Informasi Lengkap Tentang Desain Taman Minimalis Terbaru

Taman Minimalis – Pastinya setiap orang mempunyai keinginan untuk mempunyai taman yang asri dan hijau. Selain juga bagus untuk ketika melihat sesuatu yang hijau, taman minimalis juga berfungsi untuk menghadirkan udara segar di sekitar rumah.

Dengan membuat taman minimalis, kita juga berperan dalam penghijauan lingkungan dimana saat sekarang bumi kita ini dalam kondisi memprihatikan.

Saat sekarang ini, untuk sejumlah rumah sudah termasuk hal wajib untuk dibuatkan taman di terasnya. Andaikan ukuran halaman anda kecil, tidak perlu risau lagi. Siapa pun tentunya mampu untuk mempunyai taman idaman asalkan mau mengeluarkan kekreatifitasannya masing-masing.

Apabila ukurannya tidak terlalu besar dan diharuskan tetap terlihat indah dan pas, lalu bagaimana cara mendesain taman minimalis? Terkait cara bagaimana membuat taman minimalis idaman, tentunya menurut masing-masing selera orang. Sebenarnya disekitar kita ini banyak sekali contohnya bagaimana menempatkan taman minimalis.

Mungkin di setiap daerah tentunya terdapat perumahan elit, nah dari beberapa perumahan elit tersebut pastinya terdapat taman yang biasanya dipakai untuk berkumpul bersama keluarga.  Contohnya lagi yang bisa anda jadikan referensi yaitu perumahan para pejabat yang terletak di balai kota, tentunya juga ada tamannya.

Ketika memang benar-benar ingin membuat taman, maka ada hal-hal yang perlu kita rencanakan dan kita siapkan. Diantaranya yaitu seperti kita memperhitungkan dan menyiapkan berapa jumlah bahan atau material supaya taman minimalis kita tidak hanya mempunyai sisi kegunaan saja, akan tetapi juga sisi keindahan.

Selanjutnya juga dengan ukuran yang seadanya dari sisa bagian rumah taman kita hendak ditanami tanaman apa saja dan bagaimana pula untuk penataannya supaya tampak lebih bagus.

Sebenarnya tanpa harus keras berfikir dan berusaha kita bisa untuk mendesain taman minimalis. Misalnya taman kita  bisa diaplikasikan dengan konsep penghijauan penuh seperti penanaman pohon buah seperti jeruk, apel, dan kelengkeng untuk pemanis, kemudian juga bisa dikasih rerumputan hijau. Tambah bagus lagi jika ada dana lebih, kita tempatkan gazebo berukuran kecil pada sisi pojok taman.

Selain akan membuat kenyamanan ketika berkumpul bareng keluarga, taman minimalis juga akan memberikan efek menyegarkan.

Pada kesempatan kali ini admin akan menunjukkan daftar contoh taman minimalis yang rancangannya didasarkan pada luas dan kondisi lahan. Baiklah langsung saja berikut ini informasinya.

Tips Membuat Desain Taman Minimalis

Berikut ini adalah beberapa tips yang akan admin bagikan terkait hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat taman minimalis yang indah:

Luas lahan

Salah satu yang perlu menjadi perhatian yaitu mempertimbangkan luas lahan. Apabila lahan berukuran luas, tentunya kita akan leluasa menanam banyak tanaman atauupun meletakkan beberapa ornamen. Demikian juga, tentunya kita tidak akan bisa membuat desain taman rumah minimalis bilamana tidak sesuai dengan luas lahan yang kita punya. Maka perlu bagi kita untuk pandai mengaturnya ketika ternyata ukuran lahan terbatas.

Nah, anda tidak perlu khawatir ataupun risau karena beberapa desain taman minimalis yang akan kami tampilkan ini dapat diterapkan bagi mereka yang merasa lahan yang dimilikinya termasuk berukuran sempit.

Salah satu caranya yaitu untuk area lahan yang hendak dibuatkan taman, kita bisa meletakkan beberapa tanaman berukuran kecil. Walaupun begitu, taman kita akan menjadi rusak bilamana diberikan banyak tanaman karena terlalu rindang, jadi kita cukup menempatkan secukupnya saja.

Sebenarnya ada cara supaya lahan yang kita jadikan taman lebih efisien dalam peletakannya, salah satunya yaitu dengan penanaman hidroponik. Penerapannya yaitu dengan penggunaan pipa. Kita siapkan beberapa pipa, kemudian Pipa-pipa tersebut kita susun dengan rapi dan dipercantik dengan cat, berikutnya lagi pipa-pipa tersebut kita jadikan sebagai media penanaman tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan. (Untuk cara penanaman hidroponik yang lebih lengkap, anda dapat mengunjungi hidroponik.pro)

Nah dari situ kita dapat menyimpulkan bahwasanya pembuatan taman tidak harus di lahan yang berukuran luas, Cukup dengan lahan yang berukuran kecil, kita tetap bisa membuat tampilan taman lebih cantik dan indah.

Tata Letak Tanaman

Salah satu hal yang sangat berpengaruh pada sisi kerapian dan keindahan tanam minimalis itu sendiri yaitu terkait penataan tanaman. Dalam desain taman minimalis, Ada hal-hal yang harus jadi perhatian utama supaya hasilnya tidak mengecewakan. Dengan begitu kita tidak akan semaunya sendiri meletakkan tanaman di lahan yang berukuran sempit.

Tema Taman yang Sesuai

Sebenarnya Kita bisa memilih banyak berbagai referensi tema yang ada di berbagai sumber salah satunya yaitu internet. Ada berbagai jenis tema yang dapat kita pilih diantaranya yaitu modern, tradisional, klasik, dan gaya tropis. Masing masing perbedaannya mungkin pada jenis tanaman yang dipilih dan peletakannya.

Salah satu referensi yang direkomendasikan yaitu model atau tema taman minimalis dengan adanya tanaman gantung yang ditempatkan di pipa-pipa kecil yang indah. Tema tersebut sangat cocok sekali untuk lahan yang berukuran sempit.

Jenis Tanaman

Supaya tidak repot dan melelahkan dalam pembuatan taman rumah minimalis, ada baiknya kita perlu memperhatikan dan mempertimbangkan jenis tanaman apa yang hendak kita pilih. Pertimbangan tersebut bisa diantaranya seperti segi ukuran, segi kegunaan dan segi tampilan.

Nah, disarankan supaya kita terlebih dahulu menulis daftar atau list jenis tanaman yang cocok untuk ditanamkan di lahan kita yang sempit. Dengan begitu ketika kita sudah sampai di toko tanaman, kita sudah punya list tanaman apa saja yang hendak dibeli, jadi tidak harus bingung lagi untuk memilih tanaman mana yang sesuai.

Saluran Air Taman (Drainase)

Ketika datang musim hujan, biasanya air tergenang di mana-mana dan tidak ada area penyerapan air yang baik, salah satunya Mungkin kebanyakan dari kita seringnya memasang paving di semua lahan taman.

Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwasanya taman kita ini belum termasuk dari  taman yang mempunyai sistem saluran air yang lancar, dan herannya kebanyakan hal ini sering diabaikan bagi sebagian orang.

Berikut ini admin akan memberikan beberapa referensi taman minimalis bagi rumah anda yang daat diterapkan di lahan baik yang ukurannya luas ataupun sempit.

Area Hijau

Supaya tidak menghalangi orang yang akan melewati jalan setapak, supaya lebih baiknya area hijau di lahan yang sempitnya dikasih pembatas. Walaupun begitu, agar fungsinya tetap dirasakan sebagai penyegar tampilan rumah, maka area ini tetap diusahakan tetap menonjol kehijauannya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan diantaranya yaitu untuk tanaman yang ditempatkan di pot-pot yang bahannya dari beton kita tempatkan lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah.

Tanaman

Untuk halaman belakang supaya tampak lebih indah dan menarik, alangkah bagusnya kita kasih tanaman dalam pot atau miniatur taman.

Tempat Berteduh

Salah satu cara supaya bagaimana lahan sempit bisa menjadi taman yang indah dan menarik yaitu dengan pengaturan estetika. Suatu taman yang hijau akan tambah asri apabila kita kasih tempat untuk berteduh. Banyak sekali fungsi dari tempat berteduh itu, seperti berkumpulnya keluarga dan untuk bersantai.

Salah satu tempat berteduh yang biasa dipakai orang pada umumnya yaitu gazebo.

Tanaman Rambat

Ada banyak keuntungan yang anda dapatkan ketika menanam tanaman rambat di taman anda. Beberapa keuntungannya yaitu untuk perawatan dan penanganannya sangat mudah dan tidak menghabiskan luas lahan.

Tanaman Kecil Pintu Depan

Kita tidak harus melulu untuk membuat taman hanya pada area-area itu saja, nyatanya kita dapatkan memanfaatkan area disekitar lahan seperti pintu masuk rumah, teras dan halaman depan.

Dengan begitu ketika kita lewat atau ada tamu yang sedang berkunjung bisa merasakan kesegaran yang dihasilkan dari taman mini tersebut.

Kombinasi sejumlah Elemen

Kita bisa manfaatkan berbagai bahan yang ada di sekitar kita diantaranya yaitu batu, tanaman, kayu dan sebagainya. Supaya taman terlihat tampak rapi dan indah, maka anda harus memutuskan di mana akan diletakkan elemen-elemen tersebut.

Taman Vertikal

Nah, bagi kita yang mempunyai lahan yang terbatas, taman vertikal ini bisa dijadikan solusi yang tepat. Apabila anda tidak sempat untuk membuat media tanam taman vertikal, maka anda bisa manfaatkan dinding-dinding belakang rumah sebagai media taman pot-pot bunga

Furnitur Yang Serasi

Supaya taman memenuhi fungsi sesuai apa yang anda inginkan, disarankan anda memilih furnitur yang sesuai. Anda bisa menempatkan furnitur-furnitur tersebut yang di sekeliling taman, supaya tampak lebih enak dipandang.

Tata Lampu

Taman juga harus difungsikan ketika memasuki waktu malam. Suatu taman akan lebih indah apabila difungsikan di malam hari terlebih lagi ketika anda sedang mengadakan pesta. maka dari itu penting bagi anda untuk mengatur tata dan efek pencahayaan lampu.

Tetapkan Titik Pusat Taman

Biasanya ketika orang mengunjungi taman kita, maka mereka akan mencari titik pusatnya. Maka dari itu anda harus menentukan titik pusat apa. Dengan penempatan titik pusat yang pas, maka taman akan terlihat keindahannya. Ada banyak benda yang bisa anda jadikan sebagai titik pusatnya seperti kolam, pohon besar atau  sebagainya.

Tinggi Rendah

Agar pemandangan lebih merata, maka kita juga harus memperhatikan tinggi rendahnya bagian atau komponen taman mini kita. Penerapannya seperti penanaman tanaman yang bervariasi ketinggiannya satu dengan yang lain. Pada gambar di atas dapat anda lihat dengan adanya tanaman yang tinggi dan rendah dan ditata secara bergerombol, area hijau yang sempit bisa kelihatan lebih lebar.

Merah di Tengah Hijau

keunikan akan datang apabila terdapat warna yang berbeda dengan kelompok warna yang sama. Pada gambar di atas terdapat sekelompok tanaman yang berwarna hijau kemudian ada yang tampak kontras yaitu warna merah.

Tanaman Bunga di Dekat Dinding

Biasanya kita merasakan kesan kaku dan sempit ketika melihat dinding. nah supaya kesan tersebut hilang, maka kita bisa menanam beberapa tanaman bunga ataupun semak pada dinding-dinding tersebut supaya tidak terlihat sempit.

Manfaatkan Kondisi Sekitar

Untuk kita yang tinggal di tempat yang kelihatannya susah untuk dibuatkan taman minimalis, sebenarnya kita bis memanfaatkan kondisi sekitar kita. Carilah bagian gedung yang belum digunakan, contohnya ruang terbuka untuk dimanfaatkan menjadi taman yang menarik

Desain Taman Minimalis

Berikut ini adalah daftar gambar desain taman minimalis yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk taman idaman anda. Silahkan dilihat-lihat.

Desain taman Minimalis Lahan Sempit

desain taman minimalis
inspirasipakde.com

Gambar taman di atas benar benar menarik sekali, tampak begitu minimalis dengan memanfaatkan ruang semaksimal mungkin. Pada tembok-tembok ditempatkan beberapa tanaman supaya tidak terlihat sempit-sempit amat.

desain taman minimalis

Bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak dana untuk pembuatan taman, gambar di atas bisa anda jadikan sebagai referensi. Cukup beberapa jenis tanaman saja dan satu buah pot yang ada airnya, sudah cukup indah tampilannya.

desain taman minimalis depan rumah
inspirasipakde.com

Untuk halaman depan rumah bisa dijadikan taman yang menarik. Ketika orang lewat depan rumah kita, maka mereka akan merasa kagum dan ingin untuk mempunyai taman yang serupa. Selain membuat rumah tampak lebih hijau, taman minimalis depan rumah juga berfungsi untuk pemasok oksigen sebagai pencegah polusi yang mana biasanya datang polusi dari jalan raya depan rumah.

taman minimalis lahan sempit
renovasi-rumah.net

Ternyata lahan yang lumayan sempit pun bisa didesain sedemikian rupa. Dengan penataan yang pas, maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Taman di atas benar-benar cocok untuk tempat bagi pasangan yang ingin mendapatkan suasana yang romantis.

