Berbagai Jenis Jam yang Harus Anda Ketahui

Ketika Anda memutuskan untuk membeli arloji, itu bisa menjadi keputusan yang jauh lebih rumit daripada yang terlihat.

Dengan beragam gaya dan jenis arloji yang tersedia, keputusan sederhana Anda bisa jadi sulit sejak awal.

Ada kategori tontonan untuk gaya hidup, penggunaan, dan bahkan karier tertentu.

Proses pengambilan keputusan Anda bahkan lebih sulit jika Anda tidak tahu berbagai jenis jam tangan yang tersedia di pasar, di mana kita masuk.

Beberapa Hal yang Harus Diingat

Kapan dan di mana Anda ingin memakai jam tangan adalah pertimbangan paling penting yang harus diingat ketika memilih jam tangan.

Arloji “gaya” yang cantik mungkin bukan pilihan terbaik bagi seseorang yang menghabiskan waktu di luar secara teratur, sedangkan arloji mahal atau arloji pilot mungkin sedikit lebih banyak daripada yang Anda butuhkan dalam pekerjaan kantor Anda.

Tentu saja, Anda juga harus mempertimbangkan gaya; jika Anda duduk di depan komputer sepanjang hari tetapi benar-benar menyukai tampilan jam tangan selam, lakukan saja!

Sadarilah bahwa Anda mungkin menghabiskan lebih dari yang Anda butuhkan untuk memenuhi persyaratan ketepatan waktu Anda.

Namun, kadang-kadang arloji Anda lebih tentang keinginan Anda; tidak masalah mengapa Anda mencari jam tangan baru, ada jenis jam tangan yang sempurna untuk apa yang Anda cari.

Kategori Jam

Meskipun ada banyak gaya jam tangan yang berbeda, mereka umumnya jatuh ke dalam salah satu dari dua jenis jam tangan.

Jam Tangan Mekanik

Beberapa jam tangan termahal di pasaran ditenagai oleh gerakan mekanis.

Ini adalah jam tangan yang sesuai dengan ide tradisional jam tangan: kasing yang diisi dengan roda gigi dan perangkat kecil lainnya yang ditenagai oleh pegas yang memerlukan belitan.

Ada subbagian dari jam tangan mekanik yang disebut jam tangan otomatis yang menjaga diri mereka sendiri luka untuk sebagian besar, didukung oleh segala sesuatu dari sinar matahari ke gerakan kinetik yang dihasilkan oleh pergelangan tangan mereka pada siang hari.

Jika Anda dapat mendengar detak arloji, kemungkinan besar arloji mekanis, karena suara bising itu dihasilkan oleh aksi pegas yang memberdayakannya saat terlepas.

Jam Tangan Quartz

Alih-alih menggunakan roda gigi dan mekanisme presisi untuk menjaga waktu secara akurat, arloji kuarsa menggunakan sepotong kristal kuarsa yang sebenarnya untuk menjaga waktu.

Ini dilakukan dengan mengirimkan arus listrik melalui kristal, menyebabkannya berdenyut. Frekuensi getaran diterjemahkan oleh sebuah sirkuit menjadi motor kecil yang memberi tenaga pada tangan.

Jam tangan gerakan kuarsa adalah beberapa jam tangan paling akurat yang tersedia, meskipun mereka memang membutuhkan baterai baru dari waktu ke waktu.

Sekarang setelah Anda tahu apa yang memberi daya pada arloji, mari kita lihat berbagai jenis yang tersedia. Bersiaplah, karena ini mungkin daftar yang lebih panjang dari yang Anda harapkan.

Daftar Jenis Jam

Sebuah arloji tidak hanya memberi tahu Anda waktu; sebuah jam tangan bisa menjadi ekspresi kepribadian dan gaya atau bahkan cara untuk menunjukkan status Anda dalam kehidupan.

Juga, beberapa profesi membutuhkan sesuatu yang lebih dari jam tangan standar.

Apa pun yang Anda ingin jam tangan Anda lakukan untuk Anda atau katakan tentang Anda, ada jenis jam tangan yang persis Anda inginkan.

Jam Tangan Kronograf

Ini bisa dibilang jenis jam tangan paling populer yang dijual hari ini, tetapi yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa jam tangan kronograf bukanlah penemuan terbaru.

