19+ Ikan Hias Terpopuler, Inspirasi Untuk Para Pecinta Ikan Hias

Ikan Hias – Bagi kamu yang mencintai sesuatu yang indah, ketenangan, dan ingin memiliki hewan peliharaan yang indah, tapi tidak berisik dan juga tidak bikin kotor sana sini, Ikan hias bisa anda jadikan alternatifnya.

Ikan hias memiliki banyak jenis, banyak varian warna serta bentuknya yang lucu. Selain bisa dijadikan hiasan dalam rumah atau kolam, bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dijadikan sebagai usaha bisnis, karena bisnis ikan hias lumayan menjanjikan.

Memelihara ikan hias memeliki banyak manfaat, salah satunya dapat membuat ruangan jadi lebih hidup dan pikiran akan lebih tenang dengan melihat ikan-ikan hias tersebut. Sehingga anda dan keluarga tidak akan pernah bosan tinggal di rumah dengan adanya ikan hiasan yang di dalam atau pekarangan rumah.

Terdapat banyak jenis ikan hias di dunia, mulai dari bentuk, warnanya yang mempesona sampai ukurannya yang unik. Mulai dari ikan hias air tawar sampai ikan hias yang ada di lautan.

Mengenal Ikan Hias Terbaik Dari Seluruh Penjuru Dunia

ikan hias
maudisini.com

Pada tulisan kali ini, kita akan bahas menenai ikan hias yang paling populer dan banyak di minati oleh masyarakat, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar

ikan hias air tawar
bisfren.com

Ikan hias air tawar merupakan jenis ikan hias yang habitat aslinya di air tawar. Banyak orang yang memelihara ikan ini dengan tujuan berbeda-beda. Ada yang memeliharanya dengan tujuan sebagai hiasan semata. Dan ada pula yang memeliharanya dan membudidayakannya dengan tujuan bisnis.

Untuk tujuan hiasan biasanya ikan ini dipelihara dalam aquarium, dan untuk budidaya dengan tujuan bisnis dipelihara di kolam yang bersih. Untuk keperluan hiasan, bisa memelihara ikan sesuai dengan selera. Sedangkan untuk keperluan bisnis, tentu harus dipertimbangkan peluang untung dari ikan yang akan dipelihara.

1. Ikan Hias Arwana (Scleropages Formosus)

ikan hias arwana
arwanawiki.com

Ikan hias ini banyak dijumpai di negara-negara Asia tenggara. Ikan ini dijuluki sebagai ikan naga, alasannya karena ikan mempunyai dua sugut yang berada di bawah bibirnya yang berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi mangsa-mangsanya. Karena itu pulalah ikan sering pula dijuluki sebagai ikan predator.

Ikan arwana termasuk dalam kategori ikan yang dilindungi di seluruh dunia, yang habitatnya ada di daerah perairan Papua dan Kalimantan. Banyak yang menjadikan ikan arwana sebagai pilihan saat memelihara ikan hias karena warna yang sangat indah mempesona. Dan tidak sedikit pula yang membudidayakan ikan ini, sebab harganya yang sangat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu usaha bisnis dengan hasil yang memadai.

2. Ikan Hias Black Phatom (Apternatus Albifrons)

ikan hias black host
lidsky.com

Ikan Black Phatom juga biasa disebut black ghost atau hantu hitam. Habitat ikan ini banyak dijumpai di perairan sungai amazon dan surinam. Ikan ini digelari dengan sebutan black ghost, karena bila dilihat sepintas, ikan ini mirip dengan hantu hitam yang bentuknya agak menyeramkan. Apalgi bentuk ikan ini yang bergelamir membuat nama itu cocok untuk ikan ini.

Sebagian orang menyebutnya dengan nama “ikan penari balet”, sebab ikan ini suka melakukan gerakan maju mundur, serta jungkir balik dengan lenturnya. Hal ini karena ikan black ghost memiliki tubuh yang lentur dan menggelambir, sehingga mudah melakukan manuver yang tidak bisa dilakukan oleh ikan-ikan yang lain.

Bila diperhatikan dengan seksama, ikan black ghost termasuk ikan dengan ukuran yang lumayan besar, namun ikan ini dapat memakan makanan dengan ukuran kecil seperti jentik-jentik nyamuk, cacing kering dan pelet. Jadi tidak sulit untuk menyediakan makanan buat ikan ini saat dipelihara di dalam rumah atau sekitar rumah.

3. Ikan Hias Botia (Choromobotia Macrachantus)

Ikan hias botia
sajamijumibaca

Bentuk dan warna ikan ini sangat indah sehingga banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia maupun di manca Negara-negara tetangga. Ikan hias yang biasanya dipelihara dalam aquarium ini termasuk ikan dari family Cobtidae. Terdapat banyak jenis dari ikan hias botia, yang paling banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morleti, botia india, dan beberapa jenis ikan botia lainnya.