Walaupun lahannya berukuran terbatas, nyatanya ketika kita mengamati, taman tersebut seolah-olah tidak sempit-sempit amat. Salah satu kenapa demikian dikarenakan pada tembok-tembok tersebut ditutupi dengan tumbuh-tumbuhan atau semak sehingga keberadaan tembok kurang disadari.

desain taman minimalis terbaru
via blogspot.com

Bagi anda yang tidak mau memiliki taman yang terlihat begitu hijau atau ramai, contoh gambar desain diatas mungkin cocok untuk anda. Ukuran tumbuhan yang tidak terlalu tinggi dan beberapa tumbuhan jenis rambat yang terdapat pada tumbuhan tersebut membuat kesan yang lapang dan seperti di kolam. Ditambah lagi dengan batu karang lebih memperkuat kesan tersebut.

Untuk ukuran lahan yang sempit, ada baiknya untuk mengurangi tanaman yang lebih menonjol untuk tampilannya saja. Berarti anda harus memprioritaskan tanaman yang menurut kegunaannya saja.

Tanaman rambat merupakan contoh yang cocok untuk anda jadikan tanaman di taman mini anda. Dengan ukurannya yang kecil tentunya menghemat ukuran lahan anda, sehingga bisa dimaksimalkan untuk komponen yang lain.

Taman Minimalis Depan Rumah

taman minimalis depan rumah
via blogspot.com

Untuk anda yang memiliki garasi untuk sepeda motor ataupun mobil, tidak perlu bingung apabila berencana untuk mempunyai taman depan rumah. Cukup pada area pinggir rumah saja sudah bisa dijadikan taman yang menarik. Selain ditanami dengan tanaman mini, anda juga bisa menambahkan benda atau ornamen lainnya seperti tempat air mancur, sehingga seolah-olah taman tampak terlihat hidup.

taman minimalis depan rumah
via blogspot.com
taman minimalis depan rumah
via blogspot.com
taman minimalis depan rumah
via blogspot.com

Untuk anda yang mempunyai cukup lahan yang luas, tidak ada salahnya untuk mencoba gambar desain taman minimalis diatas. Dengan adanya terowongan yang terbuat dari kayu tersebut tentunya akan membuat orang yang hendak berkunjung ke rumah kita terpesona dan merasa ada yang unik. Dan juga pada pinggiran terowongan tersebut ditanami dengan bunga atau tumbuhan yang berukuran yang banyak.

taman minimalis depan rumah
fotorumahidaman.com
taman minimalis depan rumah
via blogspot.com

Taman diatas benar-benar menarik dan sangat mempesona. Dengan tata letak tanaman yang dilakukan di pinggir-pinggir pagar benar-benar membuat siapapun yang melihatnya terpesona. Setidaknya anda siapkan satu area atau lahan depan rumah yang berbentuk persegi, kemudian ditanami rumput dan pada bagian pinggir ditanami tanaman seperti pada gambar di atas.

taman minimalis depan rumah
via blogspot.com

Desain taman pada gambar tersebut benar-benar cocok bagi anda yang menginginkan nuansa serba hijau atau rindang. Hampir seluruh bagian ditanami tumbuhan mulai dari pinggir rumah bahkan hingga tiang-tiangnya ditanami dengan tanaman menjalar.

desain taman minimalis depan rumah
desainrumahminimalis.com

Taman Minimalis Belakang Rumah

taman minimalis depan rumah
desainrumahminimalis.com
desain taman minimalis belakang rumah
via blogspot.com
taman minimalis belakang rumah
via blogspot.com
taman minimalis belakang rumah
via blogspot.com
taman minimalis belakang rumah
taman minimalis belakang rumah
taman minimalis belakang rumah
dekorrumah.net
taman minimalis belakang rumah
inspirasipakde.com
taman minimalis belakang rumah
renovasi-rumah.net

Desain Taman Minimalis ada Kolam

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, luas lahan termasuk dari pertimbangan kita. Penambahan komponen kolam ikan sendiri sebenarnya dikhususkan bagi mereka yang mempunyai lahan yang cukup luas. Walau begitu tetap ada desain kolam untuk taman mini khusus lahan yang sempit.

taman rumah minimalis ada kolam
rumahminimalismedia.com
taman rumah minimalis ada kolam
fotorumahidaman.com
taman rumah minimalis ada kolam ikan
Desain taman kolam ikan minimalis
taman rumah minimalis ada kolam
i1.wp.com
taman rumah minimalis ada kolam
idenahrumah.com
taman rumah minimalis ada kolam
via blogspot.com
taman rumah minimalis ada kolam
desainrumahmoderen.com
taman rumah minimalis ada kolam
via blogspot.com
taman rumah minimalis ada kolam
via blogspot.com

taman rumah minimalis ada kolam taman rumah minimalis ada kolam taman rumah minimalis ada kolam taman rumah minimalis ada kolam taman rumah minimalis ada kolam

Demikianlah artikel tentang desain taman minimalis  untuk lahan sempit, luas, depan rumah, belakang rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment