Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Pemula dan Cara Cepat Kuasainya

BELAJAR BAHASA INGGRIS – Kamu ingin bisa menguasai Bahasa Inggris? Ingin bisa lancar berbicara bahasa Inggris? Yup, tepat sekali, kali ini kami akan membagikan segala informasi yang kamu butuhkan buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu bahasa internasional yang banyak dipakai masyarakat dunia.

Selain menjadi bahasa internasional yang menghubungkan antar negara, bahasa Inggris juga banyak digunakan sebagai bahasa kedua di negara banyak negara-negara Asia.

Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya yaitu Inggris, Amerika, Australia, dan Kanada. Sedangkan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi kedua banyak digunakan di negara-negara Asia.

Selain itu, bahasa Inggris juga memiliki peranan yang cukup penting dalam media komunikasi cetak, dimana semua media tersebut dimuat dalam bahas Inggris, baik itu majalah, surat kabar, buletin, dan buku-buku ilmiah yang berisi ilmu sains dan teknologi.

Fungsi yang paling penting dari bahasa Inggris adalah sebagai lingua franca (bahasa perantara) untuk berbagai negara-negara di dunia yang memiliki bahasa induk yang berbeda.

Bahasa Inggris sebagai media komunikasi internasional juga tidak kalah penting, karena media informasi yang dimuat dalam bahasa Inggris bisa menciptakan iklim yang kondusif apabila terjadi konflik yang bisa memicu kecemasan global.

Bagaimana? Sampai sini sudah tahu kan pentingnya menguasai bahasa Inggris? Terus, bagaimana cara belajar bahasa inggris yang baik dan benar?

Tenang, berikut ini akan kami paparkan beberapa cara belajar bahasa Inggris baik bagi pemula atuapun yang sudah expert.

Cara Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris
genlish.com

Cara atau metode belajar Bahasa Inggris memang ada banyak sekali. Setiap metode memiliki ciri khas dan teknik sendiri-sendiri.

Perlu kamu tahu, pemilihan metode belajar bahasa Inggris ini sangatlah penting, karena kalau guru atau pengajar memberikan cara pembelajaran yang salah, maka waktu pertemuan mereka yang berlangsung beberapa jam akan lewat begitu saja tanpa ada ilmu yang nyangkut dikepala para siswa.

Kenapa bisa begitu? Yah, siswa merasa bosan dengan metode atau cara yang digunakan oleh guru ketika menyampaikan pelajaran. Guru hanya fokus menyampaikan pelajaran berdasarkan silabus pembelajaran yang sudah terjadwal tanpa memperhatikan siswanya.

Maka dari itu, pemilihan motode dan cara pembelajaran bahasa Inggris yang tepat sangat diperlukan supaya siswa yang mau belajar bahasa Inggris bisa memahaminya dengan cepat.

Apa saja metode dan cara belajar bahasa Inggris? Berikut beberapa jenis metode dalam belajar bahasa Inggris.

Grammar translation method

Metode Translation Method atau yang sering disebut juga dengan GTM merupakan metode yang sudah sejak lama digunakan dalam pembelajaran memahami bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri, metode GTM masih digunakan untuk melakukan pembelajaran disekolah-sekolah maupun Universitas.

Lalu, seperti apa metode GTM itu?

Metode GTM adalah metode pembelajaran Bahasa Inggris dimana grammar atau tata bahasa lebih ditekankan. Selain tata bahasa, translate atau alih bahasa sering digunakan dalam metode ini.

Guru akan mengajarkan cara menguasai Bahasa Inggris dengan menggunakan rumus dan memberikan contoh format perubahan bahasa ketika memberikan pelajaran menulis, membaca, dan percakapan dalam Bahasa Inggris.

Audo lingual method

Audio Lingual Metod adalah sebuah metode belajar Bahasa Inggis yang cara pembelajarannya meniru apa yang dicontohkan oleh guru.

Pembelajaran dengan metode ini sama persis seperti pembelajaran ketika kita masih bayi. Dimana sebelumnya kita tidak tahu apa-apa, kemudian kita bisa mulai berbicara dengan menirukan perkataan yang diucapkan oleh ibu kita.

Sama dengan metode ini, dimana para siswa disuruh menirukan dialog pendek yang tidak satupun dari mereka yang memahami artinya.

