Pengertian Tahun Kabisat Bagaimana Sejarahnya

TAHUN KABISAT – Mungkin dari kita sudah mengetahui apa itu tahun kabisat dan mungkin juga berlum tau sama sekali apa itu kabisat, sejarah tahun kabisat dan pengetahuan-pengetahuan yang lain mengenai kabisat ini.

Maka dari itu saya disini akan membahas lengkap akan tahun kabisat ini sampai pembahasan tahun-tahun yang termasuk kabisat. Silahkan dibaca dengan teliti dan penuh penghayatan, agar pesan yang disampaikan pada artikel ini bisa kamu serap dengan benar.

Apa Itu Tahun Kabisat

tahun kabisat
gudangnews.info

Tahun kabisat adalah tahun yang mempunyai jumlah hari yang lebih banyak dibandingkan tahun biasanya. jika pada umumnya dalam satu tahun berjumlah 365 hari, maka beda lagi dengan tahun kabisat yaitu dalam satu tahun berjumlah 366 hari. Fenomena ini terjadi setiap  empat tahun sekali.

Jika pada tahun-tahun biasanya bulan februari berjumlah 28 hari, maka pada tahun kabisat, bulan februari menjaidi 29 hari karena ada penambahan satu hari.

Sejarah Tahun Kabisat

tahun kabisat
dw.com

Anda Mungkin sudah tau bahwa apabila bulan februari terdapat 29 hari itu menandakan tahun kabisat. Mungkin anda juga sudah tau akan tahun kabisat itu terjadi setiap empat tahun sekali. Namun pertanyaan besarnya, apakah anda tau sejak kapankah tanggal itu ada?

Perjalanan manusia dalam memahami pergerakann benda-benda yang berada pada langit menjadi acuan dan waktu untuk munculnya tanggal 29 februari. Di jaman dahulu ada sebuah peradaban yang memiliki kalender sederhana terdiri dari 360 hari dan terdiri dari 30 hari per bulannya, nama peradaban itu adalah peradaban Sumeria.

Kemudian Mesir kuno mengadopsi sistem kalender Sumeria itu. Dan pada akhirnya orang mesir kuno menambahkan lima hari dalam satu tahun karena ia sadar bahwa ada kesalahan perhitungan tanggal pada penanggalan Sumeria. Sehingga dalam kalender Mesir Kuno memiliki 360 hari dalam satu tahun.

Selama ribuan tahun manusia belum mengenal 29 Februari. Hingga setelahnya Kaisar Julius Caesar menemukan ada yang tidak beres. Dalam budaya Roma, kelahiran Dewa Matahari diperingati pada tanggal 25 Desember dan dikenal sebagai perayaan natal. Namun perayaan natal berganti sampai tanggal 21 Desember pada saat masa Julius.

Pada saat itu tanggal 25 Desember sendiri yang disebut dengan equinox menandakan matahari berada pas di titik paling selatan, 23,5 derajat lintang selatan. Karena adanya ketidak singkornan antara pergerakan benda-benda langit dan penanggalan menjadikan perayaan natal dan juga equinox itu bergeser. Astronom Kerajaan, Sosiganes diminta untuk mengatasi hal itu oleh Kaisar Julius.

Sosigenes pun mengusulkan penambahan satu hari di bulan Februari pada tahun 45 Masehi. “Sejak saat itu, terdapat tanggal 29 Februari” Kata Thomas Djamaluddin (lembaga penerbangan dan antariksa nasional)

Tahun kabisat adalah tahun ketika bulan Februari ditambah sehari dan tahun kabisat ini terjadi setiap empat tahun sekali. Susunannya bermula pada masa Julius dengna sebutan nama kalendernya yaitu kalender Julian. Semua berlangsung dengan lancar sampai masa Kaisar Gregorius.

Tahun Tahun yang Termasuk Tahun Kabisat

tahun kabisat
inspiradata.com

Kita sudah membahas di dalam pembahasan awal pada artikel ini. Yang mana terjadinya Tahun Kabisat atau tahun di mana bulan Februari menjdi 29 hari yaitu terjaid pada 4 tahun sekali. Untuk tahun-tahun sekarang ini, tahun kabisat terakhir ini terjadi pada tahun 2016 dan akan terjadi lagi nanti pada tahun 2020.

Dan sebelum-sebelumnya juga sudah ada tahun kabisat, jika kita ingin mengetahui tahun kabisat kapan saja terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,  kita tinggal mundurkan saja dari tahun 2016 mundur 4 tahun ke belakang.

Itulah pembahasan mengenai tahun kabisat. mudah-mudahan dengan tertulisnya artikel ini, kamu bisa tau apa itu kabisat dan yang bukan termasuk kabisat. Dan kamu juga tau akan sejarah tahun kabisat ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda terhadap website ini.

Leave a Comment