Pada awal 1800-an, tidak lain dari Raja Louis XVIII dari Perancis ingin mengatur waktu pacuan kuda dengan lebih akurat, jadi ia menempatkan pembuat jam kerajaan untuk bekerja menciptakan apa yang kemudian dikenal sebagai jam tangan kronograf.

Jam tangan ini datang dalam berbagai gaya tetapi selalu dikenali oleh tombol wajah dan samping mereka. Sebagian besar jam tangan chronograph memiliki tampilan jam utama dan tiga dial inset yang lebih kecil. Panggilan ini dapat digunakan sebagai stopwatch dengan dua tombol, atau “pushers,” di samping kasing.

Bahkan ada jenis jam tangan kronograf khusus, termasuk kronograf ganda, kronograf pelaut yang membantu melacak pasang surut, kronograf dokter yang dapat membantu profesional medis melacak detak jantung dan pernapasan, dan banyak lagi.

Jika Anda perlu mengatur waktu untuk sesuatu, jam tangan chronograph adalah pilihan tepat untuk Anda.

Jam Tangan Selam

Jam tangan selam dirancang sesuai dengan namanya; jam tangan jenis ini dibuat sedemikian rupa sehingga akan terus berfungsi dengan sempurna di pergelangan tangan seorang penyelam.

Ini tahan tidak hanya untuk air itu sendiri, tetapi juga tekanan air yang menyertai.

Menyelam jam tangan memiliki bezel berputar untuk memungkinkan penyelam melacak sisa pasokan udara mereka, dan arloji khas penyelam memiliki ketahanan air antara 500 dan 1.000 kaki, meskipun ada beberapa desain terbaru yang menawarkan ketahanan air pada kedalaman yang lebih besar.

Tentu saja, tidak ada arloji yang benar-benar kedap air, tetapi arloji selam lebih dekat daripada arloji jenis lainnya.

Mereka juga tersedia dalam berbagai gaya, jadi jika Anda menikmati menghabiskan waktu di air atau melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan Anda, arloji menyelam kemungkinan besar adalah apa yang Anda butuhkan.

Jam Tangan Militer

Ini adalah jenis arloji yang tidak disadari banyak orang, tetapi pengenalan jam tangan yang dirancang khusus untuk anggota militer pada tahun 1800-an secara langsung mengarah ke mempopulerkan arloji di kalangan masyarakat umum.

Ketika personil militer memakai jam tangan mereka di rumah saat cuti, semua orang ingin tahu di mana mereka bisa mendapatkannya, dan pembuat jam tahu pasar yang lapar ketika mereka melihatnya.

Militer telah lama menjadi kekuatan pendorong di balik inovasi dalam desain arloji, terutama dalam fungsi tangan kedua. Selama kampanye, tentara perlu menyinkronkan arloji mereka secara tepat untuk mengatur waktu manuver, yang mengarah pada desain tangan “retas”.

Hingga hari ini, sebagian besar jam tangan mekanik memiliki fitur ini; ketika Anda menarik keluar pada arloji arloji, jarum detik berhenti sampai Anda mendorongnya kembali.

Jam tangan militer adalah beberapa yang terbaik yang tersedia, dengan inovasi baru diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan militer, termasuk pilot.

Pilot Watches

Sebuah cabang jam tangan militer, jam tangan pilot diciptakan untuk membantu pilot militer melacak waktu dengan cara yang portabel dan membutuhkan sedikit perhatian pilot, semua sambil menjaga tangan mereka bebas untuk hal-hal yang lebih penting, seperti menerbangkan pesawat.

Jam tangan pilot biasanya menampilkan tombol cepat yang mudah terbaca, seringkali dengan tangan yang bercahaya dalam gelap untuk memungkinkan pilot menggunakan arloji dalam kondisi kurang cahaya.

Pilot militer adalah alasan mengapa jam tangan terus tren ke arah wajah dan panggilan yang lebih besar selama beberapa dekade terakhir.

Sementara arloji militer memulai hidup mereka dengan kasing stainless steel, kemajuan dalam material telah menyebabkan kasing yang jauh lebih tidak bisa dihancurkan yang terbuat dari titanium dan bahan lainnya.

Dan ada beberapa lagi daftar jenis jam yang tidak kami jelaskan diantaranya:

  • Jam Tangan Digital
  • Jam tangan untuk Perawat
  • Jam Tangan Mewah
  • Dress Watches
  • Jam Tangan Triathlon

Akhir Kata

Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment