Contoh Kata Pengantar / Makalah / Karya Ilmiah / Skripsi / PKL

CONTOH KATA PENGANTAR – Di halaman ini kami akan ulas beberapa contoh bentuk kata pengantar yang bisa digunakan untuk beberapa keperluan seperti makalah, tugas, buku, skripsi, dan lainnya.

Di dalam sebuah karya tulis, entah itu berupa buku, novel, biografi, sampai buku pelajaran dapat dipastikan senantiasa mempunyai kata pengantar pada susunannya. Adapun bagian buku maupun makalah yang juga menjadi salah satu pokok pada susunan sebuah karya tulis, yakni daftar isi, daftar pustaka, dan sebagainya yang secara komprehensif akan mencerminkan otoritas karya tulis.

Kemudian, adanya kata pengantar pula yang akan mencerminkan  rasa hormat seorang penulis kepada para pembacanya. Dalam merancang kalimat pengantar pastinya dituntut menggunakan gaya bahasa yang baku dan efektif.

contoh kata pengantar dokument

Tujuannya supaya para pembaca lebih mudah mencerna gagasan apa yang tertuang pada makalah tersebut. Pribadi yang lihai dalam merangkai kata umumnya sudah melahap banyak buku atau gemar membaca. Sehingga, ketika menyusun sebuah makalah ataupun laporan relatif tidak mengalami kesulitan berarti.

Di bawah ini adalah 4 contoh kata pengantar yang bisa kamu pelajari dan bisa jadi inspirasi.

Kita mulai dari kata pengantar untuk karya ilmiah. Proses pembuatannya cenderung menggunakan bahasa formal karena untuk kepentingan akademis dan bernuansa ilmiah, berikut ini contohnya.

Kata Pengantar Karya Ilmiah

Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan nikmat dan rahmat-Nya. Sehingga Kami bisa menerbitkan hasil karya tulis dengan judul “Upaya Pencegahan Dampak Global Warning” dengan baik.

Dengan hasil karya tulis ini maksud dan tujuan kami untuk menyelesaikan tugas bahasa Indonesia.

Dan penulis juga ucapkan terima kasih untuk Ibu. Dra. Lusi Hidayati sebagai pembina dan pengarah dalam penyusunan karya tulis ini. Dan tidak lupa juga kepada semua pihak yang sudah mendukung dalam pembuatan karya tulis ini.

Adapun kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini kami sangat menyadarinya. Maka dari itu kami sangat terbuka untuk kritik dan sarannya dari semua pihak dalam rangka bahan evaluasi demi memperbaiki kinerja yang lebih baik kedepannya.

Wamena, juni 2016

Selanjutnya untuk kamu yang mau berdikari melalui praktek kerja lapangan atau PKL, di bawah ini bisa jadi rujukan kamu dalam menyusun kalimat di bagian awal surat pengantar.

Kata Pengantar PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat jasmani dan rohani yang pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) dan membuat sebuah laporan kegiatan PKLI.

Penulis juga menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam pembuatan laporan kegiatan PKLI maka dari itu penulis sangat berharap kritik dan saran yang membangun dalam laporan kegiatan PKLI agar menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Laporan PKLI penulis berjudul “Sistem Pendaftaran Karyawan Baru Pada Bidang Jaringan Dan Telekomunikasi di CV. Jaya Mandiri”.

Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan PKLI sehingga dapat diselesaikan tepat waktu. Terlebih khusus penulis juga mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:

  1. Bapak Prof. Dr. Supardi, M.Pd, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret.
  2. Bapak Drs. Sumanto, MT, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret.
  3. Bapak Drs. Hidayat Akbar, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.
  4. Bapak Ir. Siswanto, MT, selaku Pembimbing Praktek Kerja Lapangan Industri.
  5. Bapak Zainal Anwar, selaku Direktur CV. Jaya Mandiri.
  6. Seluruh Staff dan Karyawan CV. Jaya Mandiri.
  7. Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan laporan kegiatan PKLI ini.