Ada beberapa jenis ikan botia yang berasal dari indonesia, yang paling terkenal adalah ikan botia macan dan ikan botia badut. Jenis ikan botia yang lebih banyak dikenal dikalangan para pecinta ikan hias dan juga lebih banyak di ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.

Ikan botia bentuknya agak bulat memanjang dan agak pipih kesamping, tidak bersisik, mulutnya agak ke bawah semacam torpedo dengan empat pasang antena atau sugut di atasnya. Warnanya kuning cerah dengan 3 garis lebar hitam.

Habitat ikan botia bisa kita temukan di perairan jernih dengan dengan bebatuan sebagai dasarnya, ikan botia aktif melakukan kegiatan mencari makan di malam hari kerena ikan ini merupakan nokturnal. Selain dijadikan hiasan, banyak juga yang menjadikan ikan ini sebagai salah satu jenis usaha yang mereka tekuni.

4. Ikan Hiu Bala (Bala-bala)

ikan hias hiu bala
animaliitalia.com

Ikan hiu kecil ini merupakan salah satu spesies ikan dari keluarga Cypirinidae dan merupakan salah satu dari dua spesies di dalam genus balanatiochelis, yang terkenal dengan sebutan ikan hiu bala atau bisa juga disebut dengan ikan bala-bala.

5. Ikan Cupang

ikan hias cupang
aquarium.ir

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang banyak terdapat di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Pada alam bebas, habitat ikan ini biasa ada di sungai, danau, serta rawa-rawa.

Salah satu keistimewaan utama ikan cupang adalah daya tahan tubuhnya yang sangat kuat, sehingga kelompok ikan ini sanggup hidup di dalam air dengan kadar oksigen yang sangat rendah.

Selain ketahanan tubuhnya, kelebihan lain ikan ini tentu saja dari bentuk tubuhnya yang sangat cantik, terutama ikan cupang jantan. Karena itu, jangan ragu jadikan ikan ini sebagai salah satu koleksi ikan hias kamu di rumah.

6. Ikan Koi

ikan koi hias
hobiikanhias.com

Saat membicarakan ikan hias, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak menyebutkan ikan yang satu ini. Ikan ini sangat terkenal, baik di kalangan para pecinta ikan hias maupun mereka yang hanya menjadikan ikan sebagai makanan konsumsi mereka. Dan ikan ini sangat digemari oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun manca negara.

Ikan koi merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas sehingga menghasilkan ikan dengan warna yang tubuh yang bervariasi. Pada awalnya, ikan hanya dikonsumsi oleh masyarakt luas. Namun belakangan, ikan ini pun mulai banyak dipelihara sebagai ikan hias karena keindahan tubuhnya.

Ada beberapa ikan koi yang diklarifikasikan, yaitu ikan koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Tancho, Asagi, Hikarimono, Hikarimoyo, Goromo, Matsuba dan Kawarimono.

7. Ikan Komet

ikan hias komet
hobiikanhiass.com

Ikan komet memiliki bentuk tubuh yang sangat indah, tubuh yang ramping dengan warna mereh menyala dan putih perak membuat siapa saja yang melihat akan takjub. Pada saat berenang, ekornya yang panjang akan terus melambai-lambai sehingga mata seolah tak amu berhenti memandangnya.

Ikan komet masih termasuk dari keluarga ikan mas yang berasal dari jepang, masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970. Sekilas ini mirip dengan ikan koi mas, karena memang keduanya masih kerabat.

Meskipun ikan ini termasuk ikan hias yang sangat indah, harganya sangat terjangkau sehingga tidak perlu takut kantong jebol bila ingin mengoleksinya.

Ikan Hias Air Laut

ikan hias air laut
infoikan.com

Bagi kamu para pecinta ikan his, rasanya kurang kalau kamu tidak melengkapi koleksi kamu dengan ikan hias air laut. Ikan hias air laut terkenal dengan bentuknya yang sangat indah dan lucu. Yang paling membedakan antara ikan hias air tawar dengan ikan hias air laut ialah biasanya ikan hias hias air laut jauh lebih agresif daripada ikan hias air tawar.

Memelihara ikan hias air laut ini memang cenderung lebih sulit karena tentu saja air yang digunakan harus air laut juga. Bila tempat tinggal kamu dekat pantai, ini akan jadi lebih mudah. Tapi kalau kamu tinggal jauh dari laut, ini akan sedikit butuh perjuangan sob,hh. Namun, usahamu tidak akan sia-sia, karena semua akan terbayarkan dengan keindahan ikan-ikan tersebut.

