Teknik Penerangan Film: Cara Membuat Film Anda Terlihat Lebih Sinematik

Proyek pemotretan dengan anggaran terbatas dapat berarti keterbatasan pada perlengkapan Anda. Jadi bagaimana Anda bisa mempertahankan tampilan “sinematik” tanpa truk kubus yang penuh dengan peralatan pencahayaan?

Dalam posting hari ini, kami akan memeriksa apa artinya memiliki tampilan sinematik. Kemudian kami akan memecah beberapa teknik pencahayaan yang dapat dicapai dengan anggaran berapa pun.

Meskipun pencahayaan sinematik didasarkan pada interpretasi kreatif, prinsip-prinsip pencahayaan film ini dapat membentuk dasar dari pilihan kreatif Anda.

Untuk menunjukkan ini, kami telah mengambil beberapa contoh tentang bagaimana para DP (direktur fotografi) terbaik menciptakan efek sinematik spesifik dengan pengaturan pencahayaan mereka sendiri yang bijaksana.

Bersiaplah untuk terinspirasi!

1. Pencahayaan dasar: pengaturan pencahayaan tiga titik

Pencahayaan paling dasar dalam film adalah pengaturan pencahayaan tiga titik. Pencahayaan dari tiga arah membentuk subjek Anda dan membedakannya dari latar belakangnya.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3 Titik – Amelie
Dasar-dasar pencahayaan film: Amelie (2001), menunjukkan sinematografer Bruno Delbonnel menggunakan pengaturan pencahayaan tiga titik.

Untuk mencapai ini, peralatan pencahayaan film Anda harus menghadapi subjek Anda dari tiga arah: depan, belakang dan samping (umumnya).
TERANG KUNCI

Lampu tombol adalah lampu yang paling menonjol dalam bingkai Anda. Jadi, ketika Anda melihat gambar Amelie di atas, Anda akan melihat bahwa bagian kanan layar wajahnya paling cerah. Itulah lampu tombol.
ISI LAMPU

Sederhananya, isi lampu mengisi bayangan bingkai Anda. Anda akan melihat bahwa bagian kiri layar dari wajah Amelie dalam bayangan, tetapi dengan fitur-fiturnya masih terlihat jelas. Itu adalah cahaya isi di tempat kerja.
KEMBALI CAHAYA

Lampu belakang memberi cahaya tepi ke bagian belakang subjek Anda. Seringkali, cahaya latar memotret dari sudut yang lebih tinggi. Anda dapat melihat bahwa Amelie memiliki garis cahaya di sepanjang bahu dan tengkuknya.

Anda biasanya ingin mengapit kamera Anda dengan kunci dan mengisi lampu, berjarak sekitar 60 derajat pada sumbu dari kamera Anda.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3 Titik – StudioBinder
Teknik pencahayaan dasar: Pencahayaan Belakang, Kunci, dan Isi yang diatur di sekitar kamera.
TEKNIK PENCAHAYAAN FILM
2. Jenis pencahayaan sinematik dalam film

Setiap sinematografer adalah seorang seniman yang membuat keputusan kreatif tentang bagaimana membimbing mata penonton dalam bingkai menggunakan peralatan pencahayaan. Aplikasi mereka luas, tetapi interpretasi kreatif mereka adalah apa yang membuat pencahayaan mereka sinematik (atau tidak).

Aperture baru-baru ini menerbitkan panduan bermanfaat yang menunjukkan contoh-contoh jenis keputusan yang diambil sinematografer setiap hari. Mereka termasuk:

Alat peraga dan elemen adegan mana yang harus ditekankan
Perspektif siapa kita melihat adegan melalui, dan berapa banyak cahaya mereka harus bisa melihat
Bagaimana karakter berbeda satu sama lain dalam bingkai
Emosi mana yang diekspresikan melalui kekerasan cahaya, atau warnanya

Masing-masing keputusan ini kemudian direalisasikan secara teknis dengan merencanakan dan melaksanakan pengaturan pencahayaan untuk menciptakan efek yang diinginkan. Tetapi sinematografer harus memimpikan apa efek ini sebelum membuat peralatan pencahayaan.
TEKNIK PENCAHAYAAN FILM
3. Pencahayaan film lembut

Ketika berbicara tentang bagaimana sebuah adegan harus dirasakan secara emosional, satu hal yang sering dirujuk oleh sinematografer adalah seberapa keras atau lembut pencahayaan yang seharusnya.

