Sejarah Internet Indonesia & Bagaimana Internet Harusnya Gratis

Sejarah Internet – Kemajuan zaman membuat semua orang harus bertindak cepat dapat menghadapi perubahan. Salah satu hal yang membuat kemajuan zaman ini semakin kompleks adalah dengan adanya internet. Namun apakah Anda tahu bagaimana awalnya internet ada. Mari kita bahas sejarah internet, manfaat internet, hingga bagaimana penjelasan internet harusnya gratis berikut ini.

Pengertian Internet

Image result for internet
sumber: NewsClick.in

Kata internet adalah kependekan dari kosakata Interconnection Network atau di dalam bahasa Indonesia, bisa kita sebut dengan sistem jaringan komputer yang saling terhubung dengan cakupan global.  Secara bahasa, Internet sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “inter” yang berarti “antara”.

Hingga sekarang ini, Internet adalah sebuah jaringan yang saling terhubung yang terdiri dari milyaran komputer yang terdapat di penjuru dunia. Internet melibatkan beraneka macam jenis komputer dengan topology jaringan yang berbeda-beda pula di mana hal ini belum pernah diduga sebelumnya bahwa sejarah internet memiliki peran vital di dalam kemajuan zaman.

Ketiak melakukan pengaturan integrasi serta komunikasi jaringan, diperlukan standar protokol internet atau sering disebut dengan TCP/IP. TCP ini nantinya akan berfungsi untuk memastikan bahwa semua jenis koneksi bekerja dengan baik. Untuk IP sendiri, mempunyai tugas untuk melakukan transmisi paket data dari satu komputer menuju ke komputer yang lainnya.

Sejarah Internet

Image result for internet
sumber: tech.com.pk

Internet awalnya adalah sebuah jaringan komputer yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Penciptaan internet ini diawali dengan sebuah proyek dari ARPA yang disebut ARPANET dengan kepanjangan Advanced Research Project Agency Network.

Hasik temuan dari ARPA ini mendemonstrasikan tentang bagaimana hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Di mana ketika itu mulai mereka sadari bahwa manusia mampu untuk melakukan komunikasi secara jarak yang sangatlah jauh dengan memanfaatkan saluran telepon.

Sejarah Internet di Dunia

Image result for internet
sumber; itsguyswa.com.au

Proyek dari ARPANET ini merancang berbagai macam bentuk jaringan, kehandalan dari internet, dan analisa seberapa besar informasi yang mempunyai potensi sangat besar ini dapat dipindahkan. Semua standar yang mereka tentukan nantinya akan menjadi cikal bakal di dalam pembangunan sebuah protokol baru di mana sekarang disebut TCP/IP..

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.
Awalnya Departemen Pertahanan Amerika atau disebut juga dengan US Department of Defense. Di mana mereka membuat sebuah sistem jaringan komputer dan melakukan penyebaran jaringan ke wilayah-wilayah yang vital.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya sebuah informasi yang hanya terpaku di dalam satu tempat saja, di mana apabila terjadi perang akan rawan dan mudah untuk dihancurkan.

Di awal ARPANET berdiri, hanya ada  4 situs saja yang dihubungkan, yaitu Stanford Research InstituteUniversity of Utah, University of California, serta Santa Barbara. Mereka membentuk sebuah jaringan terpadu pada tahun 1969.

ARPANET diperkenalkan secara umum pada bulan Oktober 1972. Namun diluar dugaan, perkembangan jaringan cikal bakal dari internet ini berlangsung sangat pesat. Jaringan dengan sistem yang sama seperti inipun akhirnya berkembang dengan begitu cepatnya.

Hampir seluruh Universitas di Amerika hendak bergabung, yang menyebabkan ARPANET merasa kualahan dengan gelombang gabungan banyak ini.

Dengan banyaknya yang ingin menerapkan sistem internet ini, akhirnya pihak ARPANET membuat kebijakan dengan memecahnya menjadi dua, yaitu “MILNET” yang dikhususkan untuk keperluan militer sedangkan “ARPANET” dengan konsep yang baru untuk kepentingan non-militer seperti, atau lebih khususnya untuk Universitas-universitas.

Dari sinilah akhirnya kedua jaringan ini dinamakan dengan DARPA Internet, yang kemudian lebih disederhanakan lagi dengan sebutan Internet.

