir sekali akan melukai orang lain.

Orang yang memiliki jenis kepribadian plegmatik ini bisa dikatakan sebagai orang yang sangat baik, sensitif dan juga manis.

Orang yang memiliki kepribadian Plegmatis umumnya sangat lucu karena ia mempunyai selera guyonan atau humor yang baik. Karena didalam dirinya mempunyai sifat “ketidak enakan terhadap orang lain”, mereka kerap sekali dijuluki dengan sebutan “orang yang cinta damai”.

Karena dengan memiliki sifat seperti ini, mereka dapat dijadikan sebagai teman atau sahabat yang sangat menyenangkan. Orang dengan jenis Plegmatis ini juga condong kepada tipe orang yang tenang, tidak gampang emosi, tidak juga memperlihatkan perasaannya walaupun ia sedang marah dengan seseorang.

Kelaman seseorang apabila terapadat jenis Plegmatis didalam kepribadiannya ialah kurang antusias, khususnya terhadap ke suatu perubahan. Mereka juga selalu khawatir dan takut, selalu menghindar dari suatu permasalahan, selalu merasa benar ketika ada kesalahan padanya, dan juga terlalu menjadi orang yang pemalu sampai-sampai kurang bergaul dengan orang-orang lainnya.

Biasanya orang-orang yang memiliki jenis Plegmatis di dalam kepribadiannya lebih senang membantu orang lain malahan bergabung ke bagian amal. Oleh karena itu pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk mereka sebaiknya pekerjaan yang ada kaitannya dengan bidang belajar mengajar, psikologi, keperawatan, perkembangan anak, konselilng, dan pelayanan sosial.

C. Jenis Kepribadian Koleris (Kokoh)

tes kepribadian
notepam.com

Koleris ini ialah jenis kepribadian seseorang yang terbuka namun sifat terbukanya itu masih lebih kecil apabila dibandingkan dengan jenis kepribadian sanguinis. Mereka yang termasuk kedalam jenis koleris ini umumnya memiliki sifat apa adanya dan tidak pernah dilebih-lebihkan.

Mereka juga condong lebih aktif, ambisius, selalu bersemangat, cerdas dan sangat suka sekali apabila ada tantangan yang harus ia selesaikan. Bukan hanya itu saja, namun mereka ini mempunyai sifat keberanian yang sangat tinggi dan juga senang dengan yang namanya bersaing dengan yang lainnya.

Koleris adalah jenis kepribadian seseorang yang mana sifat seseorang itu akan lebih condong keras kepala. Mereka juga sangat susah untuk diajak kompromi kecuali persoalan yang akan di kompromikan itu persoalan yang bermanfaat untuk tujuan mereka, karena mereka ini selalu mempunyai tujuan yang jelas untuk semua persoalan.

Umumnya mereka juga gemar sekali mengambil alih dan sangat senang sekali memerintah orang-orang yang berada di sekitarnya tanpa memperdulikan apakah orang itu menyukainya atau membencinya.

Kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh jenis ini ialah mempunyai sifat yang tidak sabar dan juga mudah sekali marah. Mereka juga terlalu rinci, menggemari perdebatan, terlalu kaki, serta tidak suka dengan air mata sehingga seseorang yang memiliki jenis kepribadian koleris ini kerap disebut-sebut sebagai orang yang tidak peka terhadap suatu hal.

Orang-orang seperti ini legih gemar untuk menghabiskan waktunya dengan orang-orang yang satu pemikiran atau satu jalan yang mempunyai daya ketertarikan yang sama dengan mereka. Pekerjaan yang cocok atau ideal untuk orang yang didalam kepribadiannya memiliki jenis kepribadian koleris diantaranya ialah teknologi, manajemen, mesin, statistik, bisnis, dan program.

D. Jenis Kepribadaian Melankolis (Sempurna)

tes kepribadian
harianriau.co

Melankolis ialah jenis kepribadian yang condong dengan mumpunyai sifat ketenangan (tenang), setia, dan juga rapih. Sebenarnya seseorang dengan adanya jenis seperti ini didalam kepribadiannya ialah salah satu orang-orang yang berbakat namun mereka ini justru tidak menyadari adanya bakat itu.

Bukan hanya itu saja, mereka jua termasuk salah satu orang yang selalu berhati-hati dan agak sedikit tertutup. Namun mereka juga salah satu orang yang sangat penyayang, juga setia, dan peduli kepada sesama. Adanya sifat estetis yang dalam membuat mereka semua lebih menghargai seni.

Orang yang memeliki jenis kepribadian melankolis ini lebih kerap putus asa dan juga murung sendirian. Mereka juga termasuk orang-orang yang perfeksionis akan tetapi semua itu kerap membuat mereka jadi mencemooh atau meremehkan diri sendiri walaupun pada kenyataannya mereka telah mengerjakan suatu persoalan dengan sempurna. Karena itulah mereka sering takut dengan kegagalan dan juga menjadi terlalu serius.

Kelemahan atau kekurangan dari jenis melankolis ini ialah lebih condong memandang permasalahan dari bagian atau sisi negatifnya saja. Mereka juga termasuk kedalam golongan orang-orang yang pendendam, gampang merasa bersalah, lebih tertuju kepada cara daripada tujuan, dan juga plin plan apabila tertekan pada keadaan.

Akan tetapi seseorang yang memiliki jenis melankolis didalam kepribadiannya dia adalah sesosok manusia yang berjiwa sosial dan selalu berusaha untuk memberikan bantuan atau sumbangan kepada masyarakat. Pekerjaan yang cocok atau pekerjaan yang ideal untuk seseorang melankolis ini ialah seperti menjadi manajemen, akuntansi, administrasi dan berbagai macam pekerjaan sosial lainnya.

Berikut dibawah ini ialah tes psikologi yang diambil dari situs Psychologi. Selamat mencoba.

Waktunya Untuk Mencoba Tes Kepriadian Anda

tes kepribadian
slidesharecdn.com

Dibawah ini ada 3 macam pertanyaan yang memang wajib kalian jawab guna untuk mengetahui seperti apa kepribadian yang ada didalam diri anda.

1. Bagaimana perasaan kalian apabila mendapati situasi/keadaan yang tidak terduga?

a. Saya sangat benar-benar menggemarinya. Seakan-akan saya mendapatkan kekuatan atau energi dan merasa lebih hidup!

b. Tergantung dengan keadannya.

c. Biasa aja, namun terkadan persoalan itu membuat saya merasa terganggu dan tidak nyaman.

d. Saya sangat terganggu. Saya gemar untuk merencanakan apa yang akan saya kerjakan untuk kedepannya.

2. Apakah kalian termasuk kedalam orang-orang yang spontan?

a. Ya benar, saya sangat senang sekali dengan persoalan yang mendadak.

b. Saya tidak bisa mengatakan bahwa diri saya termasuk kedalam orang-orang yang spontan. Karena saya adalah seorang yang emosional dan kerap untuk berubah pikiran.

c. Saya tidak spontan, namun ketika saya sedang dibutuhkan saya bisa mengambil tindakan dengan cepat.

d. Saya sama sekali tidak spontan. Saya gemar untuk membangun perencanaan dan persiapan yang matang.

3. Apakah kalian termasuk keladam orang-orang yang gampang merasa bosan?

a. Ya benar, pribadi saya cepat sekali merasa bosan. Saya tidak dapat mengerjakan suatu pekerjaan yang sama dalam waktu yang terlalu lama. Saya patut untuk menemukan tempat-tempat baru, mengenal dengan orang-orang baru, dan mengerjakan hal-hal baru lainnya. Apabila tidak dilakukan saya bisa stres.

b. Sangat tidak di duga, saya condong lebih dekat kepada orang-orang dan tempat yang asik. Persoalan inilah yang membuat diri saya terhindar dari kata bosan.

c. Tidak. Saya selalu mengerjakan atau melakukan persoalan yang menarik. Saya tidak bergantung kepada keadaan atau orang lain untuk membuat saya senang. Karena saya mempunyai rencana dan tujuan sendiri. Jadi intinya tidak ada kata bosan didalam benak saya.

d. Saya tidak pernah merasa bosan sedikit pun. Malahan saya masih bisa hidup ditempat yang memang tempat itu sangat kecil dan tanpa adanya hiburan sama sekali dan juga tidak diiringi dengan rasa bosan.

***

Demikianlah penjelasan mengenai tes kepribadian, mudah-mudahan adanya pembahasan ini bisa bermanfaat untuk orang-orang banyak. Terimakasih telah membaca 🙂

Leave a Comment