Kekerasan atau kelembutan cahaya menyangkut seberapa besar sumber cahaya, dan bagaimana hal itu memengaruhi bayangan pada subjek Anda.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3-Titik – Gelisah
Penerangan film lembut di eksterior sehari dari sinematografi Harris Savides in Restless
CAHAYA KUNCI YANG TINGGI

Ini adalah efek yang dibuat dengan meninggikan lampu tombol dan menggunakan lampu isi dengan murah hati. Ini membuat pencahayaan tetap terang dan seimbang dalam bingkai Anda, membuat hampir tidak ada bayangan. Ini menyeimbangkan pencahayaan dari objek ke objek di bingkai Anda – yang dikenal sebagai rasio pencahayaan Anda.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3-Titik – The Hobbit
Penerangan film utama di The Hobbit
LIGHTING OVERHEAD DIFUSI

Anda dapat melunakkan sumber cahaya dengan bahan difusi seperti gel atau lentera Cina untuk mengurangi bayangan. Ini bagus untuk close-up percakapan.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3 Titik – Tenang
Lentera Tiongkok menyalakan close-up di The Quiet ini. Sinematografi oleh M. David Mullen.
TEKNIK PENCAHAYAAN FILM
4. Pencahayaan film yang keras

Sebaliknya, sumber cahaya yang lebih kecil, termasuk sinar matahari yang cerah, akan meningkatkan bayangan pada subjek Anda. Secara konservatif, ini harus dihindari. Tetapi itu juga dapat menciptakan efek dramatis, seperti yang dipopulerkan dalam film klasik noirs, yang menampilkan karakter yang mencurigakan dan mudah berubah.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3 Titik – Blade Runner

KICKER LIGHT DENGAN ISI LEMBUT

Dalam efek ini, lampu belakang mengenai sisi wajah subjek Anda. Itu dapat membuat tepi cahaya malaikat, sementara cahaya mengisi sangat lembut membuat wajah diterangi dengan lembut.
Teknik Pencahayaan Film – Northfork Angel Scene
Calon malaikat menerima cahaya kicker malaikat di Northfork. Sinematografi oleh M. David Mullen.
RINGAN KUNCI RENDAH

Pencahayaan tombol rendah mengacu pada meminimalkan, atau menghilangkan, cahaya pengisian bidikan Anda sehingga sengaja dibayangi. Ini dapat membuat efek dramatis, mencurigakan, atau bahkan menakutkan.
Teknik Penerangan Film – Pencahayaan 3 Titik – Fight Club
Di antara jenis pencahayaan dalam film, pencahayaan kunci rendah sangat bagus untuk mengekstraksi misteri dari bidikan.
TEKNIK PENCAHAYAAN FILM
5. Pencahayaan termotivasi

Ketika sinematografer menyalakan satu set, mereka selalu bertanya pada diri sendiri dari mana, dalam adegan itu, cahaya itu berasal.

Mereka mungkin, misalnya, memilih untuk mengambil lampu praktis yang sudah ada di lokasi dan meningkatkan efeknya. Ini adalah pencahayaan yang termotivasi.
Sinematografer pemenang Oscar Roger Deakins dikenal karena pilihan pencahayaannya yang termotivasi. Pertimbangkan bidikan ini dari karyanya tentang The Assassination of Jesse James oleh the Coward Robert Ford:

Seperti yang Anda lihat, pencahayaan dalam adegan ini dimotivasi oleh lentera yang dibawa oleh para aktor. Ketika pencahayaan termotivasi dilakukan dengan benar, audiens tidak menyadari kecerdasan di tempat kerja.

Sering kali, menggunakan lampu dan soket lampu yang ada di sekitar set dapat digunakan untuk menyalakan adegan. Ini disebut sebagai pencahayaan praktis, dan sangat berguna ketika Anda perlu mengungkapkan bagian luas dari set, atau bergerak di sekitarnya dalam waktu yang lebih lama.

Ini adalah kasus di adegan restoran di Moonlight. Dalam sebuah wawancara untuk TIFF Originals, DP James Laxton berbicara tentang bagaimana dia menggunakan pencahayaan set praktis untuk menjaga lokasinya agar terlihat dalam bingkai lebar.

6. Pencahayaan film alami

Pencahayaan film natural mengacu pada penggunaan dan modifikasi cahaya yang sudah tersedia untuk Anda di lokasi Anda.

Sebelum Anda memotret, Anda dapat membawa kamera Anda ke lokasi untuk melihat seberapa baik cahaya alami bertahan. Anda dapat memutuskan dari sana bagaimana lampu tambahan apa yang mungkin Anda butuhkan, atau bagaimana Anda menyesuaikan cahaya. Misalnya, Anda dapat menggunakan papan pantulan untuk memantulkan cahaya, atau bendera hitam untuk memblokirnya.
Sinematografer Emmanuel Lubezki memaksimalkan pencahayaan film natural pada karya Alejandro Inarritu’s The Revenant. Wawancaranya dengan GoldDerby adalah primer yang bagus untuk menemukan dan mengendalikan cahaya yang tersedia di lokasi pemotretan di luar ruangan.

Leave a Comment