Sejarah Internet di Indonesia

Onno W. Purbo.
sumber: kompas.com

Sejarah Internet di Nusantara secara umum diawali dengan merujuk pada disertasi Merlyna Lim. Di mana ketika ia pernah belajar di Universitas Twente, Belanda.

Lim menyebut, awalnya Internet di Indonesia muncul di tengah-tengah para akademisi. Jaringan Internet ini awalnya sedang diteliti oleh para mahasiswa di Universitas Indonesia. 

Koneksi Internet yang pertama di Indonesia diketahui dilakukan oleh Joseph Luhukay  di mana ketika itu tahun 1983 yang melakukan pengembangan jaringan UINet (University of  Indonesia Network) yang masih berlokasi di Universitas Indonesia. 

Pada sejarah internet di Asia, tercatat sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan jaringan Internet secara global saat itu UINet yang masih dalam proses pengembangan Luhukay secara resmi terjadi koneksi dengan jaringan Internet global di mana ketika itu masih bernama UUNet di tahun 1984.

Lim juga membuat sebuah catatan bahwa ada seorang tokoh yang juga berperan penting di tengah perkembangan Internet di Indonesia. Onno Purbo adalah sosok yang sangat berjasa di dalam melakukan aktivitas pengembangan koneksi dan jaringan Internet yang berada di Nusantara.

Berbarengan dengan rekan-rekannya yang merupakan para pelaku pehobi eksplorasi radio amatir, Onno berusaha melakukan pengembangan jaringan komputer melalui media frekuensi radio yang ketika itu merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat efektif pada tahun 1993. 

Onno dan teman-temannya pada masa itu bertekad untuk mencari cara untuk dapat melakukan aktivitas komunikasi murah tanpa memerlukan jaringan Telkom yang pada masanya mampu untuk memonopoli dunia industri khususnya dalam telekomunikasi di negara Indonesia ini.

Onno mulai untuk menyebarluaskan atau mempublikasikan berbagai artikel tutorial di dalam  memulai jaringan telekomunikasi dengan basis internet yang dinilai lebih murah.

Pasca Internet muali berkembang di Indonesia, melakukan aktivitas penelitian dibarengi dengan hobi yang mendominasi penggunaan Intenet di Indonesia-pun bergeser menuju ke ranah pengiklanan atau komersil.

 Hal itu diawali dengan PT Indo Internet yang kemudian berdiri sebagai Internet Service Provider (ISP) yang paling ketika itu merupakan yang pertama di negara kita Indonesia yang berdiri tepatnya pada bulan September 1994. 

Pasca Indonet berdiri, maka muali bermunculanlah para Perusahaan ISP di tahun 90-an diantaranya yaitu PT  Wasantara Network di maan perusahaan ini hasil pengembangan dari PT Pos Indonesia di tahun 1996,  Rahardjasa Internet atau (Radnet) yang berdiri pada tahun 1995, IndosatNet yang juga bediri pada tahun 1996, dan yang terakhir menyusul adalah Telkomnet yang berdi pada tahun 1998. 

Perkembangan internet kala itu mulai terjadi kemajuan secara perlahan. Di tahun 1998 saja, menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang disingkat APJII. Orang yang berlangganan dengan ISP di semua Nusantara ketika itu tercatat berjumlah 138.000 orang di mana perkiraan orang yang menggunakan Internet di masa itu sebanyak 512.000 pengguna. 

Tetapi ternyata ISP bukanlah satu-satunya faktor penyebab perkembangan Internet yang mulai menyebar luas di seluruh Indonesia. Karena pada saat itu akses internet dengan ISP hanya dapat diakses oleh kelompok dengan strata sosial ekslusif di masyarakat yang mempunyai komputer dan juga berkewajiban membayar tagihan telfon.

Menurut Lim, faktor yang membuat Internet semakin menjamur di Indonesia ketika itu adalah karena mualai banyak dijumpainya warnet (warung Internet) yang dimulai pada tahun 1996.

Kehadiran warnet ini terasa sebagai anginsegar bagi banyak kalangan. Karena dengan adanya warnet, seseorang tidak harus mempunyai berbagai macam perangkat dengan koneksinya yang dianggap cukup merepotkan.

Penggunaan Internet ini terasa semakin mudah diakses di mana masyarakat hanya cukup membayar biaya koneksi per jam, dan bahkan mereka tak perlu memiliki komputer atau membayar biaya koneksi telepon di rumah secara individu.