Surakarta, Mei 2016

Penyusun

Untuk kamu yang sudah memasuki tahun-tahun terakhir masa kuliah, di bawah ini ada inspirasi yang bisa kamu pelajari.

Kata Pengantar Skripsi

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah (Azza wa Jallah) yang dengan Rahmat dan Hidayah Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Sistem Pembelajaran Interkatif dengan Media Audio Visual” pada taman kanak-kanak SLB Kulonprogo.

Dengan penulisan laporan penelitian ini digunakan untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan kegiatan pendidikan starta-1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Universitas Gajah Mada.

Penulis pun juga menyadari bahwasanya dalam penulisan laporan tugas akhir ini sering mengalami kendala dan hambatan dari berbagai sisi. sehingga, penulis sering mengalami keterlambatan dalam penulisan dan pembuatan laporan tugas akhir.

Penulis menyadari tanpa bantuan dari berbagai pihak yang turut membantu, tugas akhir ini tidak akan dapat terselesaikan. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua yang selalu memberikan dukungan dan semangat serta do’a tanpa henti sehingga, kegiatan pendidikan strata-1 ini dapat diselesaikan.
  2. Dr. Dian Indihadi, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Universitas Gajah Mada.
  3. Kepada Dosen Puji Lestari. S.Pd sebagai pembimbing 1 dan Bapak Yudhi Anggoro S.Pd sebagai pembimbing 2 yang dengan sabar membimbing dan memberikan masukan positif serta mengarahkan selama kegiatan penulisan tugas akhir ini hingga akhir.
  4. Kepada Kepala Dinas Kabupaten Kulonprogo yang turut memberikan bimbingan dan pengarahan tugas akhir ini dari awal sampai akhir.
  5. Kepala taman kanak-kanak SLB Kulonprogo Kecamatan Galur

Dan kepada seluruh dukungan dan semangat dari orang – orang terdekat yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Terakhir, Semoga dengan adanya laporan ini menjadi amal saleh bagi penulis dan pembaca sekalian dan mampu bermanfaat bagi khalayak ramai.

Demikian, kami sampaikan semoga dengan tugas akhir dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan baik bagi penulis dan pembaca.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Kata Pengantar Proposal Skripsi

Puji, puja, dan selaksa syukur kami haturkan kepada Allah SWT atas banyaknya hujan rahmat dan karunia-Nya yang mana penulis akhirnya bisa menuntaskan penulisan proposal riset dengan judul “Hubungan Motivasi Perawat dengan Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum IKKT”.

Proses penulisan proposal riset ini dilakukan untuk menggenapkan salah satu syarat paripurnanya pendidikan di Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul. Lancarnya penulisan proposal dikarenakan dukungan dari pihak yang saya tidak bisa sebutkan satu per satu. Dengan ini, penulis ingin menyampaikan rasa terimakasih kepada:

  1. Bapak Idrus Ph. D, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta
  2. M. Irhas Said, SKep, MKep, selaku dosen penguji
  3. drg. Moeryono Aladin, S.IP, SH, MM, selaku Kepala Rumah Sakit Patria IKKT

Dan nama-nama lainnya yang telah turut memberikan sumbangsih kepada penulis baik langsung maupun tidak dalam penyelesaian laporan riset ini.

Walaupun begitu, penulis sangat sadar bahwa masih terdapat kekurangan di sana-sini di dalam laporan ini. Maka dari itu, kami sangat terbuka terhadap kiritk dan saran kepada kami sebagai bahan evaluasi meningkatkan kualitas kami secara umum.

Jakarta, Juni 2016

Penulis

Sementara ini kami muat 4 contoh saja. Insya Allah akan kami tambah terus contoh-contoh lainnya. Kalau kamu belum menemukan contoh kata pengantar yang kamu butuhkan, silahkan request melalui komentar di bawah. Semoga manfaat ya.

Leave a Comment