22+ Pesawat Tempur Dengan Teknologi Tercanggih Saat Ini

Pesawat Tempur – Salah satu kekuatan militer paling sentral pada suatu negara adalah angkatan udara, hal ini sebab angkatan udara biasanya mengoperasikan senjata-senjata militer canggih dibanding ankatan darat maupun laut, salah satunya pesawat atau jet tempur dengan kecepatan tinggi, mampu bermanuver lincah, serta berkemampuan milti peran.

Pesawat tempur seringkali digunakan sebagai senjata utama dalam sebuah peperangan (terutama pada zaman modern), untuk melaksanakan misi-misi sentral seperti melakukan mata-mata, pembersih ranjau, dan juga menghancurkan target-target utama musuh.

Untuk itu, akan sangat menarik bila kita membahas pesawat-pesawat tempur yang ada di dunia ini, mulai dari pesawat tempur tercepat, tercanggih, anti rudal, dan lain-lain.

Pesawat Tempur Tercepat di Dunia

pesawat tercepat di dunia
suratkabar.id

Salah satu kelebihan dan kehebatan pesawat tempur adalah kecepatannya dalam menyerang dan menghindar dari musuh. Lalu kemudian para negara-negara maju berlomba-lomba membuat pesawat tempur dengan daya jelajah yang sangat cepat. Berikut ini kompas telah merangkum beberapa pesawat tercepat yang pernah ada sampai saat ini.

1. Pesawat Tempur F-35 Lighting II

pesawat tempur F-35 lightning II
jakartagreater.com

F-35 lightning II digadang-gadang sebagai pesawat perang tercepat dari jenisnya, yang merupakan jet tempur generasi terdepan dari militer Amerika Serikat. Pesawat ini berkemampuan siluman dengan kursi tunggal, bermesin tunggal dengan fitur paling maju, dikombinasikan dengan peningkatan avionik dan sensor.

Kecepatan maksimun jet tempur F-35 ini bisa mencapai mach 1,6 atau sekitar 1.200 mph (1.930 km/jam), atau setara dengan 1,6 kali kecepatan suara.

Kemampuan pesawat ini bisa dikatakan tak tertandingi, namun program F-35 mengalami banyak gangguan atau penundaan karena biaya yang dibutuhkan sangat besar. Pesawat ini diharapkan dan disiapkan sebagai pengganti jet tempur yang sudah tua di Angkatan Udara AS, Angkatan laut dan korps marinir.

2. Pesawat Tempur Su-27 Flanker

pesawat tempur Su-27 Flanker
jejaktapak.com

Pesawat tempur yang bermesin ganda ini adalah jet tempur milik Rusia, Pesawat SU-27 Flanker dibangun oleh Rusia untuk menandingi kemampuan dan kecanggihan jet temput Amerika kala itu. Pada bulan mei 1977, pesawat ini melakukan penerbangan pertamanya. Kemudia pada tahun 1985, jet ini secara resmi memasuki masa layanan dengan Angkatan Udara Uni Soviet.

Kecepatan maksimun pesawat ini dapat mencapai supersonik 2,35 match (1.550 mph, atau sama dengan 2.500 km), oyang merupakan 2,35 kali kecepatan suara. Reputasi Su-27 cukup hebat, bahkan pesawat ini dianggap sebagai salah pesawat tempur terhebat sepanjang masa, dan bebarapa dari jet ini masih digunakan oleh militer di Rusia, Ukraina, dan Belarus.

3. Pesawat Tempur F-111 Aardvark

pesawat tempur F-111 Aardvark
kaskus.co.id

Pada tahun 1960, General Dynamis mengembangkan sebuah pesawat tempur pemukul taktis yang diberi nama F-111 Aardvark. jet ini adalah pesawat pertama dengan pilot dua orang yang digunakan oleh Angkatan Udara AS pada tahun 1967, dan digunakan untuk mengumpulkan pengintaian, memulai pengeboman strategis, dan melakukan peperangan elektronik.

pesawat tempur F-111 memiliki kemampuan terbang dengan kecepatan mach 2,5, setara dengan 1.650 mph, atau 2.655 km/jam, atau sama dengan 2,5 kali kecepatan suara. F-111 Aardvark sempat digunakan selama perang di Vietnam, namun pada tahun 1998, jet tempur ini secara bertahap tidak digunakan lagi oleh Angkatan Udara AS.

4. Pesawat Tempur F-15 Eagle

pesawat tempur F-15 Eagle
pixabay.com

Pada tahun 1967, McDonnel merancang F-15 dengan kamampuan tempur taktis bermesin ganda. Pesawat ini dirancang mampu bertahan pada segala cuaca dan memegang posisi dominan di langit, untuk mendapatkan dan mempertahankan superioritas udara atas pasukan musuh selama pertempuran udara.

Pesawat F-15 Eagle melakukan penerbangan pertama pada bulan juli 1972, dan pada tahun 1976 secara resmi memasuki layanan di Angkatan Udara AS.

Kecepatan terbang pesawat F-15 bisa lebih tinggi dari mach 2,5 (1.650 mph) atau setara dengan 2.655 km/jam. Jet tempur ini dianggap sebagai salah satu pesawat tempur paling sukses yang pernah ada. Para pengamat memperkirakan pesawat F-15 Eagle akan terus menghiasi Angkatan Udara AS sampai tahun 2025. Pesawat ini juga telah diekspor ke sejumlah negara asing, termasuk Arab Saudi dan Jepang.

5. Pesawat MiG-31 Foxhound

pesawat tempur MiG-31 Foxhound
koleksi-perang.com

Mikoyan Mig-31 Foxhound merupaka salah satu pesawat supersonik besar dengan pilot dua orang , jet ini memiliki mesin ganda yang dirancang untuk mencegat dan mengusir pesawat asing dengan kecepatan tinggi.

Uni soviet memperkenalkan Pesawat ini ke Pertahanan Angkatan Udaranya pada tahun 1982, meskipun sebenarnya pesawat ini telah melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1975.

Mig-31 mampu mencapai kecepatan terbang Mach 2,83, atau setara dengan 1.860 mph, atau 3.000 km/jam, dan pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan supersonik meskipun pada ketinggian rendah sekalipun. Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara Kazakhastan masih menggunakan Mig-31 sampai saat ini.

6. Pesawat MiG-25 Foxbat

pesawat tempur MiG-25 Foxbat
id.wikipedia.or.id

Pesawat tempur MiG-25 Foxbat dirancang untuk mengumpulkan data pengintaian, serta mencegat pesawat musuh pada kecepatan supersonik, dan merupakan salah satu pesawat militer tercepat untuk masuk layanan operasional. MiG-25 melakukan penerbangan pertama pada tahun 1964 dan mulai digunakan pertama kali oleh Pertahanan Angkatan Udara Soviet pada tahun 1970.

Pesawat tempur ini mampu terbang dengan kecepatan tertinggi yang sangat luar biasa dari Mach 3,2 atau setara dengan 2.190 mph, atau 3.524 km/jam. Pesawat ini digunakan oleh beberapa negara, termasuk Angkatan Udara Suriah dan Angkatan Udara Aljazair, meskipun sebenarnya jumlahnya masih sangat terbatas di Angkatan Udara Rusia.

7. Pesawat SR-71 Blackbird

pesawat tempur SR-71 Blackbird
dreamindonesia.me

SR-71 Blackbird adalah pesawat pengintai canggih yang dikembangkan oleh lockheed pada tahun 1960-an, pesawat ini dikembangkan mulai era perang dingin. Proyek tersebut sangat rahasia, sehingga program tersebut dikenal sebagai “proyek hitam”. Twin-egine, pesawat dua kursi ini mampu melacak berbagai ancaman potensial selama masa pengintaian.

Kecepatan SR-71 Blackbird bisa mencapai mach 3,3, atau lebih dari 2.200 mph, atau 3.540 km/jam pada ketinggian 80.000 atau 24.400 m.

Pada tahun 1964, pesawat SR-71 melakukan penerbangan pertama, dan Angkatan Udara AS menerbangkan pesawat ini dari tahun 1964 sampai tahun 1998. Diantara prestasi terbesar Blackbird ialah sebagai salah satu kemenangan paling besar dalam teknologi penerbangan selama perang dingin.

Pesawat Tempur Paling Canggih

pesawat tempur paling canggih
kaskus.co.id

Memiliki armada tempur udara saat ini berupa jet tempur, merupakan sebuah hal yang wajib bagi seluruh angkatan udara di dunia. Namun hanya sebagian kecil negara yang mampu memproduksi pesawat tempur sendiri, sebagian besar negara yang ada di Dunia terpaksa membeli pesawat tempur dari negara yang sanggup memproduksinya, seperti AS, Rusia, Jerman, China, dan beberapa negara yang lain. Termasuk negara Indonesia masih membeli jet-jet tempur di negara lain seperti Rusia, Jerman dan AS.

Pada saat ini, Varian pesawat tempur tidak hanya dinilai dari kecepatannya saja, namun negara-negara maju berlomba-lomba memproduksi pesawat super canggih dengan berbagai kemampuan luar bisa, seperti mampu melakukan manuver militer di medan udara manapun, serta anti rudal.

Berikut ini, beberapa pesawat yang digadang-gadang sebagai jet tempur tercanggih yang pernah ada:

1. Pesawat Tempur F-22 Raport

pesawat tempur F-22 Raport
tunersandmodels.com

Pesawat F-22 Raport menempati urutan pertama sebagai jet tempur tercanggih yang pernah ada sampai saat ini. Pesawat milik Amerika ini dilengkapi dengan kecanggihan berkemampuan siluman, sehingga radar tidak bisa mendeteksi keberadaannya.

F-22 dilengkapi dengan mesin ganda yang membuatnya begitu tangguh dalam bermanuver super di udara dan mampu terbang dengan kemampuan supersonik.

2. Pesawat Tempur Sukhoi T-50

pesawat tempur Sukhoi T-50
militerhankam.com

Pesawat sukhoi T-50 adalah pesawat canggih yang diproduksi oleh Rusia yang termasuk jet tempur yang menggunakan mesin ganda. Sukhoi T-50 cukup disegani dalam ranah militer internasional karena pesawat ini memiliki kemampuan melebihi jet tempur yang ada. Selain Rusia, Korea Selatan dan Vietnam juga menggunakan Sukhoi T-50 ini.

3. Pesawat Tempur Boeing EA-18G Growler

pesawat tempur Boeing EA-18G Growler
pinterest.com

Pesawat ini adalah jet tempur milik Angkatan Udara Australia yang merupakan pengembangan dari Boeing F/A-18F Super Hornet. EA-18G Growler memiliki senjata elektronik khusus yang mampu mengganggu radar musuh, sehingga pesawat ini disebut sebagai pesawat pengganggu.

Selain dilengkapi senjata elektronik, pesawat ini dilengkapi dengan senjata canggih rudal AIM-120 dan AGM-88 untuk menekan pertahanan udara dan menjaga diri dari serangan musuh.

4. Pesawat F-14 Tomcat

pesawat tempur F-14 Tomcat
id.wikipedia.or.id

Amerika memang terkenal dengan kemampuan memproduksi pesawat tempur yang canggih, salah satunya adalah F-14 Tomcat, yang dirancang sebagai pesawat “pembunuh MIG”. Dari tampilannya, F-14 Tomcat tampak lebih bongsor, namun kecanggihan dan kehebatan pesawat ini sangat diperhitungkan oleh dunia militer. Pesawat ini mampu mengepak sayapnya secara otomatis antara 14 hingga 68 derajat agar keluwesan dalam terbang lebih meningkat.

5. Pesawat Sukhoi Su-34 Fulback

pesawat tempur Sukhoi Su-34 Fulback
jejaktapak.com

Ini adalah salah satu pesawat tempur tercanggih yang dimilki rusia saat ini, yang melakukan debut pertempurannya di Suriah kala Rusia mulai melakukan serangan udara di sana. Dengan bahan bakar internal yang dimiliki, Pesawat Su-34 mampu terbang hingga jarak 950 km, dan dirancang untuk bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara.

Su-34 dilengkapi dengan sensor leinets B-004, dan memiliki sistem radar yang hampir sama dengan sistem pada pesawat sukhoi lainnya, serta dilengkapi dengan senjata rudal jarak pendek R-73 dan rudal jarak jauh R-77.

6. Pesawat F-18 Super Hornet

pesawat tempur F-18 Super Hornet
ramalanintelijen.com

Pesawat F-18 Super Hornet merupakan salah satu pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat, yang memiliki kemampuan mendarat pada landasan yang pendek seperti di atas kapal induk. Kapal ini dilengkapi dengan peralatan-peralatan canggih.

Pesawat Tempur Tanpa Awak

pesawat tempur tanpa awak
m.republika.co.id

Pada abad modern ini, beberapa pesawat tempur tidak lagi menggunakan pilot langsung untuk mengendalikannya, namun dikendalikan dari jarak yang jauh, layaknya seperti mainan yang doktrol menggunakan remote control. Pesawat tanpa awak lebih banyak digunakan sebagai alat tempur yang sangat efektif dan mematikan, buktinya militer AS sering menggunakan senjata ini dalam operasi-operasi mereka di Afganistan dan Pakistan.

Pesawat tanpa awak juga sangat layak diandalkan dalam operasi maupun perang sekalipun, diantara keunggulan pesawat tanpa awak yaitu; sangat minim resiko, biaya jauh lebih mahal, dan sangat efektif dalam pengintaian dalam menjangkau wilayah yang luas.

Diantara beberapa pesawat tanpa awak sebagai berikut:

1. Pesawat Tempur General Atomics MQ-9 Reaper

pesawat tempur General Atomics MQ-9 Reaper
gardanasional.com

MQ-9 mampu terbang hingga ketinggian 50.000 kaki, dengan jarak operasi sejauh 3.682 mil, dengan kecepatan maksimun 230 mil/jam, dan mampu mengangkut beban hingga 5 ton. Pesawat tanpa awak multi fungsi ini, tidak hanya digunakan untuk misi pengintaian saja, namun juga sebagai mesin penghancur.

Pesawat MQ- 9 dilengkapi dengan 4 rudal AGM-114 Helfire, Laser Rangefinder, Infra Red Targeting Sensor, dan Synthetic Aperture Radar. Salah satu keunggulan MQ-9 yang memudahkannya di bawa ke berbagai lokasi ialah pesawat ini bisa dibongkar pasang.

Iran pernah menembak salah satu pesawat milik Amerika Serikat, yang sedang melakukan pengintaian di negara tersebut pada akhir tahun 2011. Pada awalnya Amerika sempat menyangkal terkait kepemilikan pesawat tersebut untuk mematai-matai Iran, namun beberapa waktu kemudian, tanpa meminta maaf kepada Iran, Amerika meminta pesawat tersebut agar dikembalikan kepada mereka.

2. Pesawat Tempur General Atomics MQ-1 Predator

pesawat tempur General Atomics MQ-1 Predator
youtube.com

Pesawat ini adalah pesawat pengintai tanpa awak, selain itu MQ-1 Predator juga dilengkapi dengan persenjataan tempur yang canggih seperti 2 rudal AGM-114 Helfire berpemandu laser. MQ-1 adalah pesawat tanpa awak pertama yang mampu menghancurkan target-target darat, yang memulai tugas pertamanya dalam operasi militer Amerika di Afganistan.

3. Pesawat Tempur Northrop Grumman Global Hawk

pesawat tempur Northrop Grumman Global Hawk
youtube.com

Ini adalah pesawat tanpa awak pertama yang memperoleh sertifikasi dari FAA untuk terbang dan mendarat di bandara sipil secara otomatis, dan merupakan pesawat tanpa awak terbesar dan tercanggih saat ini.

4. Pesawat Tempur Boeing Scan Eagle

pesawat tempur Boeing Scan Eagle
id.wikipedia.org

Scan Eagle terbang dengan dipandu sistem GPS yang dilengkapi dengan kamera dan sensor infra-red, dengan kemapuan tidak terdeteksi oleh radar, sehingga sangat efek dalam melakukan proses pengintaian. Pesawat ini memiliki bobot sekitar 20 kg, dapat terbang dengan ketinggian 16.000 feet dengan kecepatan 60 mil/jam, dan dapat bertahan selama 15 jam di udara.

5. Pesawat X-47B Pegasus

pesawat tempur X-47B Pegasus
id.aliexspres.com

Pegasus merupakan salah satu diantara pesawat tempur tanpa awak yang dimiliki oleh Nothrup Grumman dan Angkatan Laut Amerika Serikat. Sepupu dari X-45 ini diproduksi untuk membawa persediaan senjata atau bom, lalu menjatuhkannya pada target yang telah ditentukan secara otomatis.

X-47B Pegasus mampu mendarat di lautan, serta bisa mengisi bahan bakar di laut. Soal kecepatan, kabarnya Pegasus mampu bersaing dan menyamai kecepatan X-45.

Inilah 5 pesawat tempur yang mampu beroperasi tanpa awak dari beberapa pesawat tanpa awak lainnya yang tidak disebutkan di sini. Amerika dan Rusia menjadi negara yang paling terdepan dalam memproduksi jenis pesawat ini. Mudah-mudahan di masa depan negara Indonesia juga mampu membuat pesawat yang canggih ini.

Pesawat Siluman Anti Radar

Pesawat Siluman Anti Radar
beritaunik.com

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, termasuk dalam hal pembuatan pesawat tempur. Pada saat ini ada tiga kubu dengan teknologi pesawat yang sangat maju, yaitu Rusia, Amerika Serikat, dan Eropa. Ketiga kubu ini saling bersaing dalam membuat peralatan perang yang canggih, salah satu pesawat tempur.

