21+ Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Efektif Dan Menyehatkan

CARA MENGECILKAN PERUT – Perut merupakan salah satu daerah tubuh yang paling banyak menimbulkan kegelisahan bagi setiap orang.  Setaip pria maupun wanita yang memiliki perut buncit akan menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan untuk dilihat. Disamping itu, perut buncit juga akan menyebabkan orang yang memilikinya dapat mengurangi rasa percaya dirinya. Meskipun bukan merupakan masalah serius. Namun, perut buncit dapat menjadikan penampilan anda kurang menarik.

Tidak hanya itu, perut buncit juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi orang tersebut seperti. Stroke, diabetes, obesitas, dan serangan jantung. Kebanyakan orang yang mengalami hal tersebut kebanykan disebabkan oleh perut buncit yang tidak terkontrol. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang yang ingin mengecilkan perut buncitnya. Baik dengan olahraga, makanan, minuman, pola hidup, sampai pada tahap operasi untuk mengecilkan perut.

Penyebab Perut Buncit

perut buncit
Sumber: hallosehat.com

Mari kita mulai dengan bagian pertama tentang penyebab perut buncit. Pasti kita sudah paham dan tahu betul penyebab perut buncit. Semua pasti setuju jika makan berlebih dan kurangnya aktifitas menjadi penyebab utama penumpukan lemak di tubuh kita.

Perut buncit yang dialami seseorang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dimana, faktor ini merupakan faktor yang sering dilakukan oleh sebagian orang yang membuatya mengalkami perut yang buncit.

1. Perut Buncit Karena Pola Makan Berlebih

Perkara pertama yang dilakukan oleh orang yang mengalami perut buncit adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.

Dengan demikian orang yang memiliki pole makan yang berlebihan dan tidak teratur. Hal akan menyebabkan masalah yang paling sering dihadapi pertama kali adalah pada bagian pertu yang mulai buncit.

2. Mengonsumsi Junk Food

Kebiasaan orang Indoensia yang sering mengonsumsi makanan junk food, gorengan, serta makanan yang mengandung lemak serta bersantan.

Dengan seringanya mengonsumsi makanan tersebut. Akan menyebabkan perut mengalami penimbunan lemak pada daerah yang paling umum terlihat adalah bagian perut.

3. Kurang Olahraga Sebabkan Perut Buncit

Kurang olahraga atau bergerak pun juga menjadi penyebab seseorang mengalami perut buncit. Hal ini dikarenakan atas akitifitas harian yang dilakukannya yang serba sibuk dan pada.

Dengan demikian, dikarenakan kurangnya tubuh dalam membakar kalori akan mengalami penimbunan didaerah perut.

Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

olahraga mengecilkan perut buncit
sumber: freecara.info

Ada banyak cara mengecilkan perut bagi anda yang telah memiliki perut yang buncit. Salah satunya adalah dengan olahraga. Olahraga merupakan suatu hal yang paling sering dilakukan orang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan idela. Terutama jika anda ingin mendapatkan bentuk perut yang anda idamkan.

Ada jenis dan bentuk olahraga yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Beberapa olah raga yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut

1. Joging

cara mengecilkan perut dengan olahraga jogging
sumber: Youtube.com

Cara mengecilkan perut yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah dengan melakukan jogging. Dengan melakukan jogging akan membuat tubuh anda membakar kandungan lemak yang ada ditubuh anda terutama diperut anda.

Ketika anda mulai rutin melaksanakan olaharaga jogging yang satu ini akan membuat perut anda akan mengecil. Hal ini dikarenakan jogging akan membuat tubuh dalam memompa darah dan oksigen keseluruh tubuh yang berfungsi untuk mempercepat metabolisme. Dengan metabolisme tubuh yang bekerja dengan cepat.

Maka, tubuh akan membutuhkan energi untuk menutupi kalori yang terbakar dengan cadangan makan yang berupa lemak ini. Sehingga, lemak dalam tubuh akan berkurang secara berkala dan akan membuat perut anda mengecil.

