10 Manfaat Kesehatan dari Diet Rendah Karbohidrat dan Ketogenik

Rejimen diet rendah karbohidrat sebenarnya dipertanyakan selama bertahun-tahun.

Beberapa orang menegaskan bahwa rejimen diet ini meningkatkan kolesterol dan juga memicu penyakit kardiovaskular sebagai akibat dari bahan lemak tinggi mereka.

Meskipun demikian, dalam banyak studi klinis, rencana diet rendah karbohidrat memverifikasi nilainya sebagai sehat dan berharga.

Di bawah ini adalah 10 keuntungan kesehatan yang terbukti dari rejimen diet rendah karbohidrat dan ketogenik.

1. Diet Rendah Karbohidrat Mengurangi Nafsu Makan Anda

Kelaparan memiliki kecenderungan untuk menjadi efek negatif terburuk dari penurunan berat badan.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang merasa sengsara dan akhirnya menyerah.

Namun, makan rendah karbohidrat menghasilkan penurunan otomatis dalam mengidam (1Trusted Resource).

Studi secara teratur menunjukkan bahwa ketika individu mengurangi karbohidrat dan makan lebih banyak protein serta lemak, mereka akhirnya mengkonsumsi lebih sedikit kalori (1Trusted Source).

RINGKASAN
Studi penelitian menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat dapat secara instan mengurangi rasa lapar Anda serta asupan kalori.

2. Diet Rendah Karbohidrat Menghasilkan Lebih Banyak Pembakaran Lemak pada awalnya

Memotong karbohidrat hanyalah salah satu metode paling dasar dan paling dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan.

Studi penelitian menunjukkan bahwa orang yang diet rendah karbohidrat bahkan lebih cepat, lebih cepat, daripada mereka yang diet rendah lemak – juga ketika yang terakhir secara aktif membatasi kalori.

Ini karena rejimen diet rendah karbohidrat bertindak untuk membersihkan kelebihan air dari tubuh Anda, menurunkan derajat insulin dan membawa manajemen berat badan yang cepat pada minggu pertama atau lebih (2Trusted Source, 3).

Dalam penelitian yang membandingkan rejimen diet rendah karbohidrat dan rendah lemak, orang-orang yang membatasi karbohidratnya sering turun 2 – 3 kali lebih banyak dari berat badan – tanpa kelaparan (4, 5).

Satu studi penelitian pada orang dewasa yang obesitas menemukan rencana diet rendah karbohidrat yang secara khusus efektif hingga enam bulan, dibandingkan dengan rejimen diet penurunan berat badan standar. Setelah itu, perbedaan penurunan berat badan di antara rencana diet tidak signifikan (Sumber Daya 6Trusted).

Dalam sebuah studi penelitian selama setahun di 609 orang dewasa yang kelebihan berat badan dengan rencana diet rendah lemak atau rendah karbohidrat, kedua tim menurunkan jumlah berat yang sama (Sumber 7Trusted).

RINGKASAN
Hampir tanpa pengecualian, rejimen diet rendah karbohidrat menyebabkan penurunan berat badan sementara yang lebih sementara daripada rencana diet rendah lemak. Namun demikian, diet rendah karbohidrat tampaknya mengurangi keuntungan mereka dalam jangka panjang.

3. Proporsi Penurunan Berat Badan Yang Lebih Besar Berasal Dari Rongga Perut Anda

Tidak semua lemak di tubuh Anda bertepatan.

Di mana lemak disimpan menentukan bagaimana itu memengaruhi kesehatan dan kebugaran Anda dan juga risiko penyakit.

Dua jenis utama adalah lemak subkutan, yang berada di bawah kulit Anda, dan juga lemak alami, yang terkumpul di rongga gigi perut Anda dan juga umum bagi banyak pria yang kelebihan berat badan.

Lemak alami sering cenderung menempel di sekitar organ Anda. Kelebihan lemak alami terkait dengan peradangan serta resistensi insulin – serta mungkin mendorong disfungsi metabolisme yang sangat khas di Barat saat ini (8).

Regimen diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk mengurangi lemak perut yang tidak aman ini. Faktanya, proporsi yang lebih besar dari orang gemuk yang ditumpahkan pada rencana diet rendah karbohidrat tampaknya berasal dari rongga perut (9Trusted Resource).

Secara bertahap, ini harus menyebabkan bahaya jantung yang minimal dan juga masalah diabetes tipe 2.

Rekap
Sebagian besar lemak yang hilang pada diet rendah karbohidrat memiliki kecenderungan menjadi lemak perut yang tidak aman yang dipahami dapat menyebabkan masalah metabolisme yang signifikan.

4. Trigliserida Memiliki Kecenderungan Turun Secara drastis

Trigliserida adalah partikel lemak yang mendistribusikan dalam aliran darah Anda.

Sudah diketahui bahwa trigliserida puasa tinggi – derajat dalam darah setelah puasa semalam – adalah elemen risiko penyakit jantung yang solid (10).

Salah satu pendorong utama peningkatan trigliserida pada individu yang kurang aktif adalah penggunaan karbohidrat – khususnya fruktosa gula yang mudah (Sumber 11Trusted, Sumber 12Trusted, Sumber 13Trusted).

Ketika individu memotong karbohidrat, mereka cenderung mengalami penurunan trigliserida darah yang sangat dramatis (14, 15Trusted Source).

Di sisi lain, rencana diet rendah lemak sering memicu trigliserida untuk meningkat (16, 17Trusted Resource).

Rekap
Paket diet rendah karbohidrat sangat andal dalam menurunkan trigliserida darah, yang merupakan partikel lemak yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

SUMBER DAYA KESEHATAN
Ikuti kuis rencana diet 3-pertanyaan gratis kami
Penilaian gratis kami menilai rejimen diet yang paling efektif untuk Anda berdasarkan respons Anda terhadap 3 pertanyaan cepat.

5. Meningkatkan Tingkat Kolesterol HDL ‘Hebat’

High-density lipoprotein (HDL) biasanya disebut kolesterol “hebat”.

Semakin tinggi derajat HDL Anda relatif terhadap LDL “buruk”, semakin rendah risiko penyakit jantung Anda (18, 19, 20).

Di antara cara paling efektif untuk meningkatkan derajat HDL “luar biasa” adalah makan lemak – dan rencana diet rendah karbohidrat terdiri dari banyak lemak (21Trusted Resource, 22Trusted Resource, 23Trusted Resource).

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa derajat HDL meningkatkan secara substansial rejimen diet rendah karbohidrat yang sehat dan seimbang, sementara mereka cenderung hanya meningkatkan secara wajar dan bahkan mengurangi diet rendah lemak (Sumber 24Trusted, 25Trust Resource).

Rekap
Rejimen diet rendah karbohidrat sering cenderung tinggi lemak, yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol HDL “luar biasa” dalam darah.

6. Penurunan Tingkat Gula Darah dan Derajat Insulin

Diet rendah karbohidrat dan ketogenik juga dapat sangat berguna bagi individu dengan diabetes dan resistensi insulin, yang memengaruhi banyak individu di seluruh dunia (29, 30).

Penelitian mengkonfirmasi bahwa pemotongan karbohidrat menurunkan kadar gula darah dan insulin secara signifikan (31, 32Trusted Resource).

Beberapa orang dengan diabetes mellitus yang memulai rejimen diet rendah karbohidrat mungkin perlu mengurangi dosis insulin hingga 50% secara instan (33).

Dalam satu penelitian pada orang dengan diabetes tipe 2, 95% benar-benar menurunkan atau menghilangkan obat penurun glukosa mereka dalam waktu 6 bulan (34Trusted Resource).

Jika Anda minum obat glukosa darah, bicarakan dengan dokter Anda sebelum membuat perubahan pada konsumsi karbohidrat Anda, karena dosis Anda mungkin perlu disesuaikan untuk mencegah hipoglikemia.

