50+ Desain Rumah Minimalis – Kamar, Ruang Tamu, Ruang Kerja, Dapur dan Interior

DESAIN RUMAH MINIMALIS – Ketika rumah minimalis mulai menjadi trending di Indonesia, para arsitektur mulai bersaing untuk membuat desain rumah minimalis terbaru.

Model rumah minimalis yang simpel, elegan dan modern menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya. Bahkan sekarang ini, model rumah minimalis menjadi pilihan hampir dari lapisan masyarakat menengah ke atas, baik di desa atau perkotaan.

Mudah dalam pembangunan serta tidak memerlukan lahan yang luas menjadi alasan mengapa banyak masyarakat lebih memilih gaya rumah minimalis ketimbang rumah biasa.

Pastinya setiap orang ingin memiliki rumah yang nyaman untuk ditempati. Selain kenyamanan, faktor selanjutnya yang menjadi pilihan banyak orang adalah model rumah yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut ini akan kami sajikan secara detail mengenai desain rumah minimalis mulai dari ruang tamu, ruang kerja, dapur, kamar hingga interior rumah minimalis.

Pengertian Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
desainrumahnya.com

Rumah minimalis adalah rumah yang memiliki bentuk kecil dan bisa dijadikan rumah dengan gaya modern seperti pada jaman global seperti sekarang ini.

Rumah minimalis itu tergantung seperti apa kita akan mendekorasi bagian eksterior dan interior agar rumah memiliki kesan modern.

Desain rumah minimalis ini sebuah model arsitektur yang memiliki desain sederhana serta hanya memperlihatkan elemen serta barang-barang seperlunya saja. Meskipun sederhana, tetapi desain rumah minimalis ini memiliki kesan yang elegan.

Bisa dikatakan juga bahwa desain rumah minimalis adalah rumah yang memiliki model simple serta elegan. Selain itu, rumah minimalis memiliki gaya yang memiliki bukaan-bukaan yang sangat lebar, warna cat yang monokrom serta ada beberapa sentuhan garis-garis yang cukup tegas.

Di dalam dunia arsitektur bagian rancang bangun, fungsi serta bentuk denah yang cukup sederhana banyak mengambil unsur geometris.

Lantas mengapa unsur geometris lah yang dipilih?

Jawabannya karena unsur geometris ini sangat mudah diterima dan mudah diterapkan, serta akan memiliki kesan yang luas serta asri dalam sebuah desain rumah minimalis.

Unsur geometris ini dalam rumah minimalis membuat rumah akan terasa lebih nyaman dan membuat pemilik merasa betah di rumah, sehingga bisa menurunkan tingkat kejenuhan setelah lelah bekerja.

Contohnya saja gaya rumah minimalis pada ruang keluarga, tidak perlu terlalu banyak menyimpan barang-barang eksterior seperti kursi sofa, meja dan lemari.

Hanya dengan menaruh karpet serta beberapa bantal untuk menjadi alas duduk sudah lebih dari cukup memerikan kesan elegan dan simple.

Pun begitu dengan ruang-ruang lainnya seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang keluarga. Jadi pada intinya dari desain rumah minimalis adalah semakin sedikit barang yang ditempatkan, maka akan semakin minimalis gaya dari desain rumah kamu.

Tentunya suatu rumah bisa dikatakan rumah minimalis memiliki beberapa kriteria serta ciri-ciri yang harus dipenuhi. Cukup banyak rumah dengan ukuran kecil tetapi tidak termasuk ke dalam rumah minimalis karena tidak memenuhi ciri-ciri dari desain rumah minimalis

Berikut ini adalah ciri-ciri rumah minimalis yang perlu kita ketahui dan terapkan;

Bagian Eksterior

  • Terdapat bentuk serta garis yang sangat tegas. Ruangan akan dipenuhi sebagian oleh garis horizontal dan vertikal.
  • Tempat ventilasi atau keluarnya udara yang luas dan lebar. Ventilasi yang luas serta lebar akan menciptakan pandangan ke luar lebih luas dan besar.
  • Penempatan landscape juga dapat termasuk minimalis. Pakailah tanaman cuma sekedar sebagai vocal point saja.
  • Terdapat atap yang datar atau sungguh-sungguh datar.

Bagian Interior

  • Furnitur yang ada pada tiap ruangan terkesan lugas, simple, polos dan tega. Pada umumnya para perancang akan menghindari kesan monoton dengan cara penggunaan penerapan cahaya buatan atau natural agar dapat menimbulkan efek dramatis. Dapat jua dengan memakai permainan warna dengan jumlah 2 hingga 3 warna sekaligus.
  • Jangan memasang ornament cornice atau pun ornament ukiran.
  • Ruangan yang lebih terbuka.
  • Mengurangi adanya penyekatan pada tiap dindingnya.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
netproperty.net

Di zaman sekarang ini desain rumah minimalis tengah digemari banyak orang, terlebih lagi di wilayah perkotaan dengan lahan yang cukup sempit. Bisa dikatakan bahwa rumah minimalis ini sudah menjadi primadona bagi beberapa kalangan masyarakat.

Maka tidak heran jika sudah banyak sekali para pengembang seperti perumahan-perumahan yang membangun rumah minimalis secara massal.

Meskipun sedang marak, tentunya juga rumah minimalis memiliki beberapa keuntungan dan kerugiannya.
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan rumah minimalis

Kelebihan Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
desainrumahku.net

Terdapat banyak sekali alasan mengapa para pengembang rela menggelontorkan uang dengan banyak untuk membangun perumahan dengan konsep minimalis seperti mahalnya luas tanah di wilayah perkotaan, serta mahalnya biaya pembangunan rumah dengan ukuran yang besar.

Jika kamu termasuk kedalam salah satu orang yang ingin memiliki rumah dengan gaya minimalis, maka berikut ini adalah kelebihan dari rumah minimalis.

1. Tidak Memerlukan Banyak Lahan

Lahan memang menjadi salah satu faktor utama dalam pembangunan rumah, bisa kita bayangkan jika seseorang ingin memiliki rumah dengan lahan yang luas serta berada di tempat yang strategis. Tentunya biaya yang digelontorkan pun harus banyak.

Belum lagi biaya pembangunan rumah mulai dari pembelian bahan baku serta upah untuk para pegawainya. Gaya rumah minimalis bisa menjadi solusi dari segala keterbatasan-keterbatasan diatas.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang akhirnya memilih rumah bergaya minimalis. Jangan khawatir jika kamu hanya memiliki lahan yang sedang atau terbilang kecil.

Karena konsep dasar gaya minimalis adalah lahan yang sedan atau kecil tetapi tata letaknya sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Hemat Biaya

Konsep yang sederhana dan tetap menarik menjadikan rumah minimalis ini ramah terhadap kantong karena tidak memerlukan terlalu banyak furniture dengan harga selangit.

Dengan menghiasi setiap ruangan menggunakan ornament sederhana, maka konsep minimalis ini akan tetap terlihat keren serta elegan.

Gaya rumah minimalis ini memainkan konsep desain eksterior dan bentuk rumah rumah yang optimal. Sangat berbeda dengan konsep rumah yang megah dan mewah. Jadi rumah minimalis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah sederhana tetapi tetap elegan dengan budget yang cukup murah.

3. Rapi, Sederhana dan Elegan

Sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa konsep minimalis dalam rumah minimalis itu tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan yang kecil atau sedang ini akan lebih memudahkan kamu dalam menata eksterior dari setiap ruangannya.

Sudah jelas bahwa penataan ini sangat penting agar rumah tidak terlihat berantakan dan sempit. Sebisa mungkin barang yang dipakai untuk keperluan interior adalah barang-barang yang yang praktis serta simple.

Ingat, jangan pernah menggunakan barang-barang yang besar karena akan lebih sulit untuk memindahkan dan mengatur tata letaknya.

Jika kamu ingin memiliki rumah minimalis dengan suasana yang lebih asri, maka kamu bisa menambahkan taman, taman ini bisa kamu tempatkan di halaman depan atau di bagian dalam rumah.

4. Desain Rumah yang Unik dan Menarik

Jika kamu pernah memperhatikan dan membandingkan antara desain rumah minimalis dengan rumah pada umumnya, pasti rumah dengan desain minimalis itu jauh terlihat lebih unik dan menarik untuk dilihat.

Rumah minimalis memiliki desain yang unik dan menarik ini karena kondisi tanah yang tidak terllau luas, sehingga para perancang harus sebisa mungkin mengatur bentuk agar rumah tetap nyaman dan asri untuk ditempati.

5. Desain Rumah Sesuai dengan Kebutuhan

Pada umumnya, setiap ruangan yang ada pada rumah minimalis sudah di desain sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi kebutuhan pemilik rumah. jadi tidak perlu ada lagi banyak penambahan ruangan.

Jika dalam suatu ruangan terlalu banyak ruang kosong yang tidak terpakai, maka rumah akan memiliki kesan jenuh dan tidak enak dipandang.

Agar pemilik dari rumah minimalis ini bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman maka jangan lupakan untuk bisa mengatur tata letak ruangan sebaik mungkin.

Kekurangan Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
minirumah.com

Disamping memiliki begitu banyak kelebihan, rumah minimalis juga memiliki beberapa kekurangan. Tapi, kekurangan ini tidak sepenuhnya membuat kamu mengurungkan minat dalam membangun konsep rumah minimalis.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari rumah minimalis.