2. Berjalan

olaharaga mengecilkan perut dengan berjalan
Sumber: pixabay.com

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar ketika melakukan olahraga ini. Cuku kesiapan dan konsisten diri anda untuk melakukannya. Cara mengecilkan perut dengan berjalan kaki merupakan cara yang paling dapat anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Bagi anda yang orang yang rumahnya dekat dengan tempat bekerja anda. Mulailah dengan berolahraga dari rumah menuju tempat kerja dengan cara berjalan. Atau anda daat melakukannya ketika akan menuju ruang kerja dengan cara menaiki tangga.

Dengan demikian tubuh anda akan secara berkala akan membakar kalori yang anda dibadan anda. Lakukan olahraga ini antara 30 sampai 40 menit setiap harinya.

3. Berenang

mengecilkan perut dengan berenang
sumber: content.shopback.com

Cara mengecilkan perut yang satu ini merupakan salah satu olahraga yang termasuk cepat dalam mengecilkan perut. Dengan berenang akan membuat badan anda bergerak secara teratur. Sehingga, akan efektif dalam membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh anda.

Disamping itu, berenang dapat mengecilkan perut. Berenang juga memiliki banyak manfaat lainnya. Seperti memperkuat pernafasan, Menjaga stamina, menyehatkan jantung, serta manambah tinggi badan. Lakukanlah olahraga berenang ini seminggu sekali atau duakalu dalam seminggu.

4. Bersepeda

mengecilkan perut dengan bersepeda
sumber: tipsperawatancantik.com

Bersepeda juga merupakan olahraga yang baik dalam cara mengecilkan perut anda. Dengan bersepeda bagian tubuh bagian bawah akan terus bergerak untuk membakar kalori dan lemak yang tersimpan dalam tubuh anda.

Bersepeda juga dapat menjadi olahraga bagi anda untuk berekreasi bersama keluarga. Dengan bersepeda ditaman, atau rute khusus pesepeda akan membuat anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

Mulailah bersepda dengan rute yang pendek dahulu untuk meningkatkan stamina anda. Kemudian, mulailah rutin dalam beresepeda. Misal untuk berangkat ketempat kerja, pergi kepasar, atau kegiatan lainnya yang dengan bersepeda tersebut. Hal ini akan berdampak baik bagi perut anda mengecil dan mengencang.

5. Olahraga Pembentuk Perut

olahraga mengecilkan perut
sumber: pixabay.com

Olahraga pembentuk perut sangat banyak variannya mulai dari pelatihan kardio sampai gymnastic. Dengan olahraga pembentuk perut ini merupakan cara mengecilkan perut yang baik jika anda lebih suka untuk berolahraga dalam ruangan.

A. Sit Up

olahraga sit up mengecilkan perut buncit
sumber: cdn.thegentlemansjournal.com

Cara mengecilkan perut dengan melakukan sit up merupakan olahraga pembentuk perut yang bagus untuk mengecilkan perut. Melakukan sit up secara rutin dan berkala akan menghasilak perut anda yang mulai mengecil dan akan menghasilkan otot perut yang sangat menawan untuk dilihat.

Bagi anda yng ingin melakukan olahraga sit up ini. Anda dapat melakukannya didalam rumah anda. Caranya adalah dengan baring terlentang. Kemudian, menempatkan keduatangan dibelakang kepala. Setelah itu tekuklah lutu anda sekitar 45 derajat atau dapat dengan meluruskannya sejajar dengan badan anda.

Mulailah mengangkangkat kepala anda secara perlahan sampai anda duduk bisa duduk dengan sempurna. Kemudian, berbaring lagi dan lakukan kegiatan yang sama secara berulang. Lakukan sit up sebanyak sepuluh kali kemudian istirahat sekitar sepuluh detik lalu lakukan sit up lagi.

Ketika anda mengalami kendala ketika mengangkat badan anda. Anda dapat meminta bantuan keluarga untuk menahan kaki anda sehingga, anda dengan mudah mengangkat badan anda. Lakukan kegiatan ini secara perlahan dan bertahap dipagi atau sore hari. Serta jangan terlalu cepat dalam melakukannya yang dapat membuat perut anda mengalami kram dan kesakitan.