RINGKASAN
Metode terbaik untuk menurunkan kadar gula darah dan juga kadar insulin adalah dengan menurunkan asupan karbohidrat, yang dapat mengatasi dan mungkin juga membalikkan 2 masalah diabetes.

7. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi yang meningkat, atau hipertensi, merupakan faktor ancaman yang signifikan bagi banyak penyakit, termasuk masalah jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Rencana diet rendah karbohidrat adalah cara yang andal untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yang harus meminimalkan bahaya penyakit ini serta membantu Anda hidup lebih lama (34Trusted Source, 35Trusted Resource).

RINGKASAN
Memotong karbohidrat menghasilkan penurunan tekanan darah yang cukup besar, yang seharusnya meminimalkan risiko banyak penyakit biasa.

8. Sindrom Metabolik Yang Andal versus

Sindrom metabolik adalah masalah yang sangat terkait dengan bahaya diabetes mellitus dan juga masalah jantung.

Sebenarnya, sindrom metabolik adalah kumpulan tanda dan gejala, yang meliputi:

Berat perut berlebihan
Mengangkat tekanan darah tinggi
Peningkatan kadar gula darah puasa
Trigliserida tinggi
Kadar kolesterol HDL “baik” rendah
Namun, rencana diet rendah karbohidrat sangat andal dalam menangani semua 5 tanda-tanda ini (36, 37Trusted Resource).

Di bawah rejimen diet seperti itu, kondisi ini hampir bisa dihilangkan.

RINGKASAN
Rencana diet rendah karbohidrat yang sehat dan seimbang berhasil membalikkan kelima gejala vital sindrom metabolik, kondisi parah yang meningkatkan bahaya penyakit jantung dan masalah diabetes tipe 2 Anda.

9. Meningkatkan Tingkat Kolesterol LDL ‘Buruk’

Individu yang memiliki LDL “negatif” tinggi jauh lebih mungkin untuk memiliki penyakit kardiovaskular (38, 39).

Namun demikian, ukuran fragmen itu penting. Fragmen berukuran lebih kecil terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih besar, sementara fragmen yang lebih besar dikaitkan dengan bahaya yang lebih rendah (40, 41, 42).

Akhirnya, rencana diet rendah karbohidrat meningkatkan dimensi fragmen LDL “buruk” sekaligus mengurangi variasi total fragmen LDL dalam aliran darah Anda (Sumber Daya Terpercaya).

Dengan demikian, menurunkan konsumsi karbohidrat Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Rekap
Saat Anda mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, ukuran fragmen LDL “buruk” Anda meningkat, yang mengurangi dampaknya yang tidak aman. Mengurangi karbohidrat juga dapat mengurangi jumlah bit LDL lengkap dalam aliran darah Anda.

10. Penyembuhan untuk Beberapa Masalah Otak

Pikiran Anda membutuhkan gula, karena beberapa bagiannya hanya dapat menumpahkan jenis gula ini. Itu sebabnya hati Anda menghasilkan glukosa dari protein jika Anda tidak mengonsumsi karbohidrat apa pun.

Namun, sebagian besar pikiran Anda juga dapat melelehkan keton, yang diciptakan selama kelaparan atau ketika konsumsi karbohidrat sangat rendah.

Ini adalah sistem di balik diet ketogenik, yang sebenarnya telah digunakan selama beberapa dekade untuk menangani epilepsi pada anak-anak yang tidak bereaksi terhadap terapi obat (44).

Seringkali, rejimen diet ini dapat menyembuhkan anak-anak epilepsi. Dalam sebuah penelitian, lebih dari lima puluh persen anak-anak yang menggunakan rejimen diet ketogenik mengalami penurunan lebih dari 50% dalam jumlah kejang mereka, sementara 16% akhirnya bebas kejang (45).

Diet rendah karbohidrat dan ketogenik sekarang sedang diperiksa untuk berbagai masalah otak lainnya, yang terdiri dari kondisi Alzheimer dan Parkinson (46Trusted Resource).

Sumber : easchulavista.com

Leave a Comment