Salah satu pesawat teknologi canggih yang dikembangkan oleh Amerika dan Rusia, serta Eropa saat ini adalah pesawat siluman. Pesawat siluman memiliki kelebihan dibanding pesawat pesawat yang lainnya karena pesawat ini bisa dikatakan anti rudal, atau lebih tetapnya bisa bebas dari deteksi rudal yang canggih sekalipun.

Berikut ini beberapa diantara pesawat siluman yang ada saat ini:

1. Pesawat Tempur B-2 Spirit Flight Bomber

Pesawat B-2 Spirit Flight Bomber
theaviationist.com

Pesawat siluman ini diproduksi oleh Amerika yang digunakan untuk tujuan pengeboman. Misi utama pesawat ini adalah menghancurkan basis dan pangkalan militer musuh tanpa terdeteksi oleh radar, karena pesawat ini mampu menembus perisai pertahanan udara dengan radar yang canggih.

Pesawat ini mampu terbang lebih dari 10.000 km dengan sekali pengisian bahan bakar, mampu menyerang musuh dengan jangkauan lebih dari 6.000 km, mampu menyerang semua target dari ketinggian 50.000 kaki atau 16.656 dari ketinggian laut.

Namun pesawat ini juga memiliki kelemahan, pesawat ini tidak mampu terbang cepat dan mudah dimusnahkan bila terlihat.

2. Pesawat Tempur F-22 Raptor

Pesawat F-22 Raptor
indonesianmilitary.com

Keunggulan utama F-22 Raptor:

Stealth
Pesawat canggih ini mampu beroperasi menjalankan misinya tanpa terlihat dan tidak terdeteksi oleh radar musuh. Teknologi inilah membuat pesawat ini nyaris mustahil ditembak, dijatuhkan, dan dikalahkan.

Manuverabilitas Super

Kemampuan manuver F-22 sangat tinggi dengan adanya teknologi Thrust Vectoring di ekornya, sehingga pengeluaran energi mesinnya dapat diarahkan secara mekanis dengan lebih fleksibel.

Mini AWACS, “First-look, first-shot, first-kill”

Radar pesawat F-22 memiliki jangkauan yang lebih jauh dari pesawat-pesawat lainnya, bahkan katanya nyaris setara AWACS. Artinya F-22 bisa melihat target jauh sebelum pesawat ini terlihat oleh mereka. Pesawat ini juga memiliki sistem radar LPI super canggih, sehingga pesawat yang terdeteksi radar F-22 tidak akan tahu kalau dia telah terdeteksi dan radar warningnya tidak menyala.

Persenjataan Internal

Persenjataan F-22 tidak terlihat dari luar tapi tersembunyi di dalam pesawat, dan baru terbuka saat hendak ditembakkan, ini membuat tingkat stealth-nya menjadi lebih tinggi.

3. Pesawat J-20 Black Eagle

Pesawat J-20 Black Eagle
armadninovony.com

Pesawat tempur siluman ini bermesin ganda dan kursi tunggal, pesawat tempur baru yang digunakan oleh angkatan udara Cina. Kecepatan maksimun pesawat ini mach 2,5 dengan jarak jangkau 5.500 km, dan radius tempuh 2.000 km.

4. Pesawat SU-47 Bekut (Golden eagle)

Pesawat SU-47 Bekut (Golden eagle)
jejaktapak.com

Sayap pesawat ini menyapu ke depan, yang disebutsebut sebagai puncak pesawat tempur dengan sayap maju. Kecepatan tertinggi pesawat ini mendekati mach 2, dengan tingkat amnuver yang dahsyat, membuat pesawat lain jadi terlihat lamban dibandingkan dengan pesawat ini. Dalam pertempuran satu-satu, pesawat menjadi master yang sangat diperhitungkan.

Kesimpulan

Pesawat akan terus mengalami perkembangan siiring dengan teknologi yang semakin maju. Pesawat-pesawat yang telah disebutkan di sini merupakan pesawat-pesawat canggih dengan berbagai jenis keunggulan masing-masing. Di masa depan, negara-negara maju seperti Amerika, Rusia, dan beberapa negara Eropa akan terus membuat pesawat-pesawat canggih yang kemampuannya tidak masuk akal.

Semoga negara Indonesia suatu saat juga bisa menjadi negara dengan produksi pesawat-pesawat tempur yang hebat.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang pesawat-pesawat tempur yang ada saat ini.

Leave a Comment