Cara Memperlancar ASI dengan Berbagai Metode

ASI ialah keperluan pokok bayi. Sangat dianjurkan untuk melengkapi hajat ASI si bayi sampai berumur 2 tahun. Namun kenyataannya tidak sedikit BUSUI (Ibu Menyusui) yang tidak memproduksi ASI sesuai kebutuhan, bahkan ada yang macet sama sekali. Namun jangan takut lagi Bunda, ASI bisa dirangsang dengan alamiah untuk mengalir lebih berlimpah.

Sebelum saya teruskan sharing mengenai “CARA MEMPERLANCAR ASI” penting Bunda pahami bahwa kaidah pembentukan ASI adalah “penawaran dan permintaan”.

Tingginya pembuatan ASI akan setara dengan daya sedot bayi. Semenjak hamil badan bunda mulai memberitahukan kepada payudara untuk membentuk ASI. Setelah baby lahir payudara telah tahu waktunya membentuk ASI. Namun dia belum ngerti volume persisnya susu yang dibutuhkan secara proporsional.

Saat itulah momen yang tepat untuk memenej dan menstimulasi keluarnya ASI. Apabila kerap diminum bayi atau diambil maka badan akan membuat susu lebih tinggi. Kebalikannya, apabila ASI jarang diminum pembuatannya akan semakin sedikit.

Seiring berlalunya waktu payudara Bunda akan mengerti banyaknya ASI yang dibutuhkan si bayi. Sebagai pengetahuan tambahan berikut ini tips untuk meningkatkan susu bunda dengan cara alami.

1. Lengkapi kebutuhan nutrisi Bunda

Sangat penting untuk menambah nutrisi bagi ibu menyusui. Karena ASI akan dihasilkan dari makanan yang dimakan oleh BUSUI.

BACA: MPASI Usia 6 Bulan

2. Lebih sering menyusui, memompa dan memeras ASI

Sesuai yang telah saya bahas di depan, bahwa semakin tidak sering bayi menyedot susu maka produksi ASI BUSUI akan menurun.

3. Minimalisir stress BUSUI dengan bantuan pasangan

Peran ayah bayi dalam proses menyusui juga sangat penting. Sebab tekanan fikiran dapat menurunkan pembentukan ASI sehingga situasi kejiwaaan Ibu menyusui harus diperhatikan.

4. Lakukan penyusuan bayi secara random

Apabila bayi sudah bosan dari puting kanan kemudian ganti ke puting kiri, seperti itu seterusnya. Cara ini dilakukan supaya keadaan payudara terus menerus kosong kanan maupun kiri.

5. Menggunakan Obat Pelancar Asi

Jika upaya-upaya Bunda diatas belum terasa hasilnya, Bunda dapat menggunakan semacam obat pelancar ASI (ASI Booster) yang alamiah. Perhatikan usahakan beli yang alamiah ya Bunda, bila tidak alami dikhawatirkan akan memiliki efek samping buat Bunda dan juga si kecil. Salah satu obat pelancar susu yang diusulkan penulis adalah ASI Booster Tea (ABT).

Demikianlah sedikit sugesti yang mungkin membantu Bunda meningkatkan ASI. Selain menggunakan tehnik – tehnik diatas jangan lupa untuk berdoa kepada yang Maha Kuasa dan optimis bahwa si bayi punya rizki ASI. Jadi Bunda tidak panik waktu susu belum keluar. Pasti terdapat jalan atas si bayi memperoleh ASI.

Leave a Comment