LOGO KEREN – Di era sekarang ini, hampir setiap entitas memiliki logo. Bahkan logo ini pun sudah menjadi sebuah kewajiban dan harus dimiliki bagi setiap lembaga, perusahaan, atupun organisasi.
Karena logo sendiri menjadi identitas wajib sebagai sesuatu yang mana keberadaannya itu cukup diperhitungkan sebab ia merupakan bagian dari kesuksesan dari entitas tersebut.
DAFTAR ISI
Asal Usul dan Sejarah Logo

Tapi tahukah kamu bagaimana asal-usul logo ini ada? Tentunya ada yang mengawali terbentuknya logo ini.
Mulainya logo ini dikenal dengan logotype. Logotype sendiri hanyalah berupa tulisan tanpa adanya gambar. Kemudian seiring perkembangan zaman lalu logo dibuatsemakin variatif dan inovatif.
Salah satunya yaitu dengan menambahkan gambar dan ornamen-ornamen lain. Penambahan gambar inilah yang menjadikannya berubah menjadi logo.
Logo pertama kali dikenalkan oleh S.P.Q.R atau senatus populusque romanus. S.P.Q.R adalah senat atau rakyat Roma. S.P.Q.R merupakan instansi nasional pertama yang menggunaka logo untuk pengenalan identitasnya. Logo s.p.q.r dipakai serta diterapkan di beberapa benda milik roma, seperti halnya koin ataupun monumen yang di masa itu ada.
Kemudian penggunaan logo ini pun, disusul oleh kerajaan Inggris. Yang mana pada saat itu kerajaan ini menambahkan lambang kerajaan di setiap benda ataupun bangunan milik mereka.
Penggunaan logo disaat itu tidak hanya sebagai menunjukkan simbol identitas, tapi juga sebagai esensi dari sebuah kerajaan serta sebagai penunjukan kepemilikan benda-benda mereka.
Setelah logo digunakan oleh inggris, logo pun semakin banyak dikenal dan semakin mendunia. Sampai perkembangannya makin terlihat lebih menarik lagi dengan kehadirannya komputer dan printer.
Perlu diketahui mulanya logo ini dibuat secara manual yaitu dengan cara ditulis. Tapi dengan adanya kemajuan teknologi seperti komputer dan printer, logo pun dibuat dengan cara yang lebih menarik lagi. Makan bentuk-bentuknya kecil serta mendetail pun bisa dibuat menjadi lebih rapi lagi. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan ketika dibuat manual.
Adanya komputer ataupun printer juga membantu dalam menjaga keorisinilan dari bentuk logo itu sendiri. Beda halnya ketika pembuatan logo itu dibuat secara manual, pastinya ketika pembuatan pertama hasilnya pun berbeda dengan hasil yang dibuat untuk kedua kalinya.
Sebaliknya dengan menggunakan komputer bentuk dan ukuran pun akan tetap sama dan detailnya pun tetap sama walaupun dikerjakan oleh orang yang berbeda. Serta pengaplikasiannya bisa lebih cepat dan gampang.
Pengertian Logo

Merujuk pada wikipedia, logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa yang memiliki makna tertentu, dan mewakili suatu arti dari sebuah perusahaan, daerah, organisasi,, produk lembaga, naga, ataupun yang lainnya yang butuh sesuatu yang singkat serta mudah diingat sebagai pengganti dari nama yang sebenarnya.
Logo yang baik itu tentunya mempunyai makna ataupun filosofi dasar yang berisikan konsep yang mana tujuannya yaitu untuk melahirkan sifat yang berdiri sendiri ataupun mandiri. Sebuah logo sendiri punya ciri tersendiri dan khusus seperti warna ataupun bentuk dari logo tersebut.
Sebuah logo bisa menggunakan beberapa elemen, seperti tulis, gambar,, ilustrasi dan lain-lainnya. Semua logo merupakan simbol ataupun elemen sebuah gambar untuk identitas visual.
Menurut sularko, dkk (2008: 6) dalam bukunya “how to they think”, logo atau yang sering dikenal dengan corporate identity ataupun brand identity merupakan sebuah simbol apapun tanda yang secara langsung tidak menjual, namun memberikan sebuah identitas yang mana apa dijadikan sebagai alat pemasaran yang baik. Dan logo ini pun bisa membuat perbedaan suatu produk ataupun jasa dengan kompetitor yang ada.
Suatu makna dari sebuah logo diambil dari kualitas yang disimbolkan dari logo itu sendiri, melalui pendekatan budaya perusahaan, penempatan posisi historis ataupun aspirasi perusahaan, dan apa yang diartikan toyo dimaksudkan itu yaitu lebih penting dari apa yang adanya.
Secara menyeluruh logo itu adalah instrumen rasa harga diri serta nilai-nilai bisa menjadikan sebuah citra positif dan kepercayaan untuk semua orang.
Fungsi Logo

Ada beberapa fungsi dari logo yang perlu kita ketahui, diantaranya yaitu:
• Sebagai identitas diri. Maksudnya disini yaitu sebagai pembeda dengan identitas dari indak orang lain.
• Sebagai tanda kepemilikan. Maksudnya yaitu sebagai pembeda dengan milik orang lain.
• Sebagai tanda jaminan kualitas.
• Mencegah terjadinya pembajakan
• Menambah nilai positif
• Properti yang legal untuk suatu produk ataupun organisasi
• Mengkomunikasikan informasi, seperti halnya keaslian orisinal serta nilai dan kualitas.
Jenis-Jenis Logo Yang Beredar Masyarakat

Ada banyak sekali jenis logo yang beredar di sekitar kita. Akan tetapi pada dasarnya logo itu terbagi menjadi:
• Logotype. Maksudnya yaitu logo yang menggunakan wordmark, seperti kata ataupun nama yang menggunakan unsur tipografi.
• Logogram. Logo yang menggunakan ikon seperti ilustratif ataupun inisial.
• Gabungan antara logotype dan logogram.
tidak hanya itu ada empat macam jenis logo versi lain;
1. Berbentuk alfabet atau huruf
2. Berbentuk lambang-lambang atau angka-angka itu simbol ataupun number
3. Berbentuk serupa dengan objek aslinya concretes atau froms
4. Berbentuk abstrak
Kemudian dari segi konstruksinya logo dibagi menjadi tiga macam yaitu:
1. Elemen gambar sabun tulisan dibuat terpisah (picture mark dan letter mark)
2. Bisa dikatakan gambar ataupun tulisan sekaligus (picture mark sekaligus letter mark)
3. Elemen tulisan saja atau letter mark
Aspek Logo

Ada dasar ketika membuat logo, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus agar nantinya pembuatan logo itu bisa capai dengan hasil yang lebih baik. Menurut seorang pakar ahli corporate identity, ada beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan ketika membuat logo agar menjadi logo yang baik, di antaranya yaitu:
1. Original dan distinctive. Maksudnya yaitu sebuah logo itu harus memiliki ciri khas keunikan serta mempunyai daya yang menjadikan logo itu berbeda dengan logo yang lain.
2. Legible. Artinya yaitu memiliki tingkat keterbacaan yang jelas ketika di aplikasikan ke dalam bentuk ukuran serta media promosi.
3. Simpel dan sederhana. Maksudnya itu mudah diterima dan dimengerti oleh semua orang dalam waktu yang cukup singkat.
4. Memorable. Maksudnya itu mudah diingat disebabkan karena keunikan dan kekhasan nya dalam kurun waktu yang cukup lama.
5. Easy associated with the company. Logo yang baik itu ialah logo yang mudah dihubungkan ataupun dikaitkan dengan jenis usaha ataupun ciri khas dari suatu perusahaan atau organisasi.
6. Easily adoptable for all graphic media. Agar memberikan kemudahan ketika diaplikasikan logo yang berbentuk fisik warna ataupun konfigurasi maka yang perlu diperhatikan yaitu proses perencanaan nya, tujuannya supaya dalam penerapannya tidak mengalami kendala apapun.
Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Logo