Manfaat Internet

Related image
sumber: lavitadelpopolo.it

Pennggunaan internet mempunyai berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan faktor penyokong pengembangan ini, manfaat internetpun menjadi semakin banyak. Internet mempunyai peran vital bagi banyak perusahaan hingga saat ini.

Berikut ini manfaat Internet yang perlu Anda ketahui:

1. Menambah Wawasan

Related image
sumber: IndiaCelebrating.com

Internet adalah tempat milyaran informasi yang terkumpul di dalamnya. Dengan memanfaatkan internet ini, Anda bisa mencari berbagai macam informasi. Informasi apaun bisa Anda dapatkan. Hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam informasi yang sangat banyak.

Ini adalah salah satu sistem kerja search engine seperti google, yahoo, bing, dan banyak lainnya. Namun yang paling populer adalah search engine google.

2. Lebih Efisien

Related image
sumber: sonoticiaboa.com.br
Internet adalah media yang sangat baik untuk menghemat waktu Anda. Tentunya dalam hal tertentu ya. Sebagai contoh kecil adalah bahwa Anda sekarang tak perlu lagi membaca koran, atau bahkan Anda sudah tidak memerlukan lagi Televisi untuk mengakses berbagai macam informasi dari manapun.
Berita dari internet sudah sangat mudah untuk di akses. Bahkan ketika Anda bangun dari tidur Anda bisa langsung mengakses informasi di mana Anda sudah menyalakan firut pemberitahuan berita dari situs-situs berita tertentu.

3. Memudahkan Pekerjaan

Related image
sumber: shutterstock.com

Banyak sekali pekerjaan yang diuntungkan dan dipermudah di kala munculnya internet ini. Internet telah merubah wajah dunia dengan berbagai macam inovasi dan perkembangannya yang sangat pesat. Contohnya ketika Anda hendak mengirim sebuah data proyek kepada klien Anda. Sekarang Anda tidak perlu lagi mengantarkannya ke tempatnya.

Cukup dengan memanfaatkan e-mail. Anda dapat melakukannya seketika itu juga. Tanpa perlu bergerak dan menghabiskan waktu di perjalanan untuk mengantarkannya. Hal itu adalah contoh kecil bagaimana internet adalah salah satu anugerah dari Allah yang harus kita syukuri dengan penggunaannya yang tepat.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat internet yang bisa Anda ambil dari internet. Coba Anda sebutkan lainnya di kolom komentar di bawah ya.

4. Mempermudah Komunikasi

Related image
sumber: 9to5google.com

Komunikasi akan sangat dimudahkan dengan perkembangan Internet. Dengan internet ini kita dapat berkirim pesan dengan siapapun di manapun uya berada. Anda dapt melakukan obrolan teks setiap saat dengan oranag terdekat.

Anda juga bise dengan mudah mengabarkan informasi terbaru di sekitar Anda melalui sosial media yang Anda miliki. Dengan sosial media ini pula Anda bahkan bisa memberikan kabar terbatu dan terupdate untuk memperingatkan banyak orang apabila ada sesuatu berbahaya yang harus dihindari.

5. Belajar Bahasa Asing

Related image
sumber: upackweship.com

Bagi kita, manusia modern yang hidup di zaman globaklisasi ini, penguasaan bahasa asing menjadi salah satu unsur yang sangat penting. Banyak informasi dan berbagai istilah yang menggunakan bahsa asing. Apabila kita tidak menguasai bahasa asing ini, maka bukan tidak mungkin kita akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Dengan internet, Anda bisa belajar bahasa Inggris secara berkala ataupun secara intensif. Penggunaan bahasa asing di dalam beberapa artikel memaksa kita untuk mempelajarinya untuk mendapatkan poin penting yang kita butuhkan.

Anda bisa belajar bahasa Inggris menggunakan fitur yang salah satu ada di salah satu website belajar bahasa asing. Sebut saja nama aplikasinya duolingo atau masih banyak yang lainnya. Ketika Anda sedang membaca panduan atau tips dari Internet yang bersumber dengan artikel bahsa Inggris, maka sudah barang tentu Anda harus memahaminya perkata.

Nah, dari sinilah Anda akan belajar bahasa Inggris tanpa Anda sengaja sebelumnya. Dari sini, nantinya Anda dapart mengembangkan penguasaan kosakatas bahasa asing yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

Jadi, sedikit banyak Anda pasti belajar bahasa asing. Di google juga terdapat fitur yang melayani penerjemahan ratusan bahasa asing yang diberikan oleh google. Jadi kamu akan sangat dipermudah untuk menterjemahkan berbagai macam artikel bahasa asing yaitu dengan fitur google translate.