Siswa diajak untuk menirukan, menghafal, dan menebak maksud dari dialog yang dicontohkan oleh guru, baik itu dari sisi mimik wajah, pose dialog, dan segala hal yang dicontohkan oleh guru.

Setelah siswa berfikir keras untuk memahaminnya, barulah guru memberikan maksud dan arti dari dialog yang dicontohkan oleh guru tersebut.

Silent way

Metode belajar Bahasa Inggris pada awalnya digunakan oleh Celeb Cattegno untuk digunakan mengajar mata pelajaran Matematika. Akan tetapi, akhir-akhir ini, metode silent way mulai digunakan untuk belajar Bahasa Inggris, terbukti metode ini cukup efektif untuk digunakan belajar Bahasa Inggirs.

Silent Way merupakan metode belajar yang menggunakan kayu batang atau rods sebagai medianya. Batang tersebut memiliki warna dan panjang yang berbeda antara batang satu dengan batang yang lain.

Dengan menggunakan batang inilah, guru mengajarkan segala hal tentang Bahasa Inggris kepada muridnya, baik itu mengenai tata bahasa, grammar, percakapan, dan sebagainya.

Secara garis besar, metode ini hampir sama dengan metode audi lingual, dimana siswa diajak untuk listening, speaking, reading, dan selanjutnya diajarkan untuk menulis.

Ada hal yang cukup menarik dari metode silent way ini, yaitu siswa atau murid diajak untuk membangun inner criteria atau sense pada diri mereka supaya mereka bisa menganalisa kesalahan mereka sendiri saat menggunakan Bahasa Inggris.

Total physical response

Cara belajar Bahasa Inggris dengan metode Total Phyisical Response lebih menonjolkan gerak fisik atau visual supaya siswa bisa menangkap maksud dari perintah (dalam Bahasa Inggris) yang dimaksud.

Ketika dalam proses pemebelajaran, pengajar memberikan perintah pada dirinya sendiri dengan menggunakan perintah Bahasa Inggris. Kemudian guru mempraktekkan dengan gerakan seperti duduk, berjalan, memegang rambut, meletakkan pensil, menulis dan sebagainya.

Setelah guru memberikan perintah pada dirinya sendiri dan memberikan contoh berupa gerakan. Selanjutnya, guru memerintahkan kepada siswa untuk menirukan apa yang telah ia contohkan.

Melalui perintah dan contoh yang telah guru praktekkan tadi, diharapkan siswa bisa menirukan dan mempraktekkan dalam aktifitas mereka setiap hari. Karena aktifitas kita setiap hari bisa menjadi sarana belajar yang efektif.

Belajar Grammar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris
queen-english.com

Setelah mengetahui bagaimana cara/metode belajar Bahasa Inggris seperti seperti yang telah kita paparkan di atas. Selanjutnya kamu bisa belajar lebih dalam mengenai Grammar Bahasa Inggris.

Kenapa harus belajar Grammar?

Grammar Bahasa Inggris adalah rumus atau aturan yang harus diterapkan dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris supaya struktur atau susunan bahasa yang kita gunakan bisa sesuai dengna kaidah Bahasa Inggris dan bisa dipahami oleh orang yang mendengarnya. Meskipun pada praktennya, beberapa percakapan non-formal Bahasa Inggris tidak menerapkan hal ini.

Apa saja yang dipelajari dalam Grammar Bahasa Inggris?

Grammar memiliki 8 bagian yang sangat penting yang sering juga disebut sebagai part of speech, diantarannya yaitu:

  1. Noun (Kata benda)
  2. Adjective(Kata sifat)
  3. Adverb (Kata keterangan)
  4. Pronoun (Kata ganti)
  5. Verb (Kata kerja)Determiner
  6. Preposition (Kata depan)
  7. Conjunction (Kata hubung)

Mengacu pada grammar itu sendiri yang juga disebut sebagai part of speech, pasti kita tahu bahwa grammar adalah hal sangat penting yang harus kita pelajari dalam belajar Bahasa Inggris.

Kebanyakan orang yang belajar Bahasa Inggris merasakan bahwa mempelajari Grammar adalah hal yang cukup sulit, karena grammar sendiri berisi aturan atau kaidah-kaidah Bahasa Inggris yang harus dihafalkan.

Untuk mempermudah menguasai grammar, kamu harus giat belajar dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa mulai dari mempelajari struktur Bahasa Inggris, sering membaca tulisan artikel Bahasa Inggris yang memiliki struktur yang benar, dan yang paling penting mempraktekannya dengan membuat kalimat-kalimat pendek dengan struktur grammar yang benar.

Kalau kamu pengguna Android, kamu bisa memanfaatkan aplikasi grammar yang banyak tersedia di Play Store. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Belajar Bahasa Inggris Percakapan

belajar bahasa inggris
ytimg.com

Ketika belajar bahasa Inggris ada beberapa orang yang suka belajar melalui tulisan, ada juga yang lebih suka melaui audio atau percakapan. Tapi pada intinya, semua hal tersebut harus dikuasai supaya kita bisa menguasai Bahasa Inggris secara keseluruhan.

Untuk menguasai percakapan Bahasa Inggris, kamu bisa melakukannya dengan banyak membaca buku percapakan dan mempraktekkannya bersama teman atau sahabat kamu. Karena, ketika kamu hanya membaca saja, tanpa dipraktekkan, kamu bakalan sulit untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Satu aplikasi yang menurut saya rekomended untuk kamu gunakan adalah Duolingo dan English Conversation Practice. Dari kedua aplikasi tersebut, yang fokus pada percakapan adalah aplikasi English Conversation Practice.

Dalam aplikasi ini, tersedia ratusan contoh percakapan Bahasa Inggris yang akan membuat skill percakapan Bahasa Inggrismu meningkat.

Untuk menambah skill percakapan Bahasa Inggris, kamu harus menambah kemampuan mendengarkan, pemahaman, dan kemampuan berbicara.

Dengan beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut, pastinya skill Bahasa Inggris kamu akan meningkat.

Terdapat lebih dari 200 latihan percakapan Bahasa Inggris yang di dalamnya, yaitu:

  • Latihan mendengarkan untuk memperbaiki kemampuan mendengarkan.
  • Kuis untuk membantu memahami Bahasa Inggris
  • Fitur praktek percakapan Bahasa Inggris untuk menambah skill speaking
  • Rekaman percakapan untuk mengetahui progress kamu

Saya kira aplikasi ini adalah aplikasi yang rekomendasi untuk menambah kemampuan berbicara kamu. Mulailah belajar dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang!

Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Pemula

belajar bahasa inggris
gise0367.wordpress.com

Bahasa Inggris saya masih nol, saya baru mau belajar Bahasa Inggris, Saya harus mulai dari mana?

Bagi kamu yang masih pemula, pastinya perlu belajar Bahasa Inggris secara perlahan-lahan dan harus urut dari yang terpenting sampai yang sifatnya tambahan.

Jika kita melihat proses manusia mempelajari bahasa, manusia memulai belajar bahsa dari mendengar, maka dari itu, kamu juga bisa memulai belajar Bahasa Inggris dari mendengar.

Mungkin awal-awal kamu mendengarkan percakapan Bahasa Inggris terasa asing dan sulit dipahami. Tapi lama kelamaan saya yakin kamu akan mulai mengikuti dan berbicara menirukan percakapan atau laku Bahasa Inggris yang kamu dengar.

Oleh karena itu, tahap selanjutnya yang harus kamu lalui untuk belajar Bahasa Inggris adalah berbicara atau speaking.

Setelah kita bisa mendengarkan dan berbicara Bahasa Inggris yang biasa kita dengar, berarti kamu bisa masuk ketahap selanjutnya, yaitu menulis. 

Ketika kamu sudah bisa berbicara Bahasa Inggris dan menuliskannya dalam tulisan, berarti kamu pasti juga sudah bisa membacanya. Dari sini bisa dipastikan kamu sudah bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan baik.

Situs Belajar Bahasa Inggris Online Gratis

belajar bahasa inggris
blog.oxforddictionaries.com

Sekarang belajar Bahasa Inggris tidak hanya terjadi di ruang kelas, atau hanya menggunakan buku tulis yang hanya bisa dipakai satu kali saja.

Sekarang jamannya belajar Bahasa Inggis secara online di mana pun dan kapan pun kamu berada.

Sudah banyak situs-situs yang menyediakan materi pembelajaran Bahasa Inggris di Internet. Beberapa situs yang populer dan banyak diminati adalah bbc.co.uk dan youtube.

Belajar Bahasa Inggris online di bbc.co.uk/learningenglish

BBC Learning English sejak tahun 1943 sudah dikenal banyak orang sebagai situs belajar Bahasa Inggris dari BBC.

Dalam situs ini, terdapat materi yang sangat melimpah, ribuan video rekaman, dan aplikasi belajar Bahasa Inggris bisa kamu akses secara gratis.

Pengunjung BBC Learning English berasal dari seluruh dunia dan semua materi di situs ini selalu diperbarui secara berkala.

Belajar Bahasa Inggris Youtube

Situs Youtube merupakan situs gratis yang memiliki jumlah video yang paling besar. Ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris.

Banyak personal atau lembaga yang meng-upload video belajar bahasa Inggris secara lengkap dari A-Z.

Bahkan kamu juga bisa requst materi atau penjelasan yang kamu belum paham kepada akun personal yang memang sering mengupload video belajar Bahasa Inggris.

Salah satu serial belajar Bahasa Inggris yang terkenal seperti Learning English with Mr. Duncan, EngVid, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa manfaatkan semua video gratis ini untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu karena semua materi sudah ada di youtube, tinggal kita berusaha sekuat tenaga untuk memahaminya.

Aplikasi belajar bahasa inggris

belajar bahasa inggris
cbsistatic.com

Semakin berkembangnya teknologi, belajar bahasa Inggris semakin asyik kalau menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi belajar bahasa Inggis yang bisa kamu gunakan, baik itu yang tersedia versi mobile ataupun desktop.

Dari berbagai aplikasi tersebut, satu aplikasi yang menurut saya paling asyik digunakan untuk belajar bahasa Inggris, yaitu Duolingo.

Aplikasi ini tersedia dalam versi mobile yang bisa di download, bisa juga diakses lewat PC atau Desktop menggunakan jaringan internet.

Aplikasi Duolingo

Belajar Bahasa Inggris hanya 5 menit seriap hari bisa membuat kemampuan Bahasa Inggris kamu berkembang dengan pesat.

Belajar Bahasa Inggris menggunakan Duolingo seperti bermain game, sehingga belajar tidak terasa membosankan.

Aplikasi ini cocok digunakan bagi pemula yang baru memulai belajar dasar-dasar Bahasa Inggris, baik itu berlatih membaca, menulis, dan berbicara. Duolingo terbukti secara Ilmiah berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris penggunanya.

Kepana belajar Bahasa Inggris dengan Duolingo terasa menarik?

  1. Pelajaran yang personalisasikan
    Pelajaran dalam apliksi Duolingo sudah diatur menyesuaikan cara belajar kamu. Semua tantangan dalam aplikasi ini dibentuk supaya membantu kamu meninjau kosa kata dan belajar secara efektif.
  2. Dapat penilaian langsung
    Semua latihan dan tantangan dari Duolingo akan memberikan umpan balik secara langsung untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu saat itu juga.
  3. Terus termotivasi dengan berbagai hadiah
    Ketika kamu berhasil menyelesaikan suatu tantangan, kamu akan mendapatkan hadiah berupa koin virtual yang akan semakin bertambah kalau kamu naik ke level yang lebih tinggi.Dari situ kamu juga bisa dinilai tingkat kelancaranmu berbahasa Inggris dengan kemampuan menguasai kosa kata, frasa-frasa, dan tata bahasa baru.
  4. Meningkat secara cepat
    Kamu akan terkejut dengan riset yang telah dilakukan banyak pakar, bahwa 34 jam bermain Duolingo setara dengan 1 semester belajar Bahasa Inggris di Universitas.

Dengan Duolingo, kamu bisa belajar dimanapun

Dengan Duolingo, kamu bisa belajar Bahasa Inggris kapanpu dan dimanapun kamu berada. Karena dengan aplikasi ini kamu bisa berganti-ganti platform.

Duolingo tersedia dalam platform Android, IOS, dan Windows Phone. Selain terdapat aplikasi dalam versi mobile, Duolingo juga bisa kamu akses menggunakan komputermu melalui jaringan internet.