1. Tipografi. Menggunakan tipografi bisa memberikan emosi tersendiri bagi orang yang melihatnya, tak jarang juga kita melihat banyak logo yang sukses hanya dengan menggunakan tipografi ini.
2. Warna. Suatu hal yang cukup vital dari sebuah logo yaitu pemilihan warna. Sebab kesalahan dalam pemilihan warna bisa memberikan multitafsir serta menjadikan emosi yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat banyak menjadi rancu.
Warna yang baik untuk sebuah logo yaitu warna yang sederhana akan tetapi gampang diingat serta bisa memberikan ekspresi langsung kepada khalayak banyak. Selain itu dengan menggunakan warna yang sederhana artinya akan membuat biaya produksi menjadi lebih hemat.
3. Bentuk. Semua bentuk untuk sebuah logo harus diperhatikan, karena setiap bentuk entah itu bentuknya bundar, lurus, psycho, ataupun bentuk yang lainnya nantinya akan memiliki makna tersendiri. Bisa jadi itu bermakna pasif ataupun bermakna aktif.
Contohnya yaitu ketika seseorang ingin menginginkan logo untuk produk kecantikan, sebaiknya jangan membuat untuk logo yang memberikan kesan keras ataupun siku.
4. Keseimbangan. Maksudnya di sini yaitu temukan dan carilah kemenarikan dari logo yang nantinya akan dibuat. Kita bisa mencobanya dengan cara memutar atau membolak-balik logo itu agar nantinya ditemukan keseimbangan yang menarik.
5. Selera. Dalam pembuatan logo tentukan suara yang ada karena, itu memiliki suara yang berbeda-beda dan sangat subjektif.
6. Riset. Sebelum membuat logo hal yang paling penting untuk dilakukan yaitu melakukan riset. Karena riset ini merupakan salah satu kunci kesuksesan dari sebuah logo yang baik. Kita harus memahami perspektif dari logo yang nantinya akan kita buat serta yang nantinya akan memberikan makna dari logo tersebut.
7. Opini. Dengan adanya opini tentunya kita akan bisa mendapatkan banyak pandangan atau kritikan serta masukan dari orang lain dalam proses pembuatan logo.
Apa itu Brand?

Bermain tidak jauh berbeda dengan logo, itu sama-sama penunjuk sebuah identitas suatu perusahaan ataupun organisasi. Akan tetapi brand di sini tidak hanya digambarkan berupa simbol kayaknya logo, mainkan gambarkan secara menyeluruh.
Brand bisa berubah nama, simbol,bentuk, iklan, slogan ataupun gabungan dari beberapa warna.
logo dan brand (merek) merupakan sesuatu yang berbeda. Untuk bekerja secara efektif, logo dan brand ini harus saling mendukung satu sama lain.
Brand membutuhkan logo untuk representasi utamanya dalam membangun sebuah citra, sebaliknya juga lugu butuh yang namanya brand supaya dapat mencapai fungsinya yang berubah bentuk spesifik ketika membangun sebuah citra positif di khalayak umum.
Manfaat Logo dan Brand

Ada beberapa manfaat yang didapat dari sebuah logo ataupun brand antaranya yaitu;
1. Bentuk atau marking
Bentuk merupakan suatu penggambaran, seorang designer logo tentunya melakukan penggambaran marking ini dengan menggunakan teori analog. Bentuk marking dari sebuah logo kebanyakan diambil dari sebuah objek yang berhubungan dengan perusahaan ataupun produk itu yang nantinya akan dijadikan desain sebuah logo.
2. Menarik mata atau eye catching
Dalam mendesain logo tidak hanya sekedar menarik untuk dilihat yang pasti tentunya harus punya nilai tambah yang diberikan. Sebuah logo pastinya harus bisa bersaing dengan banyak gambar-gambar logo yang tersebar luas khalayak umum.
3. Trend
Perkembangan desain logo tentunya sangat dipengaruhi dengan yang namanya trend ataupun perkembangan zaman. Oleh sebab itu sebuah logo seringkali menjadi sisi dinamis dari sebuah bentuk ataupun lambang yang dijadikan oleh sebuah perusahaan.
sedangkan manfaat branding itu adalah:
1. Memberikan daya tarik untuk para konsumen di khalayak umum.
2. Mudah untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan terhadap produk ataupun jasa yang nantinya ditawarkan.
3. Memberikan peluang perusahaan dalam menentukan dua harga harga
4. Memberikan peluang untuk para pelaku usaha dalam melakukan diferensiasi produk
Menjadi ciri khas yang nantinya bisa membedakan produk dengan produk lainnya.
Kenapa Harga Pembuatan logo mahal?

Logo ataupun brand merupakan suatu unsur elemen yang cukup memberikan pengaruh besar pada sebuah perusahaan. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penunjuk identitas yang mempresentasikan citra dari sebuah perusahaan di halayak umum.
Logo di sebuah perusahaan akan membentuk sebuah image yang nantinya akan menarik perhatian customer ataupun client. Terlebih lagi di zaman sekarang ini persaingan dalam hal apa pun cukup dikatakan sangat ketat, sehingga menjadi hal yang penting untuk menciptakan sebuah identitas agar tetap bisa bersaing dan survive di era yang global ini.
Cara definisi, logo merupakan lambang ataupun simbol khusus yang mewakili sebuah perusahaan ataupun organisasi. Semua logo ini bisa saja baru nama, lambang, ataupun elemen-elemen artis lainnya yang ditunjukkan berupa visual.
Lantas kenapa desain logo itu begitu mahal? Padahal jika dilihat hasilnya biasa saja.
Sebelumnya kita harus tahu dulu dari arti kata logo. Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas tadi logo yaitu suatu identitas yang dipakai untuk menggambarkan karakter dari sebuah lembaga, perusahaan maupun organisasi.
Analoginya, seperti kamu memperkenalkan produk kamu kakak layak umum tapi dengan simbol yang kecil yaitu yang disebut logo. Sebuah harga diri dari sebuah produk ataupun lembaga semuanya tertuang juga dari sebuah logo. Sehingga, pembuatan logo pun tidak bisa sekedar membuat harus ada yang namanya sebuah riset.
Setidaknya ada lima alasan yang menjadikan kenapa logo itu mahal.
1. Proses pengumpulan data dari klien dan sumber lain.
Orang yang membuat logo pastinya harus paham betul serta menyimak dan mencatat permintaan bentuk logo dari seorang klien. Kalung dilanjutkan dengan mencari referensi main sebagai data tambahan. Seperti halnya sejarah dari perusahaan, sistem yang seperti apa, produknya bagaimana, serta pesaingnya seperti apa juga.
Terkadang juga orang yang membuat logo banyak sekali mencari referensi agar menemukan simbol yang pas untuk sebuah logo agar tercipta dengan baik.
2. Proses mendesain di sketsa kasar
Selamat dapat gambaran ide untuk membuat logo, yang dilakukan selanjutnya yaitu penjabaran ide ada sebuah kertas ataupun buku sketsa. Biasanya orang yang membuat logo tersebut akan menggambarkan beberapa pilihan logo.
Kemudian gambar itu akan diberikan keterangan tambahan dari sebuah detail-detail yang digambarkan tadi.
3. Melakukan konsultasi kepada kalian setiap saat pembuatan logo
Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang membuat logo untuk selalu berkomunikasi serta mengkonsultasikan logo yang nantinya akan dibuat. Baik itu dalam proses ataupun setelah jadi.
Tujuannya yaitu agar kesalahan dan pembuatannya dapat diminimalisir.
4. Proses pengerjaan komputer menggunakan aplikasi desain
Proses berikutnya yaitu proses pengerjaan komputer. Sudah banyak aplikasi-aplikasi untuk mendesain logo yang nantinya bisa membantu dalam pengerjaannya.
Pada tahap ini juga biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama serta dibutuhkan kecermatan, ketelitian, ketekunan. Orang membuat logo haruslah mengarahkan konsentrasinya dalam, pencampuran warna, proporsi bentuk, serta ke tajam dari logo.
5. Mempresentasikan hasil akhir logo kepada klien
Stuck logo selesai dibuat, maka orang membuat logo tersebut harus mempersentasikan hasil karyanya. Mereka akan menjelaskan mengenai konsep logo, kata filosofi yang ada. Tidak hanya itu membuat logo juga harus jelaskan kenapa memilih warna serta font tulisan dia jadikan untuk logo. Kenapa ini dilakukan tujuannya yaitu agar meyakinkan kembali pada klien tentang logo yang dibuat.
6. Jika klien puas, logo bisa langsung digunakan. Akan tetapi jika tidak perlu adanya perombakan.
Logo bisa langsung diserahkan kepada klien jika memang klien merasa puas dengan logo yang dibuat. Akan tetapi, jika klien menginginkan revisi dari sebuah logo, maka sempat logo harus memperbaiki kembali serta mengganti bagian-bagian yang hendaknya harus diperbaiki. Bahkan bisa jadi untuk mengedit keseluruhan bagian logo.
logo-Logo Keren yang Mendunia