B. Push Up

Push Up Mengecilkan perut buncit
sumber: ganlob.com

Cara mengecilkan perut dengan melakukan push up juga merupakan olahraga pembentuk perut yang baik untuk dilakukan. Tidak hanya akan mengecilkan perut anda tetapi, juga akan membentuk tubuh bagian atas terutama lengan dan bahu anda.

 Dengan melakukan push up perut anda akan tertarik dan membuat ototnya kencang. Kemudian, setiap gerakan push up yang anda lakukan akan membuat perut anda terus membakar lemak dan kalorinya.

Dengan demikian perut anda akan mengecil dengan cara bertahap. Lakukanlah kegiatan push up untuk pertama seperti sit up sebanyak 10 kali kemudian beristirahat dan melakukannya lagi.

C. Back Up

Back Up mengecilkan perut buncit
sumber: thephysicaltherapyadvisor.com

Olahraga pembentuk perut dengan cara back up merupakan cara mengecilkan perut selanjutnya. Berkebalikan dengan olahraga sit-up. Olahraga back up ini dilakukan dengan cara tengkurap.

Berbaringlah dengan posisi lurus tengkurap menghadap matras. Kemudian, letakanlah tangan anda berada disamping tubuh atau dibelakng kepala anda. Setelah itu, mulailah mengangkat kepala anda keatas seraya mempertahankan kaki dan perut anda tetap menempel dimatras.

Dengan melakukannya secara berkala akan dapat membantu anda untuk mengecilkan perut anda. Alangkah baiknya ketika anda dapt melakukan ketiga olahraga pembentuk perut mulai dari sit up, push up, dan back up secara berkala.

6. Yoga

olahraga yoga yang menyehatkan
sumber: res.cloudinary.com

Cara mengecilkan perut dengan cara yoga pun juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mengecilkan perut anda. Olahraga yoga terkadang didominasi oleh para wanita yang ingin ketenangan serta perut yang tidak buncit.

Dengan melakukan yoga disamping pikiran menjadi tenang. Juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut. Hal ini dikarenakan salah satu faktor yang membuat perut buncit adalah pikiran anda yang stess dan memiliki tekanan. Dengan gerakan yoga anda dapat meredakan pikiran anda dan membantu untuk mengecilkan perut.

Terdapat beberapa jenis gerakan yoga yang baik bagi anda para wanita untuk mengecilkan perut diantaranya:

 A. Tadasana dan Urdhva hastasana

mengecilkan perut dengan gerakan tadasana urdhva hastasana
sumber: shutterstock.com

Cara mengecilkan perut dengan gerakan yoga pertama adalah dengan gerakan Tadasana dan Urdhva hastasana. Gerakan ini dapat anda lakukan didalam rumah anda dengan bersama keluarga sebagai penyemangat bagi anda. Serta juga sebagai quality time bersama keluarga.

Gerakan Tadasana dan Urdhva hastasana dilakukan dengan sikap berdiri diatas matras dengan posisi tangan lurus disamping kiri dan kanan.

Kemudian, angkat perlahan tangan anda dari samping sampai lurus dan menyatu diatas kepala anda. Dan menahannya beberapa saat. Setelah itu, turunkan perlahan tangan anda keposisi semula sambil membuang nafas.

Kemudian, angkat tangan anda dan rentangkan diatas kepala anda. Lalu, menyatukan jari tengah kiri dan kanan yang berbentuk segitiga. Perlahan-lahan dicondongkan tubuh kearah kiri kurang lebih 5 detik dan lakukan kearah sebaliknya. Lakukan kegiatan ini sekitar 20-30 menit sehari.

B. Pawanmuktasana

yoga pawanmuktasana mengecilkan perut buncit
sumber : remedyspot.com

Posisi yoga kedua sebagai cara mengecilkan perut adalah dengan melakukan gerakan pawanmuktasana. Kegiatan ini dilakukan dengan cara berbaring diatas matras. Setelah itu, letakkan kedua tangan anda disisi kiri dan kanan anda dan menempelkannya kematras.

Setelah itu, angkat kaki anda dengan terus menahan lutut anda agar tidak tertekuk saat mengangkat kaki anda. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik kemudian turunkan. Lakukan lagi beberapa kali dalam satu kali sesi untuk mendapat hasil yang maksimal.

C. Apanasana

mengecilkan perut buncit dengan gerakan Apanasana
sumber: i.ytimg.com

Cara mengecilkan perut berikutnya dengan cara gerakan yoga berikutnya  adalah gerakan Apanasana. Bagi anda yang suka gerakan menanangkan gerakan yoga ini mungkin cocok untuk anda.

Gerakan ini dilakukan dengan merebahkan tubuh diatas matras dengan kondisi yang rileks. Kemudian angkat lutut anda sampai diatas perut dengan tangan memeluk lutut. Setelah itu, angkat sedikit posisi tubuh anda tahan posisi anda selama 10 – 15 detik. lalu, luruskan lagi dan melakukan gerakan itu lagi.

D. Paschimottanasana

mengecilkan perut dengan paschimottanasana
sumber: yogajournal.com

Gerakan cara mengecilkan perut berikutnya adalah dengan gerakan yoga Paschimottanasana. Gerakan ini dilakukan dengan posis awal adalah dengan duduk santai dengan kaki yang diluruskan kedepan.

Kemudian, rebahkan badan dan kepala menuju lutut sembari tangan memegang telapak kaki. Setelah itu, tahan posisi tersebut semampu anda dan kembali keposisi semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam satu sesi untuk mendapatkan hasil yang baik.

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

mengecilkan perut dengan cara alami
sumber: pixabay.com

Tidak hanya dengan olahraga anda dapat mengecilkan perut anda. Namun, mengecilkan perut dengan cara alami dengan bantuan makanan pun menjadi salah satu faktor yang dapat membantu  mengecilkan perut anda.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat anda konsumsi untuk membantu metabolisme anda. Sehingga, anda dapat mengecilkan perut anda secara alami untuk memantu gerakan olahraga yang anda lakukan juga. Beberapa jenis makan yang dapat anda konsumsi diantaranya :

1. Air Mineral

mengecilkan perut secara alami dengan air minum
sumber: pixabay.com

Cara mengecilkan perut dengan banyak mengonsumsi air mineral (H2O) memantu tubuh anda dalam membuang zat – zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi delapan gelas air setiap harinya akan dapat membantu metabolisme tubuh anda dalam membuang racun – racun serta zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh anda.

Sehingga, dengan sering mengonsumsi air mineral akan mempercepat metabolisme dan membantu mengecilkan perut anda.

2. Yogurt

yogurt sehat untuk perut buncit
sumber: eatthis-cdn.com

Disamping enak dan bergizi ternyataolahan susu berupa yogurt ini ternyata dapat membantu anda untuk mengecilkan perut. Dengan kandungan lemak yang rendah dan mampu membersihkan saluran pencernaan anda.

Dengan demikian, kinerja dan kerja usus anda akan bekerja dengan mengelurkan zat sisa dan menyerap kandungan makanan. Hal ini akan mempercepat kandungan lemak yang tersimpan akan dapat diserap oleh tubuh dan menjadi energi bagi anda.

3. Semangka

Semangka untuk perut sehat mengecilkan perut
sumber: adira.co.id

Cara mengecilkan perut dengan mengonsumsi semangka pun juga dapat membantu anda mengecilkan perut anda. Hal ini dikarenakan kandungan serat serta dapat mempercepat proses detoksifikasi pada tubuh anda.  

4. Buncis

buncis untuk mengecilkan perut
sumber; infosehat.com

Sayuran yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. Cara mengecilkan perut dengan memakan buncis akan membantu anda. Hal ini dikarenakan buncis memiliki kandungan protein dengan kandungan Flavanoid yang tinggi.

Disamping itu, kandungan antioksidan pada buncis juga tinggi akan sangat baik dalam mengurangi lemak dalam tubuh anda.