Tahukah kamu, ternyata duolingo banyak digunakan di sekolah-sekolah lho..

Sudah tidak jamannya belajar bahasa Inggris terasa membosankan. Lebih dari 200.000 guru sekolah sudah memperkenalkan Aplikasi Duolingo kepada murit-muritnya.

Memberikan pelajaran Bahasa Inggris dengan aplikasi Duolinga terasa lebih interaktif, dan siswa merasa lebih percaya diri dalam kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Siswa juga tidak merasa keberatan menyelesaikan tugas yang berikan oleh guru, karena tugas yang diberikan adalah menyelesaikan level demi level permainan yang ada di Duolingo.

Guru tidak susah lagi mengecek tugas yang diberikan, karena aplikasi Duolingo sudah bisa memberikan laporan progress yang dijalankan oleh siswa-siswanya.

Jumlah pengguna yang sudah mencapai lebih dari 50 juta diseluruh dunia, membuktikan bahwa aplikasi ini sangat membantu mereka dalam belajar Bahasa Inggris.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas City New York dan universitas lainnya, belajar Bahsa Inggris dengan Duolingo terbukti berhasil.

Tips Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris
googleusercontent.com

Belajar Bahasa Inggris memang susah, karena bahasa ini tidak kita pelajari dari sejak kecil seperti Bahasa Indonesia yang selalu kita gunakan sejak kecil.

Oleh sebab itu, kamu harus memiliki empat sifat ini untuk bisa sukses menguasai Bahasa Inggris.

Tekad yang kuat

Belajar Bahasa Inggris memang memerlukan energi yang tidak sedikit, dan memerlukan waktu yang lama.

Belum lagi kamu harus menguasai aturan-aturan Bahasa Inggris seperti grammar, pengucapan atau prounon yang jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia. Belum lagi jutaan kosa kata atau vocab yang harus kita hafal, tentu hal ini bukan perkara yang mudah.

Untuk itu, kamu harus memiliki visi dan misi kenapa kamu harus menguasai Bahasa Inggris, kalau cuma untuk gaya-gayaan saja, saya yakin kamu akan menyerah di tengah jalan.

Misalnya kamu memiliki cita-cita untuk bekerja di luar negeri. Pasti menguasai Bahasa Inggris adalah sesuatu hal yang wajib, jadi kamu bersungguh-sungguh dalam belajar bahasa ini.

Percaya diri

Dinding penghalang terbesar yang menghalangi kamu dalam belajar Bahasa Inggris adalah rasa malu. Malu karena tidak ada teman belajar, malu karena takut salah, dan sebagainya.

Kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar Bahasa Inggirs, kamu harus membuang rasa malu dalam ber-bahasa Inggris. Kamu harus berani tampil di depan publik menggunakan Bahasa Inggris, berani bertanya, berani berbicara, berani berdiskusi, karena semua itu adalah awal latihan kamu.

Kalau pada tahap belajar saja kamu sudah malu, bagaimana kamu menggunakan Bahasa Inggris untuk acara formal?

Biasakan diri menggunakan Bahasa Inggris

Biasakan diri menggunakan Bahasa Inggris disegala aktifitas kamu. Buatlah english area di tempat tinggalmu.

Kamu bisa memulainya dengan menempelkan memo aktivitas kamu menggunakan Bahasa Inggris pada meja belajar atau freezer yang ada di rumah.

Status jejaring sosial seperti FB, BBM, Instagram yang biasa kamu update menggunakan Bahasa Indonesia bisa kamu rubah menjadi berbahasa Inggris.

Kamu juga bisa membiasakan diri untuk menonton film Inggris tanpa menggunakan sub title Bahasa Indonesia. Memang pada awal-awalnya terasa susah, tapi saya yakin kamu akan terbiasa dengan hal itu.

Latihan

Barang berkualitas hanya akan dihasilkan dari proses yang panjang, seperti halnya pedang yang tajam.

Pedang berkualitas yang tajam, hanya bisa didapatkan kalau melalui proses penempaan besi yang panas dan lama.

Sama seperti kalau kita belajar Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris kita tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Perlu perjuangan untuk meraihnya.

Oleh sebab itu, kamu harus banyak-banyak melakukan latihan, karena practice makes prefect (latihan akan membuatmu sempurna).

Leave a Comment