Berikut ini ada beberapa jenis ikan hias air laut yang bisa kamu jadikan inspirasi bila ingin mencoba memelihara ikan hias jenis ini:

1. Ikan Hias Watchman Gobies

ikan hias watcman gabies
reffronties.com

Ikan hias watchman gobies terkenal dengan beberapa pola, yang paling terkenal adalah bluspotted dan pink spotted watchman goby. Ikan ini memilki nama ilmiah Cryptocentrus.

Watchman goby merupakan ikan yang sangat egresif dan termasuk salah satu dari spesies ikan hias air laut atau air asin yang sangat bagi pemula ingin mencoba memelihara ikan hias air laut. Ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding ikan-ikan lainnya serta memiliki kemampuan berenang di atas rata-rata.

2. Ikan Hias Blue Devil

ikan hias
disiniaja.net

Ikan hias blue devil memiliki nama ilmiah Paraplesiops bleekeri. Jangan bayangkan ikan ini adalah ikan yang seram, bentuk tubuhnya tidaklah seseram namanya, bahkan ikan ini terlihat lumayan lucu dan imut.

Blue devil memiliki tubuh yang estesis, ukuran tubuhnya tidak terlalu besar. Unutk memelihara ikan blue devil, tidak perlu menggunakan aquarium yang besar karena rata-rata tubuh ikan jenis ini cenderung ramping dan kecil. Tubuh blue devil berwarna biru dengan bintik-bintik putih di bagian tubuhnya.

Bila kamu memelihara ikan ini, sebaiknya lengkapi aquarium kamu dengan ornamen karang, sebab habitas asli ikan ini di daerah laut yang penuh dengan karang.

3. Ikan Botana Blue Tang

ikan hias blue tang
petguide.com

Blue tang lebih terkenal di kalangan para pecinta ikan hias di Indonesia dengan nama botana. Jenis ikan ini sangat bervariasi, diantaranya botana bitu, botana kacamata dan botana kasur. Bila kamu pernah menonton film “Finding Nemo”, kamu pasti akan teringat dengan karakter ikan bernama “Dory” yang diperankan oleh ikan Blue Tang.

5. Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

ikan hias yellow tang
youtube.com

Zerasoma Flavenscens adalah nama ilmiah dari ikan Yellow Tang. Ikan ini masih bagian dari keluarga tang, dan termasuk jenis yang aktif bergerak dalam keluarga tang ini.

Yellow Tang ini sangat cocok dipelihara oleh kamu para pemula karena perawatannya tidak terlalu rumit, dan bentuk ikan ini pun cukup mengesankan dengan warna tubuhnya yang didominasi oleh warna kuning.

6. Ikan Lion Fish

Ikan hias yellow tang
californiadiver.com

Ikan Hias air laut lion fish nama ilmiahnya adalah Pterois dan termasuk dalam keluarga Scorpaenidae. Pada tubuh ikan ini terdapat ornamen-ornamen seperti duri.

Bila kamu berniat memelihara lion fish, kamu harus selektif bila ingin memasukkan ikan lain ke dalam satu aquarium dengannya, sebab makanan ikan ini agak berbeda dengan makanan ikan hias air laut lainnya.

7. Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan Hias Butterfly Fish
brocast8.raasing.com

Butterfly fish memiliki habitat besar di sekitar Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, dengan nama ilmiah Chaetodontidae. Bagi para pemula dalam memelihara ikan hias air laut, ikan ini menjadi salah satu ikan hias air asin yang dirokemendasikan, sebab memelihara cenderung lebih mudah.

ikan ini memiliki bentuk tubuh dan corak yang yang bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu, sehingga ikan ini pun dinamai Butterfly Fish. Ruangan kelurga kamu akan jadi sangat menarik bila aquarium di ruangan tersebut diisi dengan ikan Butterfly fish ini.

Ikan Hias Paling Mahal

ikan hias paling mahal
bisfren.com

Memelihara ikan hias memang sangat digemari oleh banyak orang. Keindahan bentuk tubuh dan warnanya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pecintanya.

Beberapa orang rela melakukan perjalanan jauh ke berbagai daerah sampai ke luarga negeri, hanya untuk mendapatkan ikan hias yang mereka inginkan. Bahkan diantara mereka banyak yang rela merogok kocek sangat dalam demi memelihara ikan kesukaannya.

Selain sebagai hiasan yang menyenangkan, ikan hias ternyata bisa jadi salah satu bentuk bisnis yang sangat menguntungkan. Bayangkan saja, beberapa jenis ikan hias dibanderol dengan harga puluhan juta, ratusan juta, sampai milyaran rupiah untuk setiap satu ekor.

Nah, berikut ini beberapa jenis ikan hias yang bisa bikin kantong jebol karena harganya yang ngak masuk akal, tapi menjadi buruan beberapa pecinta ikan hias.

1. Ikan Arwana Platinum

ikan arwana platinum
binatangpeliharaan.com

Ikan arwana menjadi salah satu primadona dalam keluarga ikan hias, dengan harganya yang ngak masuk akal. Bayangkan saja, satu ekor ikan ini bisa dibanderol dengan harga 5.3 milyar rupiah. Dengan harga tersebut, ikan arwna pun dinobatkan sebagai ikan termahal di dunia sampai sekarang.

Ikan arwana memeliki beberapa varian warna, seperti merah, kuning, perak, dan hijau. Corak pada tubuh ikan arwana platinum muncul dari hasil mutase genetic yang sangat langka.

Penyebaran ikan arwana banyak terdapat di Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Afrika. Ukuran tubuh ikan arwana bisa mencapai 35 inci dan bisa bertahan hiidup selama 50 tahun.

2. Ikan Pari Polka Dot

ikan pari polkadot
animals-farm.com

Ikan hias termahal selanjutnya adalah ikan pari polka dot dengan banderol sampai 1.3 milyar rupiah. Ikan pari termasuk ke dalam satu jenis ikan hias air tawar, yang dapat ditemukan di sungai Xingu, Brazil.

Tubuh ikan pari polka dot dihiasi dengan corak yang berwarna putih totol-totol yang membuatnya semakin eksotis dan dibanderol tinggi.

Habitat ikan ini berada pada perairan dengan dasar berpasir. Ikan jenis ini kebanyakan menghabiskan waktu di dasar perairan, sesekali muncul ke permukaan untuk mencari makanan. Bila ingin memelihara ikan pari polka dot, siapkan aquarium dengan ukuran yang cukup besar dan dasarnya diberi pasir.

3. Ikan Peppermint Angelfish

kompasiana
kompasiana.com

Ikan peppermint termasuk dalam jenis ikan hias dengan harga yang sangat mahal. Harga ikan ini bisa mencapai 400 juta. Tingginya harga ikan ini disebabkan bentuknya yang sangat indah dan termasuk ikan yang sudah langka.

Habitat ikan ini ada di perairan yang sangat dalam, sehingga dibutuhkan peralatan khusus untuk menangkapnya. Tubuh ikan didominasi oleh warna merah dan terdapat corak garis putih yang membuat ikan ini semakin menarik.

4. Ikan Neptune Grouper

Ikan Neptune Grouper
duniatrik.com

Keindahan tubuh ikan ini tidak perlu diragukan kali, maka tak heran bila peminatnya sangat banyak. Namun, sangat sulit untuk mendapatkan ini di pasaran karena ikan ini habitat ada pada perairan yang sangat dalam sehingga sulit ditangkap.

Ikan neptune memiliki corak yang berwarna kuning dan orange, bila sudah dewasa coraknya berubah menjadi warna merah muda dengan warna kuning cerah. Corak inilah yang menjadi nilai tambah bagi ikan ini. Ikan ini dibanderol sampai 80 juta rupiah.

5. Ikan Candy Basslet

Ikan Candy Basslet
ocean.si.edu

Ikan yang satu ini termasuk ikan hias air asin karena habitat aslinya ada di laut. Warna ikan lebih beragam dibanding ikan-ikan hias yang lainnya. Banyak yang memeliharanya karena ikan dianggap lucu dan menggemaskan.

Habitat asli ikan ini hanya ada di sepanjang pantai Curacao, Karibia. Para pencari ikan harus memburunya sampai masuk ke sela sela batu untuk mendapatkan ikan Candy Basslet ini. Karena bentuknya yang indah dan populasi termasuk langka, maka tidak mengherankan kalau harga ikan ini cukup mahal, yaitu bisa mencapai 13 juta rupiah.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang berbagai jenis ikan hias, mulai dari ikan hias air tawar, ikan hias air laut, dan juga ikan hias paling mahal yang sering menjadi buruan para pecinta ikan hias.

Semoga penjelasan ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu agar segera menentukan pilihan untuk memelihara ikan hias yang sesuai dengan selera dan budgetmu. Bila kamu adalah seorang pemula, ada baiknya kalau kamu mencoba dulu ikan hias air tawar.

Selain perawatannya jauh lebih muadah, juga terdapat banyak pilihan yang bisa kamu pilih. Namun, bila kamu tertarik memelihara ikan hias air laut, tidak masalah asalkan kamu tetap memperhatikan kebutuhan ikan agar ikan kamu tetap sehat dan segar.

Jika kamu ingin bergelut di bidang bisnis ikan hias, jenis-jenis ikan yang telah disebutkan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat karena pencariannya lumayan banyak di pasaran. Selamat mencoba.

Leave a Comment