1. Terlihat Sempit Jika salah Mengatur Tata Letak Interior

Lahan yang tidak terlalu luas membuat pemilik rumah minimalis ini harus pandai dalam mengatur tata letak dari desain interior rumah. Jika kamu kurang jeli dalam mengatur tata letak dari furniture, maka rumah akan terlihat sempit dan tidak enak dilihat.

Desain rumah minimalis ini memerlukan penataan dan pengaturan yang biak, jadi buat kamu yang kurang handal dalam mengatur atau juga menata ruangan rumah minimalis ini akan terasa kurang cocok.

Hal ini dikarenakan rumah minimalis harus tetap mengusung kesan elegan dan sederhana, jangan sampai rumah minimalis justru terlihat kaku, sempit dan membosankan.

Jadi, tidak bisa sembarangan dalam membeli perlengkapan untuk kebutuhan rumah, semuanya harus sesuai dengan keperluan ruangan dan jangan pernah membeli furniture dengan ukuran yang besar yaaa.

2. Ruangan yang Pengap

Yaap, setiap ruangan dalam rumah minimalis itu tidak terlalu besar dan luas. Jadi ada kemungkinan kamu akan merasa jenuh dan pengap jika terlalu lama dalam suatu ruangan yang kecil.

Hal ini juga akan membuat kamu akan merasa kurang leluasa dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi jangan khawatir, selama kamu bisa mengatur berbagai macam interior dengan baik dan sesuai, maka gaya minimalis ini akan menjadi rumah yang nyaman untuk ditempati.

3. Terhambatnya Kegiatan Sehari-hari

Ukuran ruangan yang tidak terlalu besar maka jarak pandang dari setiap ruangan pun akan terlihat kurang luas. Terkadang hal ini akan membuat kita merasa canggung dengan kegiatan harian ketika kita ada tamu.

Ketika ada orang lain masuk ke dalam rumah, maka secara otomatis seluruh isi dari bagian rumah bisa terlihat dengan jelas. Jika saja ada salah satu bagian ruangan yang berantakan maka akan terlihat kurang nyaman dan rapi.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya kamu akan lebih mudah untuk membandingkan rumah mana yang akan kamu bangun sesuai dengan kebutuhan.

Kamar Minimalis

Mendesain kamar dengan konsep minimalis bisa dikatakan sesuatu yang susah-susah gampang. Desain kamar yang memiliki ukuran tidak terlalu luas bukan perihal urusan menghemat uang dalam pemilihan interior saja.

Tetapi juga harus bisa memadukan gaya dekorasi dengan ukuran ruangan agar bisa menhasilkan suatu keindahan dan kenyamanan.

Dalam mendesain kamar dengan ukuran kecil maka dibutuhkan bebrapa ide serta trik agar kamar terlihat lebih luas, memiliki ruang kosong yang cukup serta barang furniture pun harus kreatif dalam memilih.

Faktor lain seperti pencahayaan, warna ruangan serta penambahan aksesoris berupa kaca akan menjadi pembeda pada kamar minimalis ini.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mendesain kamar minimalis;

  • Menggunakan cermin agar ruangan terlihat luas.
  • Menggunakan sliding door (pintu geser)
  • Pemilihan dan penempatan tempat tidur yang sesuai
  • Memberi warna netral pada dinding
  • Berikanlah pencahayaan yang baik berupa fentilasi udara yang cukup

Contoh Desain Kamar Minimalis

kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com
kamar minimalis
rumahdandesign.com

Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang cukup vital dalam sebuah rumah, karena ruang tamu merupakan bagian pertama yang akan dinilai oleh seseorang yang berkunjung.

Dalam kehidupan sosial, dengan memberikan rasa nyaman dan keindahan dalam ruang tamu adalah sesuatu hal yang bersifat wajib. Maka, orang yang singgah pun akan merasa nyaman serta memberikan kesan ramah.

Interior ruang tamu minimalis tentunya aka memberikan efek yang cukup signifikan bagi kondisi ruang tamu.

Ruang tamu dengan ukuran kecil pun bisa disulap menjadi sebuah ruangan yang indah dengan desain minimalis dan dapat disukai oleh banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menata ruang tamu rumah minimalis;

  • Hindari warna gelap pada dinding dan gunakan warna putih atau terang.
  • Pasanglah cermin pada ruang tamu.
  • Letakkan perabotan di dalam lemari
  • Menggunakan aksesoris atau desain interior yang dapat memantulkan cahaya.
  • Menggunakan meja kaca dan karpet agar terkesan ramah.

Contoh Desain Ruang Tamu Minimalis

desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com

Ruang Kerja Minimalis

Memiliki ruang kerja pribadi merupakan impian hampir setiap orang, suasana yang kondusif serta nyaman tanpa ada gangguan akan membuat bekerja lebih optimal dan bisa fokus.

Tentunya dalam menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman pun perlu mendesain sedemikian rupa sehingga bisa terciptanya ruang kerja sesuai dengan keinginan.

Mempunyai ruang kerja yang nyaman pastinya akan membuat anda lebih rileks dan menikmati pekerjaan anda.

Dalam membuat ruang kerja yang lebih menarik dan unik adalah dengan menggunakan gaya ruang kerja minimalis. Tentunya hal ini sangat dipengaruhi oleh desain interior mulai dari pemilihan furniture serta dekorasi yang pas.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat konsep ruang kerja minimalis;

  • Gunakan warna cat yang terang dan cerah agar ruangan terlihat lebih luas dan tinggi.
  • Pilihlah 2 jenis lampu, yakni lampu yang gelap dan lampu yang terang. Pada siang hari gunakan lampu yang agak gelap dan pada malam hari gunakan lampu yang terang.
  • Gunakan warna furniture sesuai dengan warna dinding agar ruangan terlihat lebih harmonis dan menyatu.
  • Furniture dengan finishing natural seperti warna kayu sangat cocok untuk ruang kerja minimalis.
  • Simpan beberapa rak buku dengan ukuran kecil atau sedang.
  • Simpan beberapa pot kecil berisikan tanaman untuk memerikan kesan fresh dalam ruangan.
  • Jangan menggunakan meja dengan ukuran besar, gunakanlah beberapa meja kecil agar lebih mudah dalam penataan ruangan.

Contoh Desain Ruang Kerja Minimalis

desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com
desain rumah minimalis
desainrumahnya.com

Interior Rumah Minimalis

Penilaian masyarakat pada umumnya itu berasal dari apa yang mereka lihat pertama kali atau first impression terhadap sesuatu itu seperti apa. Pun sama halnya terhadap rumah, itulah mengapa rumah minimalis memiliki gaya arsitektur yang unik dan elegan dibalik kesederhanaanya.

Namun gaya arsitektur itu sendiri akan kurang lengkap jika tidak memiliki desain interior yang kurang menawan.
Ketika kita akan mengusung rumah bergaya minimalis maka penataan interior rumah pun harus benar-benar dijaga.

Jika tidak, rumah akan memiliki kesan sempit dan kurang bagus. Pada dasarnya, rumah minimalis ini mengedepankan simple dan efisien.

Rumah minimalis modern harus memiliki desain interior yang modern pula, sehingga terjadi perpaduan yang pas dan seimbang antara rumah dan desain interiornya. Sehingga interior yang dipilih pun harus perabotan atau furniture yang memiliki sentuhan modern.

Berikut ini adalah cara mendesain interior rumah minimalis secara tepat;

  • Menggunakan warna yang lembut dan tidak terlalu mencolok
  • Memakai furniture yang minimalis, efisien dan fungsional.
  • Terdapat jendela yang cukup serta sirkulasi udara yang baik.
  • Dekorasi ruangan hanya memakai beberapa hiasan saja
  • Menempatkan furniture yang miliki fungsi ganda. Contohnya meja tamu sekaligus untuk menyimpan beberapa barang.
  • Gunakan cermin berukuran besar dan berbentuk menarik.

Contoh Desain Interior Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com

Desain Dapur Minimalis

Dapur minimalis itu pada umumnya memiliki ukuran 3×3, ukuran ini memang tergolong kecil sehingga diperlukan inovasi dan ide kreatif agar tercipta suasana nyaman dan cantic. Dapur minimalis harus dibuat se-simple dan se-efisien mungkin.

Hal ini memang berguna agar penggunaan ruangan untuk dapur terlihat luas dan nyaman. Banyak contoh dapur minimalis yang berukuran tidak terlalu luas namun tetap cantik, modern, luas dan nyaman ketika digunakan.

Berikut ini beberapa ide desain dapur minimalis:

  • Gunakan warna desain dapur minimalis yang terang dan natural agar dapur terkesan luas dan elegan.
  • Penempatan perabotan dapur simpan didalam rak kitchen set atau digantung agar lebih nyaman dan rapi dilihat.
  • Sirkulasi udara pada desain dapur minimalis harus teratur dengan baik, agar asap dari pengolahan makanan bisa langsung tersalurkan keluar.
  • Pada pengaturan pencahayaan, buatlah jendela dengan ukuran yang besar. Hal ini agar ruangan tidak terasa pengap jika sedang memasak.

Contoh Desain Dapur Minimalis

desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com
desain rumah minimalis
rumahminimalisbagus.com

***

Itulah pemaparan secara rinci mengenai desain rumah minimalis mulai dari pengertian, kekurangan dan kelebihan, kamar, ruang kerja, ruang tamu, dapur, dan interior minimalis. Berbagai macam pilihan dari desain rumah minimalis ini bisa kamu aplikasikan terhadap rumah kamu.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Comment