5. Jeruk Nipis dan Lemon

minum Jeruk Nipis Lemon untuk mengecilkan perut buncit
sumber: perutgendut.com

Buah ini disamping enak dan bergizi ternyata buah lemon dan jeruk nipis pun dapat membantu anda untuk mengecilkan perut. Dengan kandungan detoksifikasi yang tinggi akan membantu dalam menghancurkan lemak berlebih dalam perut anda.

Anda dapat mengonsimsi ini secara langsung atau dapat membuatnya menjadi minuman yang nikmat. Dengan mengonsumsi minuman ini setiap pagi akan membantu proses mempercepat proses mengecilkan perut anda.

6. Apel dan Pepaya

buah apel dan pepaya untuk mengecilkan perut buncit
sumber: kompas.web.id

Dengan kandungan serat yang tinggi. Buah apel dan pepaya merupakan buah yang paling baik dikuonsumsi bagi anda yang memiliki program diet untuk mengecilkan perut anda.

Berdasarkan banyak penelitian mengonsumsi buah pepaya atua apel secara rutin akan mempercepat proses pencernaan dalam membuang zat sisa dalam tubuh. Sehingga, kandungan lemak yang tersimpan dalam perut akan dapat diproses dan tidak menumpuk lagi. 

7. Kacang – Kacangan

cara mengecilkan perut dengan kacang
sumber: trivia.id

Dengan menyadang predikat sebagai sumber serat yang tinggi. Kacang kacangan merupakan makanan yang baik dalam cara mengecilkan perut anda. Mengonsumsi kacang seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang polong, dan jenis kacang lainnya akan membantu untuk mengecilkan perut.

Dengan kandungan lemak jenus, omega 3, omega 6,dan omega 9 kacang menjadi makanan yang cocok bagi anda. Serta kandungan protein yang tinggi juga berfungsi dalam mengusir lemak yang dikandung oleh perut anda. 

8. Sayur – Sayuran

cara mengecilkan perut dengan sayur mayur
sumber: pedulisehat.info

Bagi anda yang menginginkan perut yang tidak buncit. Maka, dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran merupakan cara mengecilkan perut yang baik.

Dengan memiliki kandungan kalori, rendah lemak, serta serat yang tinggi akan membantu dalam mengikat air dalam tubuh yang akan membantu dalam pencernaan dan melarutkan lemak. Dalam sehari anda dapat mengonsumsi 14 gram. Akan membantu dalam mengurangi kandungan lemak dalam tubuh.

9. Green Tea

mengecilkan perut buncit dengan green tea
sumber: lifehack.org

Sejak saat dahulu teh hijau digunakan oleh orang secara tradisional untuk mengecilkan perut. Mengonsumsi teh hijau ini salah satu cara yang baik dalam menurunkan berat badan dan cara mengecilkan perut yang baik bagi kesehatan.

Kandungan yang dimiliki oleh teh hijau dalam membasmi kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Dengan demikian, dengan mengonsumsi rutin teh hijau hangat tanpa gula akan baik untuk kesehatan dan mengecilkan perut anda. 

10. Minyak Kelapa

mengecilkan perut dengan minyak kelapa
sumber: well-beingsecrets.com

Minyak kelapa merupakan cara mengecilkan perut yang baik bagi tubuh anda. Dengan mengonsumsi minyak kelapa sebanyak 2 sendok atau sekitar 30 ml setiap harinya akan membuat perut anda mengecil.

Dalam sebuah penelitian, orang meminum minyak kelapa selam 12 minggu mengalami penurunan lemak perut sekitar 2,86cm tanpa harus mengubah pola olahraga dan dietnya. Minyak kelapa juga dikenal sebagi asam lemak mengengah yang dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak yang tersimpan.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketikan ingin mengecilkan perut anda. Bagi anda yang serius untuk mngecilkan perut, mulailah dengan melakukan program diet yang rutin serta menghindari sebab-sebab yang membuat perut anda membuncit.

Tetaplah berusaha untuk menjaga kesehatan anda. Maka, tidak hanya anda yang mendapat manfaatnya orang-orang disekitar anda pun akan merasakan manfaatnya.

Leave a Comment