6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Related image
sumber: blog.mapsystemsindia.com

Kini, banyak instansi pendidikan yang memerapkan sistem online. Banyak orang yang mulai sadar bahwa kemampuan internet dalam menyimpan data melakukan berbagai pengelolaan data secara masif dapat dimanfaakan untuk melakukan berbagai macam hal yang produktif.

Banyak dari universitas yang mulai menggunakan sistem online untuk memberikan materi dan tugas-tugas kepada para mahasiswanya. Penggunaan sistem online ini dinilai cukup efektif dan efisinen untuk pengajar dalam menganalisa perekembangan anak didiknya.

Sistem ini semakin berkembang ke sekolah sekolah mulai dari SMA, SMP bahkan di tingkat SD-pun sudah ada yang mulai menerapkana sistem online ini. Sejarah internet benar-benar telah mempengaruh i sistem pendidikan di sekolah modern saat ini.

7. Menumbuhkan Kemandirian

Related image
sumber: freepik.es

Ketika seorang sudah paham tentang potensi yang bisa ia dapatkan dari internet, seseorang cenderung ingin melakukan banyak hal tanpa banyak merepotkan orang lain. Ia akan menganggap bahwa internet adalah salah satu lumbung ilmu yang masih bisa dieksplor secara luas.

Ketika hendak melakukan sesuatu, seseorang akan banyak membuka petunjuk dari internet untuk dapat bertindak lebih cepat. Tetapi tentunya harus tetap selektif untuk menggali informasi di internet. Karena informasi dari Internet ada yang valid, dan ada pula kurang valid.

 

8. Media untuk Hiburan

Related image
sumber: Shutterstock.com

Siapa sangka kalau internet akan menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak digunakan oleh manusia sekarang ini. Banyak sekali para pengembangan berlomba-lomba menarik perhatian para maniak game dengan inovasi yang sangat keren.

Tak hanya di bidang game. Kini youtube, instagram, dan facebook adalah salah satu media hiburan yang mentediakan berbagai video viral yang menarik perhatian bagi siapun yang menatapnya. Dari sinilah pergeseran yang cukup besar mulai terjadi. Seseorang dapat mendapatkan hiburan hanya dengan menggunakan smartphone di dalam genggamannya.

Internet Harusnya Gratis

Related image
sumber: betanews.com

Tahukah Anda bahwa internet pada awalnya tidak bertarif? Dan Tahukah Anda bahwa sejarah internet erat kaitannya dengan jaringan komputer yang saling terhubung dan tidak membutuhkan biaya? Nah, mari kita gali lebih dalam bagaimana internet yang dahulunya gratis berubah menjadi berbayar.

Pernyataan bahwa internet seharusnya gratis tidak dilontarkan orang yang sembarangan. Melainkan pernyataan ini dikatakan oleh seseorang yang sudah terkenal dengan media sosial buatannya yang sangat fenomenal yaitu facebook.

Siapa lagi orangnya kalau bukan Mark Zuckerberg. Keinginan mulia ini ia utarakan ketika ia sedang diwawancarai oleh Wired. Menurut Mark, berbagai konten dan layanan yang tersedia di internet seharusnya bisa diakses oleh siapapun tanpa biaya.

Ia merujuk pada penggunaan Wikipedia, email, jejaring sosial, mesin pencari, informasi, berbagai jenis fitur yang ada diinternet.

Layanan tersebut memang sudah digratiskan, namun yang masih berbayar adalah pada operator penyedia internet yang masih menarik tarif untuk jasa internet tersebut. Zuck mengatakan bahwa sebenarnya apabila pihak operator mau menggratiskan akses internet, mereka akan mendapatkan penghasilan dari produk lainnya dengan penghasilan yang lebih besar.

Hingga sekarang, mulai dikembangkan beberapa rancangan untuk membuat proyek internet gratis. Diawali dengan memberikan balon wi fi gratis di beberapa tempat. Hal ini kedepannya akan dikembangkan dengan inovasi lainnya.

Demikianlah penjelasan kami tentang sejarah internet dan keterangan bahwa internet harusnya gratis. Semoga dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi kita semua. Silahkan tinggalkan saran dan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Leave a Comment